oleh

Batu Kecubung Ungu

Batu Kecubung Ungu  merupakan jenis batu mulia yang paling banyak dicari oleh para kolektor. Batu permata ini di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan batu kecubung ungu dan dipercaya akan memiliki khasiat untuk penggunanya. Batu ini juga memiliki beberapa warna diantaranya ungu berkilau, merah muda dan kebiruan.

Batu Amethyst atau kecubung merupakan jenis batuan jenis mineral berstruktur kristal heksagonal terbuat dari silikon dioksida dengan tingkat kekerasan sampai 7 mohs. Keunikan warna pada batu kecubung ungu ini menimbulkan daya tarik tersendiri dan gak dimiliki oleh jenis batu mulia lainnya. Disini kami akan mengupas keistimewaan yang dimiliki oleh batu kecubung ungu ini yang saying untuk anda lewatkan. Langsung saja silahkan disimak informasinya.

Jenis Batu Kecubung Ungu

Di Indonesia batu kecubung ungu ini banyak ditemukan pada daerah Kalimantan dan punya banyak nama seperti kecubung kalimantan, combong, batu kecubung wulung dan lain-lain.

Khasiat Batu Kecubung Ungu

Keunikan dan keindahan warna yang dimiliki batu ini pernah dianggap lebih berharga dibandingkan dengan berlian. Bahkan sejak ribuan tahun kemudian batu yang banyak di dominasi warna ungu itu sudah menjadi dambaan kalangan pangeran dan dianggap sebagai simbol roh penguasa alam

Sehingga batu itu sering menjadi bahan perhiasan utama yang dipadukan dengan logam mulia atau emas murni untuk dikenakan para raja seperti mahkota, perhiasan mewah atau simbol-simbol lain yang banyak dikenakan para raja dan pangeran kala itu.

Khasiat batu kecubung ungu diantaranya:

  • Berfungsi sebagai penenang bathin
  • Media mendapatkan kasih sayang dan simpati
  • Barmanfaat sebagai media pengobatan lahir dan batin
  • Untuk penyakit fisik: bisa membantu penderita, rabun, sakit kepala, paru-paru, gangguang pencernaan,
  • ecanduan alkhl atau jenis penyakit yang berhubungan dengan saraf
  • Untuk penyakit batin: Kendalikan emosi, membentuk karakter pribadi, semangat hidup, keihlasan dan kerendahan hati dll
  • Membuka aura, membuka cakra pada tubuh orang
  • Bisa menitralisir energi negatif dalam tubuh
  • Sebagai pengasihan (asihan) dll
  • Percaya atau gak, kekuatan dan kuasa hanya milik Tuhan semata

Harga Batu Kecubung Ungu

Harga batu amethyst sebenarnya cukup terjangkau untuk kualitas standar, sama halnya dengan jenis batuan lain yang banyak dibuat perhiasan, biasanya dengan kisaran harga ratusan sampai jutaan rupiah.

Tetapi untuk kualitas terbaik kecubung bisa berharga puluhan sampai ratusan juta rupiah. Seperti Deep Russian dan termasuk jenis batu amethyst langka dengan harga sekitar 50. 000 dollar/karat Salah ciri batu kecubung asli dengan kualitas terbaik biasa berwarna ungu agak gelap sedangkan warna jenis yang standar berwarna ungu bening agak keputihan. Baca: Khasiat Batu Kecubng Wulung

Jenis Batu Kecubung Dan Asal Usulnya
Kecubung banyak ditemukan di beberapa negara seperti India, Amerika, Srilangka, Namibia, Rusia, Madagaskar dan Brasil. Di Indonesia batu ini banyak ditemukan di Kalimantan dan punya banyak nama seperti kecubung kalimantan, combong, batu kecubung wulung dan lain-lain.

Ciri-Ciri Batu Kecubung Ungu Asli 

1. Warna Ungu
Lazimnya warna ungu akan terlihat jelas saat diberikan cahaya. Jadi sebenarnya warna dasarnya terlihat gelap pekat bercampur keunguan. Disamping itu pula warna ungunya memiliki ciri khas unik jika asli, berbeda halnya bila batu itu palsu.

2. Terlihat Tembus
Dalam artian bahwa saat batu kecubung ini disinari memakai senter, maka akan terlihat tembus pandang. Meski warna ungunya sedikit menghalangi, biasanya begitu dan bila anda gak mendapati ciri – ciri itu mungkin keaslianya perlu dipertanyakan.

3. Gak Tergores
Batu kecubung ungu yang asli bila menggoreskan pada bagian kaca maka yang tergores merupakan kacanya. Ini menandakan bila batu itu asli, sedangkan batu sintetis atau imitasi gak akan bisa menggoreskan kaca bahkan peleburan jenis batu memakai teknik tertentu pun terkdanag masih bisa menggores kaca.

4. Memiliki Kilauan Khas
Ciri-Ciri Batu Kecubung Ungu berikutnya yakni punya kilauan unik sebagai ciri khas utama. Jika anda sudah biasa melihat kilauan jenis batu kecubung tertentu, maka secara otomatis bisa membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Nah, bagi anda kolektor baru, sebaiknya membiasakan dahulu terhadapa kilauan batu akik sejenis sehingga nantinya akan tahu sendiri ciri itu.

5. Sangat Keras
Diketahui jika jenis batu kecubung selalu memiliki sifat keras bahkan sampai skala 7 mohns yang maknanya berada di level lebih tinggi dibandingkan jensi batu mulia lainya. Maka gak heran jika harganya pun selangit karena berimbang pada kualitas dan penampilanya yang cantik serta menarik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE