Bolehkah Ibu Hamil Makan Soto Dan Bakso ?

0
156

Bolehkah ibu hamil makan soto ? Pada usia kehamilan trimester pertama, biasanya ibu hamil mengalami “ngidam” masakan tertentu. Tidak menutup kemungkinan, masakan yang diidamkan yakni soto atau bakso. Sayangnya, ada beberapa orang yang menyampaikan bahwa ibu hamil dihentikan makan soto terlalu sering.

Benarkah kabar tersebut ? Untuk mendapat gosip lebih detil, silakan baca artikel ini sampai tuntas. Di sini kami www.tandalagihamil.com akan memberi klarifikasi singkat mengenai masakan yang dihentikan dan dianjurkan bagi ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Soto ?

Rasa mual di usia kehamilan trimester pertama kadang menciptakan ibu hamil malas makan nasi dan ingin makan masakan yang segar ibarat buah, sayur soto, sop dan lainnya. Apakah konsumsi soto terlalu sering sanggup menimbulkan duduk kasus kehamilan?

 masakan yang diidamkan yakni soto atau bakso Bolehkah Ibu Hamil Makan Soto dan Bakso ?
(foto : pixabay.com)

Pada dasarnya masakan yang diminati oleh ibu hamil boleh untuk dimakan asalkan tergolong masakan yang kondusif bagi kehamilan, terbuat dari bahan-bahan yang higienis dan diproses dengan cara yang baik.

Namun demikian, ibu hamil tetap disarankan untuk mengkonsumsi masakan lain yang mengandung nutrisi penting bagi kehamilan ibarat susu, sayuran, buah segar dan lainnya guna memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Pada usia kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama), ibu hamil sering mengalami mual dan muntah terutama di pagi hari sehingga menciptakan nafsu makan menurun. Anda tidak perlu takut, alasannya yakni rasa mual tersebut akan segera hilang apabila kehamilan telah memasuki usia trimester kedua.

Apabila Anda bertanya, bolehkah ibu hamil makan soto ? tentu saja boleh asalkan terbuat dari bahan-bahan yang sehat dan higienis serta diproses dengan cara yang tepat. Sebaiknya hindari penggunaan bumbu masak dengan aroma menyengat alasannya yakni sanggup menambah rasa mual. Untuk mengurangi rasa mual, Anda sanggup mengkonsumsi vitamin B6 sesuai tawaran dokter.

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Ada beberapa jenis masakan yang berbahaya bagi ibu hamil. Sebagaimana dilansir dari laman klikdokter.com (25/04/2018) berikut yakni 5 masakan yang dihentikan bagi ibu hamil :

1. Daging kemasan

Daging olahan sanggup saja mengandung listeria, yaitu basil penyebab penyakit listeriosis. Gejala yang muncul apabila ibu hamil menderita listeriosis yakni sakit kepala, demam, leher kaku dan diare.

Penyakit listeriosis cukup berbahaya bagi ibu hamil alasannya yakni sanggup menimbulkan persalinan prematur, keguguran dan abses kehamilan yang sanggup mengancam jiwa ibu dan janin. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya ibu hamil membeli daging segar dari toko yang bersih.

2. Daging setengah matang

Daging setengah matang termasuk masakan yang tidak dianjurkan bagi ibu hamil alasannya yakni berpotensi mengandung basil salmonela yang sanggup memicu sakit perut, demam dan diare. Ancaman basil salmonela perlu diwaspadai alasannya yakni bisa  menimbulkan kematian.

Ibu hamil yang terkena abses basil salmonela cenderung mempunyai reaksi yang cukup parah sehingga kuat pada kondisi kesehatan janin dalam kandungan. Infeksi salmonela sanggup menimbulkan perut kontraksi sebelum waktunya.

3. Keju dan susu yang belum dipasteurisasi

Pasteurisasi merupakan proses sterilisasi kuman dengan pemanasan dengan suhu 60-70 derajat Celcius selama selama setengah jam, dengan tujuan semoga basil patogen dalam susu dan keju mati. Susu dan keju yang tidak dipasteurisasi juga berpotensi mengandung basil dipasteurisasi yang sanggup menimbulkan duduk kasus kehamilan serius. Silakan baca : susu ibu hamil muda yang bagus.

4. Makanan bahari tertentu

Makanan bahari yakni jenis masakan yang banyak mengandung nutrisi ibarat protein dan omega 3. Namun demikian, ibu hamil perlu waspada dengan beberapa jenis ikan bahari tertentu yang diduga mengandung merkuri. Beberapa ikan bahari yang diduga mengandung merkuri antara lain yakni ikan hiu, ikan tuna, ikan pedang, ikan tilefish dan ikan marlin.

5. Telur setengah matang

Telur setengah matang juga termasuk masakan yang dihentikan buat ibu hamil alasannya yakni berpotensi mengandung basil berbahaya. Jika hendak mengkonsumsi telur, sebaiknya masak sampai benar-benar matang. Silakan baca klarifikasi lebih detil : telur buat ibu hamil, bermanfaat atau berbahaya ?

Terimakasih telah membaca artikel berjudul “bolehkah ibu hamil makan soto dan bakso”. Smeoga gosip ini bermanfaat.