oleh

Batu Koneng

Batu koneng merupakan jenis batu yang sangat berharga tinggi terutama bagi orang yang memiliki keyakinan terhadap batu itu. Orang-orang seperti china, hongkong dan taiwan termasuk dari kelompok itu. Apalagi mereka mempercayai batu ini bisa membawa hoki atau keberuntungan dalam kehidupan atau usaha mereka. baca juga Batu Fosil Kelor dan Batu Citrine

Batu koneng ini banyak didapat didaerah Sagaranten, desa Gunung Bentang, Desa Margaluyu, Sagaranten merupakan salah satu kecamatan di Sukabumi yang cukup dikenal dengan potensi kekayaan alam per bebatuan mineralnya. Yang mana hasil kerajinan batu akik dari daerah ini, sangat diminati oleh konsumen dari china & jepang karena warnanya yang kuning, batu ini dianggap memiliki kebesaran layaknya sebuah simbol pada kekaisaran.

Batu asal Sukabumi ini dikenal dengan istilah Batu Koneng atau sering juga disebut dengan Batu Akik Sabun. Batu ini termasuk kedalam kategori batu jenis giok, dimana peredarannya meliputi daerah Garut, Sukabumi Tasik dan sekitarnya.

Pada musim gugur 1996, Beijing Hanhai Perusahaan menempatkan 460gram pertengahan Qing tianhuang segel diukir dengan bagian atas berbentuk naga untuk lelang dengan harga penawaran 300, 000-50, 000 yuan, tapi kesepakatan itu direbut di 1. 4milliar yuan.

Tianhuang diproduksi di pegunungan oleh Stream Shoushan di pinggiran utara Fuzhou, ibukota FujianProvince. Di zaman kuno terpencil, batu pecah jatuh dari moutain dan menetap di lapisan pasir yang terletak di bawah sawah oleh Stream Shoushan, dan secara bertahap berubah menjadi semacam bijih berpasir sedimental yang disebut tianhuang yang secara harfiah bermakna “lapangan dan kuning ” karena warna kekuningan dan karena itu ditambang dari bawah sawah, dicampur dengan tianhuang juga batu merah, putih, hitam dan abu-abu dalam warna, yang karenanya dikenal sebagai hongtian, heitian baitian, dan huitian, setelah berabad-abad banyak pertambangan konstan, batu ini ke dalam non-eksistensi. Dengan tekstur kristal dan lembab, tianhuang dianggap sebagai bahan terbaik yang tersedia untuk ukiran atau segel, obsesi Cina.

Harga  Batu Koneng

Harga batu cincin koneng dengan dimensi 14 x 17 x 5 di jual seharga Rp. 150. 000, – harga termahal bisa mencapai 5 juta lebih. Sedangkan Harga bongkahan batu koneng dengan berat 40, 98 gram berkisar Rp. 220. 000, –

Ciri Ciri Batu Koneng Asli

  • Jernih setelah di kupas
  • Gak ada gurat2 apabila disorot oleh cahaya senter setelah dikupas
  • Memiliki tingkat kekerasan 5 -6, 5 skala mohs
  • Memiliki corak warna kuning, kuning keemasan dan kuning kemerahan.

Cara merawat Batu Koneng

Karena batu koneng sangat mudah tergores dan cepat kusam, Untuk itu anda harus merawat batu koneng dengan baik dan benar, berikut merupakan cara merawat batu koneng:

  • Hindarkan batu giok sabun dari air hujan
  • Untuk memoles batu giok sabun gunakan kertas intan
  • Olesi dengan minyak zaitun atau baby oil untuk menjaga warna

Khasiat Dan Kegunaan Batu Koneng

  • Untuk pembuatan hiasan antik dalam ruang tempat tinggal.
  • Di gunakan untuk Stempel atau cap kerajaan.
  • Sebagai Perlengkapan Perhiasan.
  • Menurut Orang-orang China batu ini juga bisa diartikan benda yang bisa membuat Hoky kepada si pemegang batu.
  • Di percaya Membawa keberuntungan
  • Melancarkan usaha.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE