Bisakah Matahari Menjadi Lubang Hitam?

0
9
Matahari. Kredit: NASA/SDO

 – Bagi Anda yang gemar membaca, mungkin Anda pernah menemui goresan pena yang menyatakan bahwa bintang dapat mengakhiri hidupnya sebagai lubang hitam sehabis meledak dalam supernova. Lalu, apakah Matahari juga akan meledak satu hari nanti? Dan bisakah menjadi lubang hitam?

Sayangnya (atau mungkin, untungnya), Matahari tidak akan pernah meledak dan tidak akan menjadi lubang hitam di selesai masa hidupnya. Bintang mengakhiri hidup mereka dalam dua cara yang berbeda: bintang dengan massa menyerupai massa Matahari akan mengakhiri hidup mereka dengan menjadi nebula planeter dan meninggalkan sisa bintang yang disebut “kerdil putih”.

Sementara bintang yang massanya jauh lebih besar dari massa Matahari nantinya akan meledak sebagai supernova, meninggalkan sisa bintangnya berupa bintang neutron ataupun lubang hitam. Jadi, jangan khawatir, massa Matahari yang terlalu rendah tidak akan membuatnya menjadi lubang hitam.

Namun, perlu diketahui bahwa kita sebetulnya tidak kondusif untuk selamanya di Bumi. Sekitar 4,5 miliar tahun lagi, Matahari akan mengembang menjadi bintang raksasa merah, permukaannya yang mengembang bakal sangat bersahabat dengan orbit Bumi.

Pada ketika itu, Bumi akan menjadi begitu panas, yang akan menciptakan air di seluruh lautan akan menguap, dan mungkin akan menjadi selesai dari kehidupan menyerupai yang kita kenal. Namun, itu yaitu kehancuran Bumi alasannya yaitu alam. Yang lebih ancaman yaitu terang bahwa kita sendiri yang mengakibatkan kehancuran Bumi (oleh perang dan polusi).