oleh

Batu Cyclop

Batu Cyclop ini merupakan jenis batu akik yang banyak di jumpai di Papua dengan jenis macam corak warna dari merah, hijau, kuning, hitam, dan ada juga yang berwarna putih batu cyclop ini memiliki tingkat kekerasan 5-6 skala Mohs dan betuk batu akik cyclop ini seperti gumpalan bulat kelereng. Batu cyclop banyak ditemukan diseputar mata air yang mengalir dari Pegunungan cyclop. Batu ini banyak ditemukan oleh warga dalam bentuk bulatan sebesar kepalan tangan. Warna batu itu cukup berbagai dari merah, hijau, kuning, hitam, ada juga yang putih.

Batu cyclop banyak ditemukan diseputar mata air yang mengalir dari Pegunungan cyclop. Batu ini banyak ditemukan oleh warga dalam bentuk bulatan sebesar kepalan tangan. Warna batu itu cukup berbagai dari merah, hijau, kuning, hitam, ada juga yang putih. Nama batu Siklop/cyclops berasal dari kata bahasa Yunani maknanya makhluk bertubuh raksasa yang hanya memiliki 1 mata mitologi Yunani. Karena melihat Pegunungan yang memisahkan daratan dan lautan ini bentuknya menyerupai raksasa, maka saat Tentara Kolonial Portugis masuk ke wilayah ini tepatnya di desa Ormu disebelah Utara, maka Pegunungan dinamakan Cycloops. Batuan cyclop banyak di dapatkan dari gunung cyclop dan danau sentani. baca juga Batu Bungur Kalimantan dan juga Batu Bungur Tanjung Bintang

Gunung Siklop banyak di sebut ‘air susu ibu’ atau gunung ibu. Sebutan itu muncul karena Gunung Siklop memiliki banyak mata air yang mengalir ke Danau Sentani. Sehingga, warga sekitar melarang perburuan batu akik di gunung itu, bahkan untuk memasukinya saja dibutuhkan ritual khusus. Jika batu itu diambil, warga sekitar percaya akan mendatangkan kemalangan.

Jenis jenis Batu Cyclop

  • Batu Cyclop Biru
  • Batu Cyclop Sentani
  • Batu Cyclop Obsidian
  • Batu Cyclop Hijau

Harga Batu Cyclop 

Bahan mentah batu siklop dijual di Papua sekitar Rp 600 ribu sampai Rp 1 juta, tergantung tingkat kekristalannya. Jika sudah diolah menjadi batu akik harga antara Rp 1 juta sampai Rp 15 juta, tergantung kadar kristalnya.

Ciri Ciri Batu Cyclop 

Ciri-ciri Batu akik Cyclop adalah seperti akik terlalu banyak yang tembus cahaya apabila disorot dengan lampu senter LED dan memiliki tingkat kekerasan 5-6 skala Mohs. Batu akik ini bisa dibentuk berbagai perhiasan seperti batu cincin, liontin dan lain-lain. Batu akik Cyclop menjadi andalan Propinsi Papua dan paling banyak dicari oleh pecinta batu akik.

Cara Merawat Batu Cyclop 

Cara merawat batu cyclop sangatlah sederhana yakni secara membersihkannya memakai tisu per kain bersih pada permukaannya, dan mengolesi dengan minyak mistic setiap sebulan sekali.

Khasiat Dari Kegunaan Batu Cyclop 

Orang sekitar Danau Sentani mempercayai batu Cyklop berisi Kekuatan gaib atau oleh warga disebut phulo. Batu ini bisa digunakan untuk menundukan air, api, hewan dan roh-roh lembut lainnya untuk melakukan perintah tuan yang punya hak kekuatan dan kekuasaan atas benda tertentu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE