oleh

Batu Amber

Batu Amber merupakan jenis batu  dari tumbuh-tumbuhan yang berubah menjadi sejenis getah, adalah dari pohon prasejarah dengan nama latinnya pinus succinifera, tingginya sama dengan pohon cemara zaman sekarang. Pohon ini tumbuh di rimba-rimba raya Eropa dan pulau Kalimantan indonesia selama berjuta-juta tahun meneteskan getah (semacam damar) setetes demi setetes yang lama kelamaan membeku dan menjadi batu membatu. Oleh karena terbenam ke dalam lapisan-lapisan bumi seperti barang tambang (mineral) lainnya, ia disejajarkan dengan jenis barang tambang. baca juga Batu Gigi Petir dan Batu Pasir Intan

Pada zaman Hipokrates di Yunani Kuno, batu amber sudah dimanfaatkan sebagai sarana untuk pengobatan. Di China, batu amber dibakar untuk diambil minyaknya dan dimanfaatkan sebagai pengharum/ minyak wangi. Kata Amber sendiri berasal dari kata-kata jerman yang maknanya “Batu yang bisa dibakar” seperti getah damar. Pada kuburan-kuburan di Benua Eropa banyak ditemukan berbagai batu amber yang digunakan sebagai ornament penghias.

Ada juga batu amber ini ditemukan uniknya terdapat didalamnya binatang yang sudah mati dan membuku, setempat saja di negara seperti Pantai Timur Inggris, Belanda, Jerman, Polandia, Swiss, Prancis, Austria. Di Benua Afrika. Di Indonesia sendiri, batu amber ini bisa ditemukan di Kalimantan (Ambar Sawak). Harga dari Batu Akik Tapak Jalak ini sangat bervariasi, dijual dengan harga 200 ribuan sampai 400 ribuan. Tinggi rendahnya harga dari batu amber ini dilihat dari nilai sejarah hewan yang terdapat dibagian dalam batu ini, semakin tua umur hewan itu, maka harga dari batu ini pun semakin mahal. Batu amber ini sangat diminati oleh orang – orang eropa sana, mereka memakai batu amber ini sebagai dekorasi tempat tinggal mereka sehingga kelihatan unik.

Harga Batu Amber

 

Saat ini penjualan batu amber di pasar dan toko perhiasan berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Harga Batu amber untuk dimensi 28 x 21 x 10 mm di jual seharga Rp. 600. 000, sementara Harga bongkahan batu amber mencapai 1. 500. 000/kg nya.

Ciri Ciri Keaslian Batu Amber

  • Memiliki warna yang khas yakni warna kuning kemerahan kadang-kadang berisi hewan dan bahan tanaman sebagai inklusi karena terperangkap didalam getah sebelum memfosil.
  • Berisi minyak aetherisch yang biasa disebut minyak barnsteen atau minyak amber atau juga barnsteenzuur.
  • Nilai kerasnya 2 dalam daftar keras Mohs dan memiliki struktur kristal amorphous dan beratnya lebih berat daripada air.
  • Apabila amber ini dipanaskan ia menjadi lunak dan mengembang serta menyiarkan bau yang sedap. Kadang-kadang jika terlalu panas, bisa terbakar habis.
  • Jika digosok dengan lijnolie menjadi lembek atau lunak tanpa hancur, mudah dilipat-lipat sehingga mudah pula dibuat barang perhiasan wanita.
  • Jika orang menggosok amber ini dengan kain maka amber itu akan menjadi magnetis dan bisa menarik potongan-potongan kertas kecil.
  • Amber jika direndam dalam air atau alkohol gak akan hancur.
  • Batu amber sering memiliki inklusi berupa serangga dan tumbuhan.

Cara Merawat Batu Amber

Dalam menjaga dan merawat batu Amber ini, Anda cukup membersihkannya dengan memakai air sabun dan sikat secara perlahan. Energi batu Amber ini gak akan pudar, karena sudah diproses sedemikian rupa energinya oleh Ratu Aura sehingga Anda bisa membersihkannya kapan saja jika Anda ingin.

Khasiat Batu Amber

Batu amber zaman dulu dipercayai jika dibakar bisa membersihkan hawa sekitar terutama pada waktu melahirkan, batu ini juga dipercayai bisa menyehatkan mata jika dipandang terus. Berikut adalah manfaat, khasiat dan fungsi batu Amber:

  • Mengobati penyakit kulit
  • Memperlancar peredaran darah
  • Meringankan sakit persendian
  • Menguatkan lambung
  • Membangkitkan Inner Beauty Bagi Wanita dan Kepribadian Mengagumkan Bagi Pria.
  • Bisa melanggengkan hubungan asmara
  • Meningkatkan Kemesraan dan rasa cinta bagi sepasang kekasih
  • Batu ini menguatkan jiwa serta Menumbuhkan rasa aman pada diri.
  • Menjaga diri untuk tetap berada pada cara pandang dan sikap yang tepat.
  • Melindungi pemilik dari serangan hewan buas saat berada di hutan belukar.

Tapi masalah keyakinan adalah masalah pribadi, tergantung masing-masing orang. Kalaupun batu Amber memiliki khasiat, itu merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Kuasa – bukan semata-mata kekuatan batu itu sendiri. Dan kami wajib bersyukur bahwa batu amber bisa ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia. baca juga Batu Black Jade Dapat Menetralisir Racun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE