oleh

Benarkah Pabrik Esemka Di Cileungsi?

 Suasana pabrik Esemka di Cileungsi yang dipenuhi kendaraan beroda empat Gelly Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Jakarta – Isu peluncuran kendaraan beroda empat Esemka kembali mengemuka. Bahkan, selain di Boyolali, pabrik Esemka kabarnya juga ada di wilayah Cileungsi. DetikOto pun coba menyambangi lokasinya.

Data yang didapat detikOto menyebut bahwa pabrik rakitan Esemka di Cileungsi berada di bawah naungan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero. Lokasinya berada di daerah Industri River Green tepatnya di Jl. Cimanggung, Cileungsi, Bogor, Rabu (17/10/2018).

Banyak jalan menuju lokasi yang disebut-sebut sebagai pabrik Esemka tersebut. Tinggal mengambil Jalan Raya Narogong kemudian menuju ke Kelapa Nunggal atau mengambil Jalan Raya Cileungsi dan mengarah ke Jalan Ciuncal hingga bertemu Jalan Cimanggung.

 Pabrik rakitan Esemka di Cileungsi Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Hanya beberapa kilometer saja sudah terlihat gapura besar bertuliskan “River Green”, sebelumnya ada plang bertuliskan nama PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, namun dalam pengamatan, plang tersebut sudah dicopot.

Masuk ke dalam, tidak jauh dari gapura River Green, kurang lebih sekitar 500 meter tampak pabrik yang katanya ialah tempat produksi kendaraan beroda empat Esemka. Situasi di sekitarnya nampak berbeda, alasannya ialah masih bersinggungan deretan rumah warga.

 Pabrik rakitan Esemka di Cileungsi Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Saat di depan gerbang, detikOto masih melihat ratusan kendaraan beroda empat Geely dari aneka macam jenis terparkir di dalamnya, dibiarkan terpapar hujan dan sinar matahari.

Kemudian berusaha masuk ke dalam dan dijaga oleh tiga orang satpam. Mereka eksklusif menyambut. “Selamat siang, ada keperluan apa, mau ketemu siapa?” ungkap salah satu penjaga PT Adiperkasa Citra Esemka Hero.

Detikoto berusaha menjelaskan untuk mencari informasi terbaru terkait pabrik Esemka di wilayah Cileungsi. “Di sini bukan pabrik Esemka, silakan keluar aku sedang menjalankan tugas, tidak ada kendaraan beroda empat yang diproduksi di sini,” singkat Satpam.

Dalam pantauan di sekitar pintu gerbang memang kondisinya sama dengan bulan Februari yang sempat detikOto kunjungi, hanya menyerupai gudang kendaraan beroda empat yang mulai ditinggalkan. Tidak terlihat hiruk pikuk kegiatan pembuatan mobil, perakitan dan semacamnya.

 Pabrik rakitan Esemka di Cileungsi Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Di samping pabrik pun sedang di berdiri jalan, tetapi menurut informasi yang diterima dari salah satu pekerja. Pembangunan jalan tersebut bukanlah untuk menunjang kegiatan pabrik Esemka.

“Ini sedang ngecor buat pabrik yang di sebelah sana, punya kawan 10,” ujarnya kepada Detikoto.

Selain disebutkan menyiapkan pabrik di Cileungsi, Esemka juga mendirikan pabrik di Boyolali, Jawa Tengah. Tim detikOto sudah menyambangi pabrik Esemka di Boyolali belum usang ini. detikOto menyambangi pabrik tersebut, Rabu (3/10/2018) lalu. Namun, tidak diperkenankan masuk dan hanya hingga di Pos Satpam saja. Wartawan juga tidak diperkenankan mengambil gambar.

 Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto

Sejumlah kendaraan beroda empat tampak berjejer di halaman pabrik kendaraan beroda empat Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali. Mobil jenis pikap itu diperkirakan merupakan hasil perakitan di pabrik tersebut, dari penampilannya menyerupai pikap Esemka Bima yang sering terlihat beberapa waktu lalu.

News Feed