oleh

Batu Akik Termahal Di Dunia

Jenis Batu akik termahal di dunia merupakan jenis batu Akik Paling mahal dan paling banyak di minati seprti,Berlian Hope,Giok,Serendibite,Blue Garnet,Painite dan lain .Demam batu akik masih menjangkit masyarakat kelas menengah sampai tokoh nasional Tanah Air. Beberapa batu akik termahal menjadi buruan terpopuler di berbagai situs pencari dan sampai ke mancanegara berburu batu akik

Dari deretan batu akik termahal, jenis batu akik seperti Black Opal, Giok sampai Garnet menjadi beberapa yang cukup terkenal di dunia. Berikut kami mengumpulkan daftar batu akik termahal di dunia. Sejumlah batu bahkan telah menembus angka triliun rupiah.

1. Batu Berlian Hope

batu berlian hope Berlian adalah batu mulia termahal saat ini, khusus untuk berlian hope harganya saat ini adalah US$ 250 juta atau setara dengan Rp. 2. 2 Triliun per karatnya. Sungguh harga yang luar biasa, batu berlian hope ini sangat cocok untuk 1 buah investasi di masa depan. Kemewahan batu berlian hope sungguh indah dan menawan siapa saja yang menatapnya.

Batu berlian hope ini sering digunakan untuk perhiasan misalnya untuk kalung, liontin, cincin atau anting-anting. Jenis batu berlian hope ini, saat ini menjadi 1 buah simbol kekayaan bagi kaum hartawan di dunia. 1 buah pengakuan bagi siapa saja yang memiliki batu cincin berlian hope.

2. Batu Cincin Jadeite

batu jaideteSebuah batu mulia yang sangat indah dengan kekerasan yang sangat menakjubkan. Batu cincin ini memiliki harga yang sangat fantastis, yakni mencapai US$ 3 juta per karatnya. Batu cincin Jadeite juga sering disebut dengan Batu Giok. Sampai saat ini rekor harga untuk batu giok atau Jadeite kualitas A ini mencapai USD 27. 440. 000.

Harga itu disematkan pada 1 buah kalung yang didalamnya terbuat dari 27 batu Jadeite. Sampai saat ini batu giok masih tetap menjadi incaran banyak kolektor atau penghobi batu permata baik di Indonesia sendiri maupun juga di dunia. Keadaan ini semakin membuat harga batu cincin giok semakin melayang tinggi dan sangat langka sehingga susah mendapatkan batu giok dengan kualitas yang keren.

3. Batu Cincin Serendibite

batu SerendibiteBatu cincin termahal di dunia pada posisi ke 3 ditempati batu mulia Serendibite, batu ini tergolong batu mulia yang sangat langka. Batu ini di sedunia hanya bisa ditemukan di 2 tempat, yakni di Birma dan di Srilanka.

Warna khas yang terdapat pada batu ini adalah hijau kekuningan atau hijau kebiruan dan violet sampai serupa hitam. Kekerasan batu cincin batu mulia serendibite berada pada 6. 5-7 skala mohs. Untuk harga batu serendibite mencapai pada level USD 2. 5 juta perkaratnya.

4. Batu Cincin Blue Garnet

Batu Cincin Blue GarnetBatu cicin ini sungguh terkenal dengan keindahan yang sangat mempesona dengan pilihan warna yang banyak. Batu mulia blue garnet memiliki ragam warna seperti ungu, merah, pink hitam, kuning, hijau, coklat maupun juga biru.

Dari beberapa warna jenis batu cincin garnet, blue garnet adalah jenis yang paling mahal. Harga perkaratnya sampai pada level USD 1. 5 juta. Dengan pilihan warna yang banyak dan menawarkan keindahan tanpa batas, harga itu sebanding dengan kualitas nya. Jenis batu cincin ini bisa ditemukan di beberapa negara di dunia. Batu garnet bisa ditemukan di Amerika, Turki, untuk batu garnet terbaik bisa ditemukan di Madagaskar.

5. Batu Cincin Painete

batu cincin PaineteBatu cincin painete termasuk dari batu mulia dengan mineral langka yang bisa ditemukan di Myanmar. Batu Painete termasuk ke dalam golongan mineral Borat dengan berisi jejak vanadium.

Kandungan vanadium ini yang memungkinkan batu cincin termahal painete bisa berubah warna. Batu painete sendiri ditemukan pertama kali oleh seroang merolog asal Inggris pada tahun 1950-an. Saat ini, harga batu painete bisa mencapai US$ 60. 000 per karatnya.

Batu Cincin Akik Termahal Dan Terkenal Di Indonesia

Cincin, merupakan perhiasan yang sudah dikenal dan dikenakan banyak orang sejak ribuan tahun kemudian baik bagi wanita maupun pria. Cincin diletakkan pada jari tangan dan dan melingkar pada bagian jari manis atau jari sedang.

Secara tradisi lazimnya cincin terbuat dari logam mulia, perak atau campuran dari bahan-bahan lain seperti tembaga, perunggu, kuningan krom dan lain-lain. Untuk memperindah tampilan satu buah cincin dilengkapi dengan ukiran dan dihias dengan permata seperti intan, berlian atau batu akik.

Cincin batu permata biasanya lebih banyak dimanfaatkan oleh kalangan orang-orang yang sudah dewasa. Tetapi belakangan ini di Indonesia sejak tahun 2014, cincin sudah banyak dimanfaatkan juga dikalangan muda dan remaja.

Bahkan saat ini cincin dengan batu akik sudah menjadi trend dan gaya hidup, sehingga harga batu cincin semakin mahal karena semakin banyaknya peminat dari berbagai kalangan. Berikut ini jenis batu cincin akik terkenal dan termahal di Indonesia:

Batu Bacan

Batu Cincin Bacan

Batu Bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di Pulau Bacan. Ada 2 desa paling terkenal di pulau itu yang menambang batu di pulau Bacan ini, yakni desa yang bernama Desa Doko dan Desa Palamea.

Jenis batu Bacan paling terkenal dan banyak dicari adalah dari jenis batu Bacan Doko dan batu Bacan Palamea itu. Kedua jenis batu ini memang sedang menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu Bacan Doko dan Bacan Palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis Palamea berwarna hijau kebiruan.

Setelah pernah digunakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), maka di Indonesia, harga batu Bacan yang dulunya gak pernah didengar mulai tersohor dan terkenal serta menjadikan batu cincin asal pulau Bacan ini sebagai batu cincin termahal di Indonesia dan berharga berkisar dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah.

Batu Cincin Safir

Batu Cincin Safir

Safir (Saphirre) merupakan batu permata yang diminati banyak kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Tetapi harganya yang mahal membuat gak semua orang bisa mampu memiliki jenis batu alam yang indah ini.

Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai corundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah, atau untuk perhiasan jenis lainnya.

Batu permata ini memiliki banyak variasi warna, seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Khasiat batu Safir dipercaya bisa menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi penggunanya

Batu Cincin Zamrud

Batu Cincin Zamrud

Batu Zamrud (Emerald) adalah jenis permata yang memiliki warna hijau bening sampai hijau tua, dan sudah dikenal banyak peradaban orang sejak ribuan tahun kemudian sebagai permata nan indah dan dengan harga yang mahal. Batu Zamrud memiliki kekerasan di angka 7. 5 pada skala mohs, dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian. Baca juga Khasiat Batu Zamrud

Batu Ruby

Batu Cincin Ruby

Batu Ruby sering juga disebut batu Mirah atau Merah Delima dan termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Harga batu Ruby bervariasi tergantung dari tingkat keunikan, potongan (cutting shape) dan kualitasnya. Batu Ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian.

Batu Cincin Topaz

Batu Cincin Topaz

Batu Topaz memiliki banyak warna, seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan beberapa negara lain sebagai penghasil batu yang banyak digunakan untuk perhiasan ini.

Seperti batu mulia pada biasanya, Topaz dipercaya menandung energi alam yang berguna bagi penggunanya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.

Batu Akik Kalimaya

Batu Cincin Opal (Kalimaya)

Batu Opal atau Batu Kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah gak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna itu.

Batu Opal yang di Indonesia dikenal dengan istilah Kalimaya ini, banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu Kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas, layaknya batu akik pada biasanya. Harga batu Opal/Kalimaya termahal sekitar US$ 2. 500 dollar/karat.

Sungai Dareh

Batu Cincin Sungai Dareh

Batu akik Sunge Dare per Sungai Dareh (Sungai Deras), termasuk salah satu batu cincin terkenal dan termahal di Indonesia untuk saat ini. Batu asal Sumatera Barat dan Sumatera Selatan itu sekarang sedang menjadi incaran para penghobi maupun kolektor.

Popularitas batu itu mulai menanjak sejak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan 1 buah cincin bertahtakan batu akik Sungai Dareh sebagai kenangan pada Presiden Amerika Serikat, Barak Obama.

Harga batu Sungai Dareh berkualitas tentu saja sangat mahal, tetapi untuk kualitas berukuran sedang yang banyak dijual di pasaran lokal, harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Batu Cincin Giok

Batu Cincin Giok

Di Indonesia, batu Giok (Jade) sudah dikenal sejak lama, tetapi popularitas batu ini gak pernah luntur, terlebih ditengah semakin tingginya penghobi batu akaik belakangan ini, sehingga membuat harga batu Giok semakin mahal.

Keindahan Giok dengan khas warna hijau banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Tetapi sebagian orang masih percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya.

Jenis Akik kecubung Kalimantan

Batu Cincin Amethyst

Batu Amethyst atau di Indonesia dikenal sebagai Kecubung, termasuk salah satu dari sekian banyak batu akik yang juga sedang menjadi incaran banyak penghobi. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran internasional itu, terlihat mempesona.

Gak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan, batu Kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan. Di Indonesia, batu Kecubung per Amethyst paling banyak ditambang di pulau Kalimantan.

Batu Akik Lavender

Batu Cincin Lavender

Dalam 1 buah kontes nasional yang pernah dilangsungkan beberapa waktu kemudian, jenis batu Lavender Spritus asal Baturaja, Sumatera Selatan, berhasil masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, sehingga batu ini menjadi buruan banyak kolektor. Harga batu Lavender yang berhasil memenagkan kontes ditawar Rp. 175 juta tetapi si pemilik belum melepasnya.

Sejak saat itu, batu yang banyak ditemukan diwilayah Simpang dan Segara Kembang, Kecamatan Lengkiti Oku, Sumatera Selatan itu menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler terbaik di Indonesia maupun di pasaran internasional.

Selain batu yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak batu-batu cincin terkenal dan termahal jenis lain yang saat ini sedang terkenal di Indonesia termasuk batu Giok Aceh/Lumut Aceh, Batu Obi, Batu Labrador, Batu Solar atau jenis batu-batu cincin lain asal Indonesia.

Batu akik ohen Bungbulang Garut hijau

Batu Akik Bungbulang

Batu akik ohen Bungbulang Garut hijau merupakan jenis batu mulia asli Kapupaten Garut Jawa Barat. Batu yang banyak ditemukan di Kecamatan Bungbulang, Garut, Jawa Barat ini pertama kali ditemukan oleh seorang bernama Mang Ohen atau aki Ohen sehingga batu ini dikenal dengan nama penemunya yakni ‘Ohen’ atau disebut juga batu Bungbulang.

Sejak batu ini mengemuka dalam beberapa tahun terakhir, batu dengan warna khas hijau kristal ini sering menjadi perbincangan dikalangan kolektor dan banyak diburu sehingga harganya menjadi sangat mahal, bahkan untuk seukuran batu cincin saja batu bungbulang bisa dihargai ratusan juta rupiah.

Tetapi batu ini sudah mulai langka dan susah ditemukan dipasaran terlebih untuk jenis batu berkualitas super. Kalaupun batu ini masih bisa ditemukan di pasaran sudah bisa dipastikan harganya akan sangat mahal, terlebih jika sudah berada ditangan kolektor, tentu untuk bisa memilikinya wajib merogoh kocek yang cukup dalam.

Tetapi demikian, nama mang ohen masih terus melekat bersama kemilau batu dengan ciri khas hijau itu, bahkan batu ohen masuk jajaran batu termahal di Indonesia saat ini selain batu bacan, kalimaya dan jenis batu tersohor lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE