by

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pecel ? Ini Penjelasannya

Bicara wacana boleh dan tidaknya ibu hamil makan pecel tentu bersahabat kaitannya dengan kuliner yang baik untuk ibu hamil. Apakah pecel termasuk kuliner yang kondusif atau justru termasuk kuliner yang sanggup membahayakan kehamilan.

Sebagaimana kita ketahui, pecel ialah salah satu jenis masakan sederhana yang sangat digemari oleh banyak orang. Pecel dibentuk dengan banyak sekali sayuran rebus yang disantap bersama bumbu kacang.

Bagi orang yang suka makan pedas, pecel termasuk kuliner favorit yang sanggup menambah selera makan. Sayangnya, ada kabar angin yang menyebutkan bawah pecel tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Benarkah kabar tersebut ? Silakan simak klarifikasi di bawah ini :

Bicara wacana boleh dan tidaknya ibu hamil makan pecel tentu bersahabat kaitannya dengan makana Bolehkah Ibu Hamil Makan Pecel ? Ini Penjelasannya
Gambar ilustrasi (sumber : wikipedia.org)

Ibu Hamil Bolehkah Makan Pecel ?

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu proses pertumbuhan janin. Sayuran ialah salah satu kuliner sehat yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Seperti yang telah kita ketahui, pecel terbuat dari banyak sekali sayuran yang tak diragukan kandungan gizinya. Dengan mengkonsumsi sayuran tersebut, ibu hamil mendapat pemanis nutrisi yang sanggup menunjukkan dampak positif pada janin.

Misalnya saja pecel yang dibentuk dengan daun bayam. Bayam ialah salah satu sayuran hijau yang banyak mengandung zat besi, protein, karbohidrat, mineral dan vitamin yang tentu sangat baik untuk ibu hamil. (baca : manfaat bayam untuk ibu hamil ternyata luar biasa).

Selain terbuat dari sayuran, pecel dimakan dengan bumbu kacang. Cabai dan kacang yang dibentuk untuk bumbu pecel juga mengandung nutrisi yang sangat manis bagi kesehatan.

Cabai mempunyai kandungan vitamin, kalium, vitamin magnesiaum dan lain-lain. Sedangkan kacang cukup banyak mengandung protein sehingga manis untuk dikonsumsi ibu hamil.

Jika Anda bertanya, bolehkah ibu hamil makan pecel ? Tentu boleh, asalkan tidak berlebihan. Makan pecel dalam jumlah terlalu banyak dan terlalu pedas sanggup menjadikan dampak kurang baik bagi kesehatan.

Ibu Hamil Makan Pedas

Ibu hamil boleh nggak sih makan kuliner pedas ? Sebagaimana dilansir dari laman alodokter.com (20/04/2017) bergotong-royong kuliner pedas bukan termasuk pantangan kuliner ibu hamil tapi makan pedas sanggup memicu beberapa keluhan kesehatan menyerupai sakit magg, radang kanal pencernaan dan diare.

Ibu hamil tidak dihentikan mengkonsumsi makan pedas namun perlu dibatasi jumlahnya. Jika terlalu banyak mengkonsumsi kuliner pedas, beberapa keluhan kesehatan pun akan muncul dan sanggup menciptakan ibu hamil tersiksa.

Belum lagi kalau ibu hamil mengkonsumsi obat untuk mengatasi duduk perkara kesehatan akhir makan pedas, kandungan zat pada obat sanggup membahayakan janin dalam kandungan.

Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Oleh alasannya ialah itu, alangkah bijaknya kalau ibu hamil tidak berlebihan dalam mengkonsumsi pecel dan kuliner pedas lainnya. Dengan demikian, kehamilan senantiasa terjaga kesehatannya.

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Berikut ialah beberapa jenis kuliner yang dihentikan untuk ibu hamil sebagaimana dilansir dari laman doktersehat.com :

1. Makanan mentah

Ibu hamil tidak dianjurkan makan kuliner yang terbuat dari daging mentah dan atau setengah matang. Kenapa tidak boleh ? Karena daging mentah dan setengah matang besar kemungkinan mengandung kuman berbahaya menyerupai E. Coli dan toksoplasmosis yang sanggup menimbulkan duduk perkara kehamilan serius.

2. Ikan bahari yang mengandung merkuri

Ikan bahari berukuran besar menyerupai ikan hiu, ikan tuna dan sea bass perlu dihindari oleh ibu hamil alasannya ialah jenis ikan tersebut banyak yang telah terkotori logam berat merkuri.

3. Batasi minum kopi

Bicara wacana boleh dan tidaknya ibu hamil makan pecel tentu bersahabat kaitannya dengan makana Bolehkah Ibu Hamil Makan Pecel ? Ini Penjelasannya
Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Kopi ialah jenis minuman yang mengandung kafein sehingga perlu dibatasi. Ibu hamil yang terlalu banyak mendapat asupan kafein sanggup kuat negatif pada kehamilannya.

Informasi lebih detil wacana kuliner yang tidak boleh bagi ibu hamil sanggup Anda baca pada artikel berjudul makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Kesimpulan :

Bolehkah ibu hamil makan pecel ? Tentu boleh asal tidak berlebihan. Sekian, biar bermanfaat. Salam

News Feed