oleh

Batu Azurite

Batu Azurite  merupakan batu berwarna biru kental tetapi dan memiliki kilau seperti kaca dan ditemukan di sekitar tambang tembaga. Azurite merupakan batu yang menyerap air, maka dengan berlalunya waktu, batu ini secara perlahan akan berubah menjadi Malachite. Azurite sering ditemukan tercampur dengan batu Malachite. Tingkat kepadatan batu ini hanya 3. 5 sampai 4 Mohs. baca juga Batu Kecubung Bintang

Azurite memperoleh nama dari perkataan arab (azure) yang bermaksud biru. Warna biru pada batu ini terhasil dari mineral kuprum (tembaga) dimana struktur kristal batu ini punya tembaga yang bergabung secara kimia dengan kumpulan karbonat (CO3) dan hidroksil (OH). Pada zaman dahulu, azurite dimanfaatkan untuk mewarna lukisan pada kain fabrik mahupun dinding bangunan.

Azurite sebenarnya punya komposisi kimia dan berkongsi ciri-ciri yang sama dengan malachite. Jadi gak hairanlah jika kedua-dua batu ini sering dijumpai bersama. Punya kekerasan pada 4 sampai 5 pada skala Mohs, batu ini agak sensitif pada asid dan hentakan. Struktur kimia azurite dan malachite adalah seperti berikut:

  • Azurite: Cu3(CO3)2(OH)2
  • Malachite: Cu2(CO3)(OH)2

Azurite dibezakan dengan malachite dari segi warna. Apa yang membedakannya terkandung di dalam struktur kimia azurite yang punya Cu(OH)2. Oleh kerana Cu(OH)2 lebih teroksida dari CuCO3, malachite didapati lebih teroksida dari azurite. Ini menunjukkan malachite merupakan hasil pengoksidaan dari azurite. Ini juga menjelaskan mengapa warnanya berbeda.

Jadi timbul persoalan gimana perkembangan struktur kimia yang sedikit ini boleh mengubah warna batu azurite pada malachite. Di dalam perkembangan azurite pada malachite, warna boleh berubah hasil daripada susunan kordinat kristal yang kompleks. Ion metal seperti ferum (besi) memainkan peranan sebagai kation yang mengelilingi molekul ion lain di dalam struktur kristal batu ini secara geometrikal yang dinamakan sebagai ligands. Ligands boleh punya bentuk molekul berpolar seperti air atau karbonat yang punya cas negatif.

Azurite yang terhasil di dalam proses ini teroksida secara sangat perlahan. Beberapa kurun dahulu, azurite dimanfaatkan sebagai pewarna untuk mengecat warna biru langit untuk lukisan. Setelah beberapa kurun, warna biru itu berubah menjadi hijau. Keunikan warna pada lukisan ini menjadi 1 mimpi ngeri bagi artis tapi gak bagi ahli mineralogi dan gemologi. Ini menunjukkan varieti mineral yang membentuk kepelbagaian pada batu permata. baca juga Batu Kalimaya Australia dan Batu Akik Naga Sui

Harga Batu Azurite

Menurut informasi di dunia maya batu Azurite dengan dimensi ukuran 12 x 12 x 3. 5 mm harganya sekitar 470. 000 rupiah. Sedangkan harga bongkahan batu Azurite berkisar 375. 000/kg.

Ciri Ciri Batu Azurite

  • Memiliki serat yang alami
  • Jika ditempelkan pada pipi akan terasa dingin
  • Batu Azurite asli pasti lebih berat dibanding batu yang palsu

Cara Merawat Batu Azurite

Dalam menjaga dan merawat batu Azurite Anda cukup membersihkannya dengan memakai air sabun dan sikat secara peralahan. Energi Batu Azurite gak akan pudar, karena sudah diproses sedemikian rupa energinya sehingga Anda bisa membersihkannya kapan saja jika Anda ingin.

Khasiat Batu Azurite

Berikut ini khasiat, kegunaan, fungsi, faedah, manfaat, mitos dan rahasia batu Azurite:

  • Membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kekuatan konsentrasi
  • Untuk membantu mengobati gangguan teroid dan masalah tenggorokan
  • Azurite sangat berguna jika dimanfaatkan pada titik cakra mata ke-3 (dahi)
  • Mengurangi gangguan sakit akibat stress dan menghilangkan racun tubuh
  • Menguatkan lympha, tulang, jaringan kulit dan kelenjar thyroid.

Kepercayaan adalah masalah pribadi, tergantung masing-masing orang. Kalaupun batu Azurite memiliki khasiat, itu adalah anugrah dari Tuhan Yang Maha Kuasa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE