oleh

Batu Lumuik

Batu akik lumuik merupakan jenis batu berwarna hijau kelumutan yang ditemukan di sungai dareh, dharmasraya sumatera barat. Warnanya yang cantik bening dengan guratan lumut atau bintik yang terdapat di dalamnya. Selain batu lumuik, di sungai dareh juga banyak ditemukan batu batu mulia jenis lainnya. Batu ini lebih dikenal sebagai batu Batang sebagai batu permata milik provinsi Sumatera Barat bahkan batu lumuik Dareh Sungai ini sudah menjadi salah satu ikon dari Cati Nan Tigo Bumi. Baca juga Batu Intan Bumi dan Batu Citrine

Salah satu keunggulan yang dimiliki batu Lumuik menjadi target tersendiri oleh masyarakat. Untuk yang datang mencari batu ini gak hanya dari masyarakat setempat saja akan tetapi keseluruhan kolektor dan penggemar cincin juga datang dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan luar negeri, terutama dari China yang berburu batu permata batang yang akan dimanfaatkan sebagai koleksi atau perhiasan untuk jari dan untuk pecinta batu cincin.

Ada 2 warna yang unggulan yang disukai oleh pemburu batu ini. 2 warna ini merupakan sebagai warna batu terbaik di lumuik Dharmasraya yang dimana batu cincin ini di kisaran harga dari ratusan ribu dan bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Batu Lumuik Sungai Dareh beberapa vendor menawarkan versi dengan berbagai harga, tergantung pada kualitas lumuik batu. semakin baik bentuk dan warna maka lebih mahal karena Batu Lumuik Sungai Dareh jumlah batuya lebih sedikit dengan berbagai macam Jenis Jenis Batu Lumuik dinataranya yaitu:

  • Batu Lumuik Suliki
  • Batu Lumuik Sungai Dareh
  • Batu Lumuik Aceh
  • Batu Lumuik Pasaman
  • Batu Lumuik Merah
  • Batu Lumuik Rao
  • Batu Lumuik Suayan
  • Batu Lumuik Kandi

Harga Batu Lumuik

Batu ini memiliki daya tarik tersendiri dan memiliki harga jual yang cukup tinggi. Biasanya batu ini sangat diminati untuk cincin dan mainan kalung. Dari bentuk keunikan dan warna yang dimiliki batu ini manjadi incaran bagi para kolektor cincin yang gak hanya datang dari masyarakat lokal Dharmasraya saja, para kolektor dan pecinta cincin juga datang dari berbagai daerah yang terdapat di Indonesia bahkan dari Mancanegara yang terlalu banyak datang dari China memburu batu permata giok Batanghari ini untuk dijadikan barang koleksi atau barang perhiasan bagi para kolektor cincin dan bagi para pecinta batu cincin.

Harga batu lumuik dengan ukuran: 47 x 29 x 10 mm dijual Rp 600. 000, sedangkan harga bongkahan per rough batu lumuik per kilogram dijual Rp 400. 000.

Ciri Ciri Batu Lumuik Asli

Batu lumuik asli memiliki warna yang cantik bening dengan guratan lumut atau bintik yang terdapat di dalamnya membuat batu ini sering menjadi incaran penggemar, selain itu batu lumuik juga mampu menggores kaca, tembus cahaya bila disenter.

Cara Merawat Batu Lumuik

  • Siapkan air yang berisi oksigen atau lebih dikenal dengan air oxy yang banyak dijual di supermarket atau mini market disekitar tempat tinggal.
  • Masukkan Batu Lumuik dalam air oksigen dan tutup kembali dengan rapat. Biarkan kurang lebih 3 – 7 hari dalam wadah tertutup.
  • Keluarkan batu dan dijemur dibawah terik matahari minimal 1 jam dan maksimal 3 jam dalam sehari, setelah dijemur rendam kembali batu dengan air oksigen dalam wadah tertutup rapat.
  • Lakukan berulang-ulang sampai diperoleh perkembangan pada Batu Lumuik menjadi kristal. Proses ini baru akan terlihat hasilnya setelah dilakukan selama 1 sampai 3 bulan.

Khasiat dan Kegunaan Batu Lumuik

Diantaranya Batu Lumuik bisa menyeimbangkan energi emosional sehingga bisa mendatangkan ketenagan, kejernihan batin dan ketenangan. Selain itu mengenakan batu cincin ini juga dipercaya bisa meningkatkan stamina tubuh, energi yang terdapat dalam batu itu diyakini bisa memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE