oleh

Batu Marjan

Batu Marjan merupakan salah satu batu-mulia yang sudah dipergunakan sejak zaman dahulu yang tercatat dari zaman Nabi Musa AS dan itu dalam salah satu ayat di Al-Quran yang berbunyi “Dari keduanya keluarlah mutiara dan marjan” (QS Ar-Rahman, 55: 22). Nama ilmiah batu marjan adalah “Corralium rubrum” yang termasuk salah satu batu karang lautan. Batu ini juga terkenal pada jaman Eropa Kuno, tahun 1937-1901 pada masa kekuasaan Ratu Victoria (Inggris). Batu ini sempat menjadi sangat langka dan paling banyak diburu dan diperjual belikan di kapal. Batu ini juga merupakan batu yang dinanti kehadirannya, khususnya di semua negara bagian benua Eropa.

Batu marjan atau karang laut ini adalah spesis kehidupan yang dilindungi karena ia tergolong dalam kumpulan terumbu karang. Kepupusan dan kemusnahan terumbu karang akan mengganggu ekosistem hidupan laut. Batu karang yang sering digunakan sebagai perhiasan mulia adalah yang berwarna pink sampai merah. Karang merah ini dalam habitat aslinya mempunyai bentuk seperi semak tanpa dedaunan dan dapat tumbuh sampai satu meter lebih. Karang ini tersusun dari senyawa kalsium karbonat, warna merahnya dikarenakan adanya pigmen carotenoid.

Batu Marjan terbaik ialah Coral Rubrum yang meliputi berbagai warna yaitu putih, kuning, merah muda, merah gelap dan biru. Adapun marjan berwarna hitam keemasan dinamai Coral Nagrum atau Nagur. Banyak terdapat di pesisir laut India, Autralia dan Lautan Pasifik. Batu ini amat rapuh. baca juga Batu Permata Akik Karang dan Batu Akik Edong

Jenis Batu Akik Marjan Asli

Salah satunya merupakan jenis batu mulia atau batu akik Marjan yang dikenal juga dengan sebutan batu karang laut atau red coral, jenis batu mulia unik ini juga terhitung cukup banyak dipalsukan karena terhitung unik karena warnanya yang cerah. Ya, cirikhas warna alami dari jenis batu mulia Marjan ini memang berwarna merah cerah atau merah muda, karena jenis batu akik Marjan ini memang dibuat dari jenis batu karang yang memang berwarna merah atau dikenal juga dengan sebutan red coral.

Meskipun batu karang sendiri memiliki permukaan yang terkenal kasar, tetapi saat sudah dibentuk dan dibuat menjadi perhiasan jenis batu akik ini akan terlihat mengkilap, dan untuk mengetahui jenis batu akik Marjan asli bisa dilakukan dengan memakai beberapa cara mudah. Salah satunya yang paling mudah adalah dengan melakukan tes memakai susu, karena diketahui bahwa susu memang akan lebih mudah menyerap radiasi warna, sehingga jika batu itu palsu maka susu pun akan terkontaminasi warna merah dari batu sintetis Marjan.

Untuk jenis batu akik Marjan yang berkualitas sendiri lazimnya akan cenderung memiliki warna merah tua serta gak akan memiliki lubang sekecil apapun, sehingga batu akan terlihat mengkilap sekalipun memang terbuat dari batu karang yang terkenal memiliki pori-pori yang tinggi. Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan tentang jenis batu akik Marjan asli dan berkualitas yang sudah kami ketahui bersama, semoga sedikit informasi tentang batu mulia di atas bisa membantu serta mernjadi referensi yang berguna untuk anda semuanya.

Jenis jenis batu marjan ini beraneka ragam corak dan modelnya diantaranya seperti jenis batu marjan berikit ini:

  • Batu Marjan Orange
  • Batu Marjan Merah
  • Batu Marjan Putih
  • Batu Marjan Hitam
  • Batu Marjan Api

Harga Batu Marjan Asli

Harga batu marjan dengan dimensi 22 x 18 x 10 mm di jual seharga Rp. 750.000, dan harga termahalnya mencapai Rp. 20.000.000. sedangkan harga bongkahan batu marjan dengan ukuran 33 x 13,5 x 11,5 mm di jual seharga Rp. 500.000

Ciri-Ciri Batu Marjan Asli

Batu Marjan terbaik adalah Coral Rubrum yang meliputi berbagai warna yakni putih, kuning, merah muda, merah gelap dan biru. Adapun marjan berwarna hitam keemasan dinamai Coral Nagrum atau Nagur. Banyak terdapat di pesisir laut India, Autralia dan Lautan Pasifik. Batu ini sangat rapuh.

Batu Akik Marjan juga dikenal dengan sebutan batu Karang Laut atau Red Coral, jenis batu mulia unik ini juga terhitung cukup banyak dipalsukan karena terhitung unik karena warnanya yang cerah.

  • Untuk mengetahui jenis batu akik Marjan asli bisa dilakukan dengan memakai beberapa cara mudah. Salah satunya yang paling mudah merupakan dengan melakukan tes memakai susu, karena diketahui bahwa susu memang akan lebih mudah menyerap radiasi warna, sehingga jika batu itu palsu maka susu pun akan terkontaminasi warna merah dari batu sintetis Marjan.
  • Untuk jenis Batu Akik Marjan yang berkualitas sendiri lazimnya akan cenderung memiliki warna merah tua serta gak akan memiliki lubang sekecil apapun, sehingga batu akan terlihat mengkilap sekalipun memang terbuat dari batu karang yang terkenal memiliki pori-pori yang tinggi.

Cara Merawat Batu Marjan Asli

  • Bersihkan dengan berkala menggunakan cairan pembersih ringan seperti sabun
  • Sikatlah dengan halus dan lembut menggunakan sikat gigi karena bulu sikatnya bersifat lembut.
  • Oleskan baby oil atau minyak zaitun untuk membuat warna semakin menarik
  • Untuk mengkilapkan batu gunakan kertas intan / kulit
  • Ketika tidak di pakai, jangan letakkan batu di dekat alat kosmetik yang banyak mengandung zat kimia.

Khasiat dan Kegunaan Batu Marjan

  • Menghindarkan efek buruk dari pengaruh kosmik planet Mars (menurut tinjauan astrologi kuno)
  • Memberi rasa percaya diri bagi penggunanya
  • Bisa meredakan penyakit yang terdapat di bagian perut
  • Menyingkirkan rintangan ke kesuksesan, membantu menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan
  • Bisa menguatkan kemampuan mekanik dan teknik
  • Sangat cocok untuk pekerjaan dibidang pembangunan, engineer, dan operas (Surgeon)
  • Meningkatkan kemampuan memimpin dan admisnistrasi
  • Bisa membantu menyeimbangkan keungan dan pengeluaran (penghematan, efisiensitas)
  • Menghindarkan pengguna dari gangguan setan dan iblis (karena pengguna bisa selalu mengingat salah satu ayat Al-Quran, terutama surat Ar-Rahman)

Batu Marjan ini merupakan salah satu jenis batu yang sudah mulai langka. Oleh karena itu, Anda perlu bersiap dan waspada akan banyaknya batu cincin palsu yang beredar dipasar. Selain Anda harus pintar memastikan keaslian batu, Anda juga harus teliti dengan kualitas batu. Kualitas batu yang baik dan asli tentu akan berbanding lurus dengan harga batu marjan yang tentunya akan semakin mahal. Oleh karenanya, Anda jangan sampai tertipu dengan iming-iming batu terbaik dengan harga yang sangat murah. Jadi, ketelitian adalah memilih batu adalah hal yang paling utama sebelum membeli.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE