oleh

Batu Akik Yakut

Batu Akik Yakut merupakan batu yang indah dan menarik. Nama Yakut/zircon berasal dari bahasa Persia “zargun” yang maknanya warna keemasan. Batu yakut atau zircon punya nilai keras 7. 5 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke 5 setelah batu intan, corundum, chrysoberyl dan topaz. Dalam membeli batu yakut ini perlu waspada dan ketelitian yang jeli karena batu yakut mudah sangat untuk di palsukan dan di tiru oleh penipu yang gak bertanggung jawab. Pada biasanya penipu ini beroperasi secara berkelompok, ada yang sebagai penawar dan ada yang sebagai profokator sehingga si korban akan terperdaya.

Batu yakut ini pada biasanya memiliki warna keemasan dan memiliki tingkat kekerasan mencapai 7, 5 skala mohs. Begitu kerasnya batu yakut ini sehingga mudah untuk diolah dan dibuat batu cincin. Warna batu yakut ini terdiri dari warna kuning, coklat, merah, hijau, biru dan gak berwarna atau bening.

Batu Yakut Merah
Batu Yakut Kuning
Batu Yakut Hijau
Batu Yakut Coklat

Warna batu yakut atau zircon bisa bermacam-macam seperti kuning, coklat, merah, hijau, biru dan adapun yang gak berwarna. Sebagian dari batu zircon gak tembus cahaya yang juga disebut dengan zircon biasa dan biasanya gak dimanfaatkan dalam perhiasan. Batu zircon adalah 1 buah mineral yang bisa ditemukan dimana saja di bumi ini dan merupakan barang yang umum.

Batu yang tergolong dalam batu zircon akan berubah-ubah warnanya jika dipanaskan. Batu zircon yang berwarna biru pucat dinamakan starlites dan yang berwarna merah kecoklatan disebut hyacinth. Sekarang terlalu banyak batu zircon dijual sebagai perhiasan berwarna biru. Warna ini dihasilkan dari zircon berwarna coklat yang diproses melalui pembakaran. Sebelum tahun 1900an zircon yang paling umum adalah yang berwarna oranye atau coklat kemerahan yang disebut juga “hyacinth”

Zircon tidaklah sama dengan cubic zirconia (C. Z). Zircon adalah batu alami yang memiliki kecermelangan (brilliance) cukup tinggi dan kilauan (luster) seperti batu berlian. Cubic zirconia adalah batu buatan orang dengan unsur kimiawi berbeda. Bila keduanya diasah dengan baik dan tanpa warna akan mirip dengan batu berlian. Sebelum cubic zirconia dijual di pasaran awal 1970an zircon tanpa warna banyak digunakan sebagai pengganti batu berlian sehinga banyak orang beranggapan zircon adalah batu palsu. Sekarang CZ adalah tiruan batu berlian yang paling terkenal mengganti zircon tanpa warna.

Batu zircon yang gak berwarna jika diserdi faset kemudian bisa dijadikan seperti intan matura. nama intan matura ini diambil dari nama tempat di SriLanka dimana mereka ditambang. Oleh karena itu orang harus berhati-hati membeli intan jangan sampai salah membeli zircon matura. Batu zircon adalah batu yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai pengganti intan asli, selain kilauan atau pantulannya yang tinggi, warnanya yang mirip intan, membuat batu ini hampir gak bisa dibedakan dan membuat banyak orang tertipu sekaliguspun penjualnya.

Penghasil zircon terbesar adalah Thailand, Srilanka dan Kamboja. Tetapi zircon juga ditemukan di Myanmar, Vietnam, Tanzania, Perancis dan Australia. Bangkok merupakan pusat pengasahan dan pemasaran zircon terbesar di dunia.

Ciri Ciri Batu Yakut Asli

  • Jika batu yakut yang tembus, akan terlihat serat-serat di dalamnya. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat
  • Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa permata anda itu asli
  • Coba bandingkanlah permata asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu

Bila permata anda itu adalah berlian, maka untuk membuat anda benar-benar yakin akan keasliannya, maka anda bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini .Bila anda masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya, bila perlu diajak sekalian dalam membeli batu akik

Khasiat Batu Yakut

Warna batu yakut atau zircon bisa bermacam-macam seperti kuning, coklat, merah, hijau, biru dan ada yang tak berwarna. Sebagian dari batu zircon tidak tembus cahaya yang juga disebut dengan zircon biasa dan biasanya tidak digunakan perhiasan.

Batu zircon adalah sebuah mineral yang bisa ditemukan dimana saja di bumi ini dan merupakan barang yang umum.Yaqut/Zircon termasuk jenis batu paling indah. Batu ini mempunyai beberapa khasiat antara lain:

  1. Jika dipakai mata cincin akan “menghilangkan’ kefakiran si pemakainya seperti halnya batu marjan.
  2. Batu ini tidak bisa terpengaruh panas api (tidak akan berubah dengan sebab dipanaskan api).
  3. Aman dari penyakit tha’un.
  4. Segala urusan hidupnya menjadi mudah.
  5. Hatinya kuat.
  6. Disegani masyarakat.
  7. Hajat-hajatnya mudah terlaksana.
  8. Diberi ketenangan batin
  9. Menyembuhkan insomnia,
  10. Mencegah iri hati,
  11. Mengusir ilmu hitam

Harga Batu Yakut

Harga Batu Akik Yakut  bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Batu akik ini juga terkenal dengan nama batu Safir . Batu ini termasuk di dalam jenis batu mulia yang berharga tinggi dan banyak diincar oleh penggemar dan kolektor batu mulia.

Tingkat kekerasan batu ini sangat sempurna, mencapai skala 10 Mohs. Dengan demikian menjadikan batu akik ini menjadi batu mulia paling keras di dunia, setelah batu intan. Batu Safir jenis ini juga sangat cocok dimanfaatkan sebagai mata cincin, liontin dan berbagai aksesoris tambahan yang banyak dikenakan kaum wanita.

Batu Yakult  ini punya warna yang agak cerah, tapi tetap padat dengan perpaduan warna yang sangat tepat. Warnanya gak begitu pudar dan gak terlalu pekat. Sehingga sangat cocok dimanfaatkan sebagai mata cincin, liontin kalung dan sebagainya untuk dikenakan setiap hari. Selain itu bisa juga dipajang untuk melengkapi koleksi atau menyimpannya saja di dalam dompet.

Keindahan dan keunikan batu Yakult  ini menjadikan batu akik ini sangat layak untuk dimiliki. Dari warnanya saja sudah terlihat, jika kualitasnya sangat tinggi. Cutting yang sempurna untuk dimanfaatkan sebagai perhiasan terlihat sangat sempurna dan mempercantik penampilan setiap penggunanya. Kualitas dan keindahan yang luar biasa ini, sangat wajar jika wajib mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk bisa memilikinya.

Yakult  ini seringkali dipercaya sebagai perlambang loyalitas dan kemakmuran. Sangat cocok dikenakan bagi mereka yang menekuni profesi, seperti eksekutif muda, pengusaha dan yang bergerak dalam bidang bisnis apapun. Karena khasiat dari batu ini merupakan bisa meningkatkan aura positif, merangsang daya pikir, meningkatkan kreatifitasan, meningkatkan rasa optimis dan lain sebagainya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed