oleh

Batu Kembang Johar Cirebon

Batu Kembang Johar Cirebon merupakan salah satu koleksi batu mulia atau batu akik. Saat ini kami akan membahas batu akik kembang johar atau banyak orang mengatakan mustika kembang johar. Cirebon ternyata memiliki batu akik khas yang dikenal dengan nama batu akik kembang johar. Dinamakan Batu Kembang Johar Cirebon ini dengan warnanya mirip dengan tanaman kembang johar yang berwarna kuning.

Batu Akik Kembang Johar ini hanya bisa ditemukan di daerah Cirebon saja, tepatnya di Gunung Jati dan daerah Plagon Sumber. Batu kembang johar termasuk langka karena gak mudah mendapatkannya karena tanahnya merupakan milik keraton. Karena itu banyak yang percaya, Batu Akik Kembang Johar pada awalnya hanya digunakan oleh kalangan keraton dan pengusaha-pengusaha besar termasuk orang yang suka melakukan tirakat di tempat petilasan Sunan Gunug Jati Cirebon. Saat ini salah satu tokoh yang memakai batu akik jenis ini adalah Menteri Yudi Chrisnandi. Baca juga Batu Bungur Tanjung Bintang dan Batu Bungur Kalimantan

Ciri Ciri Batu Kembang Johar

Batu akik kembang johar memiliki kualitas yang berbeda-beda tergantung usianya. Semakin tua maka akan semakin mahal bahkan bisa dijual sampai puluhan juta rupiah.

  • Batu kembang johar dengan usia muda dengan ciri-ciri batu tembus senter (plong) dengan warna kuning cerah.
  • Batu kembang johar yang usianya lebih tua dari tingkat 1 dimana jika disenter sudah mulai pekat alias gak tembus senter di sebagian batu. Ada perkembangan warna yakni kuning yang lebih mencolok warnanya atau bercampur dengan warna hijau. Jadi memang berbeda dengan batu bacan yang semakin tembus senter semakin mahal harganya.
  • Batu kembang johar yang usianya lebih tua dari tingkat 2 lazimnya semakin gak tembus senter dan warnanya sudah kuning bercampur orange.
  • Batu kembang johar yang usianya lebih tua dari tingkat 3, lazimnya warnanya sudah mulai banyak orange.
  • Batu kembang johar yang usianya sudah sepuh dengan warna menjadi merah orange pekat.

Harga Batu Kembang Johar

Batu kembang johar pada tingkatan 1-2 harganya masih berkisar 1-10 juta. Sedangkan tingkatan 3-5 lazimnya sudah berharga puluhan juta sampai ratusan juta rupiah. Tetapi demikian banyak juga yang menjual batu johar gak berpatokan pada tingkatan batu tetapi pada kelangkaannya karena lazimnya batu ini diwariskan turun temurun dan belum tentu memiliki lagi karena jarang orang yang menjualnya. Masih lebih mudah mendapatkan batu bacan daripada batu kembang johar.

Khasiat Batu Kembang Johar

Batu kembang johar konon memiliki khasiat tersendiri karena lokasinya pernah disinggahi walisongo yang bernama sunan gunung jati yang terkenal memiliki karomah atau kesaktian luar biasa. Batu kembang johar dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk kelancaran karir, bisnis dan sebagai media pengasihan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE