oleh

Belajar Dasar – Dasar Bahasa Kantonis / Cantonese

Ternyata bahasa kantonis ini menarik untuk dipelajari, setelah mencari – cari rujukan dari banyak sekali sumber, menghasilkan rangkuman  dasar – dasar bahasa kantonis, bagi Anda yang juga hendak berguru berbicara kantonis, rangkuman dibawah ini dapat digunakan sebagai materi berguru dasar bahasa kantonis.

Rangkuman dibawah ini tidak mengecewakan sih, siapa tau aja ketemu seseorang yang berbahasa kantonis di jalan, ya dapat mengerti setidaknya apa yang diucapkan, Nah untuk itu Langsung aja yah,…. 


1. SALAM
-Selamat Pagi: Cau san
-Selamat Siang: Em on
-Selamat Malam: Man On
-Selamat Tidur: Co dao
-Selamat Tinggal: Pai Pai
-Sampai jumpa besok: pai pai, dingyat kin
-Apa Kabar: Lei ho/Lei homa

2. BERTANYA TENTANG IDENTITAS ORANG
-Siapa nama anda: Lei kiu meng-menga?!
-Nama saya: Ngo kiu…
-Anda berasal darimana: lei hai pinto yan a?!
-Berapa usia anda: lei keto soi a?!
-Kapan hingga di Hongkong: Keisi lei to hai Hongkong?!

3. KATA TANYA
-Apa : Mea, Meleka
-Dimana: Hai pina
-Siapa: Pingko a
-Kapan: Keisi
-Yang mana: Pinti a
-Berapa: Keto a
-Siapa anda: Lei hai pingko a?
-Siapa nama anda: Lei kiu meng-menga?
-Nama saya: Ngo kiu….
-Apakah anda Lila: Lei hamai Lila
-Bukan,saya Sita: Emhai, ngo hai Sita
-Mau pergi kemana: Lei yiu hoi pina?!
-Saya mau pergi ke bank: ngo yiu hoe nganhong.

4.KELUARGA
-Saya: Ngo
-Anda: Lei
-Mereka: Goe tei
-Ayah: Apa
-Ibu: Ama
-Kakak Laki laki: Koko
-Kakak Perempuan: Kace
-Istri: Lobo
-Suami: Lokung
-Anak laki laki: Cai
-Anak Perempuan: Loi
-Saudara Kandung Laki Laki: Hingtai
-Saudara Kandung Perempuan: Cimui
-Nenek: Bobo
-Kakek: Kungkung
-Keponakan perempuan: Piuce
-Keponakan Lelaki: Piuko

Maaf (toeemci)
permisi (emkoi)
tolong (pongo)
silahkan (jing)
tolong bantu saya (pongo emkoi)
berapa (keito)
kapan (keisi)
siapa (pingkoa),,,,,
dimana (haipin a,,,)
bagaimana ( tim a? )
dengan (dong)
tanpa (emdong),


ANGKA-ANGKA
1 = yat
2 = yi
3 = sam
4 = sei
5 = ng
6 = luk
7 = chat
8 = pat
9 = kau
10 = sap

Selamat Pagi = Chau San
Selamat siang = em on
Selamat malam = Man on
Selamat Tidur = chou dhou
makan pagi =cau chan
makan siang =Em chan
makan malam = man chan
selamat jalan = man hang
selamat menikmati = ching man yung

Tuan = Sin Sang
Nyonya = Dai Dai
Anak = cai {laki2} Loi (perempuan}
Tuan muda = Siu ye
Bibi Ku ce

