oleh

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Rendang ? Ini Jawabannya

Makan daging sapi buat ibu hamil itu gotong royong boleh atau tidak sih ? Mungkin Anda termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang menjumpai keraguan mengenai boleh dan tidaknya makan rendang dikala sedang hamil. Bulan Dzulhijjah identik dengan masakan rendang daging sapi, baik dari daging binatang kurban atau hidangan hajatan manten yang umumnya orang Jawa banyak menggelar pesta komitmen nikah di bulan ini. Untuk menjawab keraguan dalam hati, kali ini kami akan mengulas klarifikasi terkait rendang sapi yang kami tulis secara ringkas pada artikel ini dengan judul bolehkah ibu hamil makan daging rendang ?

Selain rendang daging sapi, di Hari Raya Kurban ini banyak orang yang menciptakan aneka macam olahan daging kambing dengan kreasi masakan bermacam – macam. Informasi terkait daging kambing silakan Anda baca bolehkah ibu hamil makan daging kambing ?

Perlu kami sampaikan bahwa rendang daging sapi itu bukan termasuk kuliner yang dihentikan untuk ibu hamil, namun ibu hamil tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya serta menerapkan cara memasak rendang yang kondusif bagi ibu hamil. Untuk lebih jelasnya silakan simak penjelasannya pada artiel berikut ini.

image from pixabay

Daging Rendang untuk Ibu Hamil

Daging rendang merupakan variasi masakan daging yang sangat nikmat dan bisa memikat hati para penggemar daging. Apabila dimasak dengan cara yang benar dan paduan bumbu yang pas, rendang daging bisa mendongkrak selera makan kita.

Di sisi lain, ibu hamil yang akan menikmati lezatnya rendang harus ingat pada janin dalam kandungannya. Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi kuliner lantaran ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Pantangan kuliner hendaknya dihindari sejauh mungkin selama kehamilan berlangsung guna mendapat kehamilan yang aman, nyaman dan bayi sehat. Ibu  hamil hendaknya tidak nekat dalam mengkonsumsi kuliner pantangan ibu hamil demi keselamatan sang buah hati.

Terkait dengan hal itu, apakah daging rendang sanggup membahayakan kehamilan ? bolehkah ibu hamil makan rendang daging ? Silakan lanjut membaca untuk mendapat info lebih lengkap.

Kandungan Gizi pada Daging Sapi

Perlu Anda ketahui bahwa daging sapi sebagai materi utama pembuatan rendang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap mulai dari protein, zat besi, selenium, zink, omega 3 dan vitamin B kompleks. Kandungan gizi tersebut sanggup menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil diantaranya.

1. Protein

Protein dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu protein yang bersumber dari materi nabati dan hewani. Protein nabati bisa diperoleh dari aneka macam kacang kacangan, tahu, tempe dan lainnya. Sedangkan yang bersumber dari hewani salah satunya yaitu dari daging sapi.

2. Zat besi

Zat besi diharapkan oleh ibu hamil untuk mencegah dan mengatasi anemia (kurang darah). Anemia yang dialami oleh ibu hamil sanggup menjadikan tubuh lemas dan lesu. Tak hanya itu, ibu hamil yang mengalami anemia sering kali pusing dan pingsang terutama sesudah bangkit dari duduk.

3. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks pada daging sapi bermanfaat bagi ibu hamil untuk membantu perkembangan syaraf otak dan membantu meningkatkan daya ingat anak kelak sesudah lahir. Oleh alasannya itu lah, ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks baik yang bersumber dari sayuran maupun dari daging sapi.

4. Omega 3

Daging sapi memang tidak terlalu banyak mengandung omega 3, tidak menyerupai daging ikan. Namun setidaknya, daging sapi sanggup menyumbangkan omega 3 yang diharapkan oleh ibu hamil untuk membantu meningkatkan fungsi jantung dan sistem syaraf pusat. Minyak ikan merupakan embel-embel kaya omega 3 yang dianjurkan untuk ibu hamil, silakan baca manfaat minyak ikan untuk ibu mengandung.

Bolehkah ibu hamil makan daging rendang ?

Melihat banyaknya kandungan gizi pada daging sapi maka makan rendang sapi boleh dilakukan oleh ibu hamil asalkan tidak dimakan dalam jumlah berlebihan dan dimasak dengan benar. Namun demikian, Anda harus tetap memperhatikan beberapa dampak samping yang mungkin sanggup ditimbulkan lantaran makan daging sapi.

Efek Samping Daging Sapi bagi Ibu Hamil

Meskipun boleh makan rendang, namun bukan berarti ibu hamil boleh sembarangan makan daging sapi tanpa aturan. Konsumsi daging sapi dalam jumlah tak masuk akal dan atau dimasak dengan cara yang kurang pas serta paduan bumbu yang kurang baik bagi kehamilan sanggup menimbulkan beberapa dampak samping diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Gangguan pencernaan

Mengkonsumsi daging dalam jumlah berlebihan tanpa dibarengi konsumsi kuliner berserat baik dari buah maupun sayuran sanggup menjadikan gangguan pencernaan yaitu sembelit (susah BAB). Tak hanya itu, daging rendang yang dimasak dengan paduan bumbu terlalu pedas juga sanggup mengganggu pencernaan dan mengakibatkan diare.

2. Tokoplasmastis

Tokoplasma yaitu kuman berbahaya yang sanggup mengakibatkan komplikasi kehamilan dan persoalan kehamilan serius lainnya. Untuk mencegah dan menghindari amukan kuman ini, Anda harus memasak daging sapi hingga benar benar matang. Daging mentah dan daging setengah matang sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil lantaran memperbesar resiko terkena kuman tokoplasma.

3. Meningkatkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol dalam tubuh yang terlalu banyak sangat tidak diharapkan lantaran sanggup memicu terjadinya banyak sekali macam persoalan kesehatan mulai dari sakit kepala, sakit jantung dan stroke. Daging sapi yang dimasak dengan santan kental dan atau minyak terlalu banyak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tips Aman Makan Rendang Daging

Ada sedikit tips supaya konsumsi rendang daging kondusif bagi kehamilan. Silakan terapkan tips ini dalam menikmati lezatnya rendang daging :

  • Jangan makan rendang terlalu banyak
  • Buatlah rendang daging dengan tidak terlalu pedas
  • Tak usah pakai MSG
  • Kurangi pemakaian garam
  • Lengkapi hidangan kuliner Anda dengan sayuran

Demikian klarifikasi terkait bolehkah ibu hamil makan rendang daging. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa share artikel ini supaya orang lain sanggup mengetahuinya. Salam

News Feed