oleh

Bisakah Kita Bermain Sepak Bola Di Bulan?

Ilustrasi, bukan foto pendaratan di Bulan. Kredit: Getty Images

 – Bayangkan bila di masa depan nanti insan sudah mempunyai basis di Bulan, kemudian dibuat pula tim sepak bola penduduk Bulan di sana. Pertanyaannya, bisakah melaksanakan pertandingan sepak bola di Bulan? Akankah nantinya ada pertadingan Manchester United kontra Moon City di sana?

Jawabannya, dilansir DW Science, bisa. Walaupun nantinya sepak bola di Bulan akan mempunyai hukum yang berbeda dengan sepak bola di Bumi. Ditambah lagi, peluit wasit tak akan terdengar alasannya yaitu bunyi tidak sanggup merambat di ruang hampa. Entah bagaimana nanti peluit kick off ataupun offside dilakukan.

Bulan yang hanya mempunyai seperenam gravitasi Bumi akan mempunyai pengaruh yang luar biasa. Misalnya, bila bola terlalu melambung tinggi, mencapai ketinggian 50 meter misalnya, bola akan butuh waktu cukup usang untuk kembali jatuh ke permukaan. Gravitasi Bulan yang lebih rendah juga akan menciptakan pemain sanggup melompat lebih tinggi ketika mendapatkan umpan lambung.

Lapangan sepak bola di Bulan mungkin juga akan lebih kecil, alasannya yaitu berlari di Bulan akan sangat menyulitkan dan pastinya akan merepotkan bagi pertahanan tim bila diserang tim lawan. Yang menarik, seluruh tim akan menggunakan jersey yang dilengkapi dengan tekanan, menciptakan bergerak sedikit lebih sulit.

Ketika bola menyentuh ke permukaan bubuk Bulan yang tebal sehabis melambung tinggi, banyak energi yang akan hilang, sehingga pengaruh memantulnya bola di Bulan akan sangat berbeda dibandingkan dengan memantulnya pada rumput lapangan sepak bola di Bumi. Para pemain juga akan sangat sulit untuk menggiring bola di Bulan.

Intinya, bermain sepak bola di Bulan akan menjadi hiburan tersendiri dan berbeda dengan sepak bola di Bumi bila benar-benar terealisasi.

News Feed