[hk]cosan; [ina]selamat pagi
[hk]lei kiu meng mei a ; [ina]nama kau siapa
[hk]lei kei to soi; [ina]umur kau berapa
[hk]lei okgei haipinto; [ina]asal km dari mana
[hk]sik co fan mei a; [ina]sudah makan belum
[hk]lei homa; [ina]apa kabar/gimana kabar kamu
[hk]emkoysay; [ina]terimakasih dalam arti terimakasih atas bantuan
[hk]tocesay; [ina]terimakasih dalam arti terimakasih atas pemberian
[hk]nganfan; [ina]ngantuk
[hk]syiek; [ina]sayang
[hk]kwaju; [ina]kangen
[hk]hou hou; [ina]sangat/baik
[hk]cung co liong mei a; [ina]sudah mandi belum
[hk]sik kan fan; [ina]sedang makan
[hk]cung kan lion; [ina]sedang mandi
[hk]cut co lhong mei a; [ina]sudah gajian belum
[hk]ngo yiu fenkao; [ina]saya mau tidur
[hk]fen co kao mei; [ina]sudah tidur belum
[hk]siongmong; [ina]chating
[hk]hou dhung; [ina]sangat sakit
[hk]hou kui; [ina]sangat capek dalam arti capek dalam pekerjaan
[hk]hou sanfu; [ina]sangat capek dalam arti capek di hati
[hk]hou leng; [ina]sangat cantik/bgus
[hk]lam; [ina]laki-laki
[hk]loi; [ina]perempuan
[hk]hoisam; [ina]bahagia
[hk]hou em hoi sam; [ina]sangat  tidak bahagia
[hk]kik sei; [ina]menyakiti hingga mati/menyakitkan
[hk]cungi; [ina] suka
[hk] oi; [ina] cinta
[hk]fen em cok; [ina]nggak dapat tidur
Waktu : Si Kan
Hari Ini : Kam Yad
Besok : Ding Yad
Besok Lusa : Hau Yad
Kemarin Dulu : Jhing Yad

Minggu Depan : Ha Ko Seng-gei
Minggu Lalu : Siong Ko Seng-gei

Pagi : Ciu
Siang : An Cau
Sore : Ha Cau
Malam : Ye Man
Tengah Malam : Pun Ye

Tanggal : Ho
Bulan : Yuit
Tahun : Nin
Jam : Tim
Menit : Fen
Detik : Miu
yelah <udah malam>
Sihau <udah waktunya>
Yau sek <istirahat>
Faiti fenkau <cepet bobok>
Codao <met bobok>
wai : halo
lehoma : apa kabar
keho : baik
yika fei cola : kini gemukan
yika sau cola : kini kurusan
hamai houto ye co a :apa banyak kerja sekarang
houmong : sibuk
tak em tak han : repot ga
tak ha : ga repot
em tak han : repot
coikin : hingga jumpa
deng yat kin : besuk ketemu
haji kin : lain kali ketemu…..
wai : halo
lehoma : apa kabar
keho : baik
yika fei cola : kini gemukan
yika sau cola : kini kurusan
hamai houto ye co a :apa banyak kerja sekarang
houmong : sibuk
tak em tak han : repot ga
tak ha : ga repot
em tak han : repot
coikin : hingga jumpa
deng yat kin : besuk ketemu
haji kin : lain kali ketemu…..
Hou tu em ci a : maaf ya
Ngo hou loi : saya lama
Mo le lito : ga kemari

Contoh – Contoh Percakapan (seadanya heee)  :

cosan cece ute , lei yika hai pinto a ? emhai hai yan le meh ? hai hongkong a ? pagi mbak ute , kau kini di mana ? nggak di indonesia ya ? di hongkong kah ?

hoak , yika ngo dong lei , yat jai hok kong tungwa , ngo tu hai hoi loi mo kong tungwa , hou to tu ngo emkei tak sai lah .
ok , kini saya dan kau , berguru bareng , saya juga usang nggak bicara bahasa kantonis , banyak yang udah lupa .

ho em hoyi ngo man lei a ? lei yanle pintoa , hamai dong ngo yak yong banyuwangi , yugo hai kemyong , lei banyuwangi pintoa , ngo banyuwangi bangorejo .
Bolehkah saya bertanya padamu ? kau indonesianya mana ? apakah sama dengan saya banyuwangi , kalau demikian , kau banyuwanginya mana , saya banyuwanginya bangorejo. lei lopan tima , ho em hou a , lei ciuku keito yan , yao mo siu bangyao , kungkung , ama , lei lopan yao mo fankung a , yugo goite mo fankung wah hou jam ma , mo sikan you sek .
bos mu bagaimana ? baik nggak , kau mengurus berapa orang , ada anak kecilnya nggak , kakek , nenek , bos mu kerja apa nggak ? kalau nggak kerja kau susah , nggak ada waktu istirahat

lepai lei yao mo yao sek a ? lei cike mai sung teng lei lopan cike mai sung ?minggu kau libur nggak ? kau belanja sendiri atau majikan kau yang belanja ?

yeman , keitim lei jwi fan ?
malam jam berapa kau masak ?

-Terimakasih:emkoi sai [berupa pinjaman sesuatu]-Terimakasih: Toce sai [diberi barang berupa apa saja
  oleh orang lain]
-Maaf: Tuemci/ Muisi
-Permisi: Emkoi…
(dari banyak sekali sumber)

INFO UPDATE