oleh

Batu Paling Terkenal di Dunia

Batu adalah benda padat yang tebuat secara alami dari mineral dan atau mineraloid. Lapisan luar padat Bumi, litosfer, terbuat dari batu. Dalam batuan umumnya adalah tiga jenis, yaitu batuan beku, sedimen, dan metamorf. Penelitian ilmiah batuan disebut petrologi, dan petrologi merupakan komponen penting dari geologi.

Batu merupakan elemen alam yang keberadaannya seringkali diabaikan. Tetapi, batu mungkin sangat menarik. Baik dari sisi keindahannya, nilainya yang berharga, atau fungsinya yang integral dengan kehidupan orang yang menggunakannya untuk mendirikan bangunan atau alat.

Gak sekedar itu, batu juga bisa berkaitan dengan sejarah dan sisi spiritual orang. Setidaknya ada 6 batu yang memiliki kisah tersendiri.

Berikut 5 Batu paling terkenal di muka Bumi:

Hajar Aswad

1. Hajar Aswad

Hajar Aswad merupakan sebuah batu yang diyakini oleh umat Islam berasal dari surga, dan yang pertama kali menemukannya adalah Nabi Ismail dan yang meletakkannya adalah Nabi Ibrahim. Dahulu kala batu ini memiliki sinar yang terang dan bisa menerangi semua jazirah Arab. Tetapi semakin lama sinarnya semakin meredup dan sampai akhirnya sekarang berwarna hitam. Batu ini memiliki aroma yang unik dan ini merupakan aroma wangi alami yang dimilikinya sejak awal keberadaannya, dan pada saat ini batu Hajar Aswad itu ditaruh di sisi luar Kabah sehingga mudah bagi seseorang untuk menciumnya. Adapun mencium Hajar Aswad merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Karena ia selalu menciumnya setiap saat tawaf.

Di Mekkah, di sedang Masjidil Haram terdapat Ka’bah — arah kiblat salat umat muslim di dunia. Di sudut bangunan suci itu terdapat Hajar Aswad, batu hitam yang diyakini berasal dari surga. Konon, awalnya ia berwarna putih, tetapi dosa anak cucu Nabi Adam lah yang menjadikannya hitam.

Hajar Aswad terdiri dari 8 keping yang terkumpul dan diikat dengan lingkaran perak. Ia memiliki aroma wangi yang unik. Saat umrah atau haji, umat muslim berebut menciumnya — mengikuti tuntunan Nabi Muhammad.

Beberapa orang menduga, batu itu adalah meteorit, tetapi dari mana tentunya batu itu berasal masih jadi perdebatan.

Batu Rosetta

2. Batu Rosetta

Batu Rosetta adalah sebuah batu granodiorit yang membantu peneliti modern dalam penerjemahan teks kuno dalam naskah demotik bahasa Mesir, bahasa Yunani, dan hiroglif Mesir. Batu ini dibuat pada tahun 196 SM dan ditemukan pada tahun 1799. Karena bahasa Yunani dikenal luas saat itu, maka batu ini menjadi kunci untuk “menerjemahkan” hiroglif pada tahun 1822 oleh Jean-François Champollion, dan pada 1823 oleh Thomas Young. Penemuan ini membantu penerjemahan teks hiroglif lainnya. Batu Rosetta merupakan penemuan arkeologi yang secara gak terduga muncul begitu saja. Pada pertengahan Juli 1799, ada 1 buah laporan yang menegaskan bahwa batu itu tergeletak saja ditanah, ada pula laporan yang menegaskan bahwa batu itu ada di dalam dinding yang sangat tua yang diperintahkan oleh kompi pasukan Perancis untuk membersihkan jalan yang akan digunakan untuk memperlebar benteng pertahanan yang pada saat itu dikenal sebagai Benteng St. Julien.

Batu ini ditemukan pada 15 Juli 1799 di 1 buah kota bernama Rashid (Rosetta) di Mesir oleh Pierre Bouchard dan sudah disimpan di Museum Britania (British Museum) sejak tahun 1802.

Awalnya tertempel di sebuah kuil, Batu Rosetta lantas digunakan sebagai bahan bangunan di 1 buah benteng di kota pelabuhan el-Rasyid atau Rosetta. 1 buah ekspedisi Perancis di Mesir menemukan batu itu pada tahun 1799.

Apa yang membuat batu Rosetta terkenal? Batu itu berperan dalam menguraikan hieroglif Mesir — yang kala itu belum mampu diterjemahkan. Jean-Francois Champollion mengumumkan terjemahan pertama dari hieroglif di atas batu Rosetta pada 1822.

Batu, yang beratnya sekitar 760 kilogram sekarang dipamerkan di British Museum — merupakan obyek paling banyak dikunjungi di sana. Batu itu menjadi milik Inggris pada tahun 1801 selama Perang Napoleon. Belakangan, pihak Mesir minta batu itu dikembalikan.

Batu Ayers, Uluru

3. Batu Ayers, Uluru

Ayers Rock atau dikenal juga dengan nama Uluru adalah sebuah formasi batu berukuran besar di Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, sekitar 350 km di barat daya kota Alice Springs, Northern Territory, Australia.

Uluru adalah benda keramat bagi para Aborigin dengan banyak mata air, gua, dan lukisan primitif. Ini adalah monolit — formasi besar yang terdiri dari batu tunggal atau batu — terbesar di dunia. Obyek ini ini juga terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Baca juga

Batu Blarney

4. Batu Blarney

Batu Blarney adalah serangkaian bebatuan biru yang terdapat di Benteng Blarney, yang letaknya 8 kilometer dari Cork, Irlandia. Legenda menyebutkan, siapa mencium batu ini akan memperoleh karunia kelancaran berkata.

Tetapi, gak mudah mencium batu itu. Para peziarah harus bersandar ke belakang sambil berpegangan pada pagar besi.

Ada banyak legenda yang menjelaskan asal usul batu ini. Menurut situs Blarney Castle, batu itu berasal dari Pulau Iona, Skotlandia. Batu itu konon menjadi tempat menaruh jasad 1 orang santo yang hidup di pengasingan, St Columba. Batu itu kemudian dibawa ke daratan Skotlandia.

Saat Raja Munster, Cormac MacCarthy mengirimkan pasukan Irlandia untuk mendukung Robert de Bruce dan pasukannya dalam pertempuran versus Inggris di Bannockburn pada 1314, bagian dari batu itu diberikan pada Irlandia sebagai ungkapan terima kasih.

Batu Plymouth

5. Batu Plymouth

Batu Plymouth digunakan untuk menandai lokasi William Bradford dan para peziarah yang menemukan koloni Plymouth. Batu ini dicap dengan tahun kedatangan mereka ke dunia baru, 1620. Batu ini adalah simbol penting dalam sejarah Amerika Serikat.

Tetapi, kebenaran kisah batu itu diragukan karena jurnal Bradford dan sumber kontemporer lainnya gak menyebutkan batu itu. Artikel pertama tentang batu itu dibuat 1 abad kemudian. Batu yang sekarang dikenal sebagai Plymouth Rock ditahbiskan pada tahun 1774, saat penduduk kota itu tergerak oleh semangat Revolusi Amerika.

Batu yang terdapat saat ini diperkirakan hanya sepertiga dari ukuran aslinya. Sisanya yang hilang dipecah menjadi suvenir pada abad ke-18 dan ke-19.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE