oleh

Batu Akik Jala Sutra

Batu Akik Jala Sutra ini merupakan salah satu jenis batu akik yang bisa Anda koleksi dengan harga yang terjangkau. Batu akik jala sutra secara fisik warnanya lebih gelap dibandingkan dengan jenis batu akik lainnya. Di sebagian terdapat guratan-guratan berwarna kuning keemasan, teksturnya lebih lunak dan ukuran paling besar biasanya 1 genggaman orang dewasa. Motif garis-garis yang terdapat di permukaan batu memang menyerupai bentuk jala, dengan warna dominannya kuning kecoklatan. Sangat cocok dijadikan sebagai mata batu cincin untuk para pria dengan style yang lebih dingin. Jenis batu ini terdapat di banyak tempat, seperti di Pulau Jawa dan Sumatera.

Konon katanya batu akik Jala Sutra ini merupakan harta karung orang Pati. Pasalnya, di sedang demam batu akik di semua penjuru tanah air Indonesia, Kabupaten Pati ternyata memiliki harta karun berupa batu-batu akik jenis Jalasutra yang tersimpan di daerah Pegunungan Kendeng sekitar Sukolilo, Kayen, Tambak romo. Sampai saat ini, daerah dengan penghasilan batu akik terbesar masih dikuasai Aceh.

Batu jenis ini banyak di temukan di daerah utara Grobogan, tepat nya di dataran Gunung Kendeng, pegunungan kecil yang membentang di sepanjang kabupaten Grobogan Pati Blora sampai ke jawa timur. jenis batu ini banyak berisi kapur sehingga kurang di minati para pecinta batu akik. Tetapi batu akik jalasutra memiliki keunikan pada Teksture permukaan nya yang memiliki Urat, mungkin dari teksture itu yang membuat batu ini di sebut jalasutra yang berasal dari kata jala dan sutra. Jala bermakna jaring yang biasa di gunakan orang mencari ikan, dan sutra bermakna rajutan. selain itu jenis batu ini punya tingkat kekerasan yang sangat rendah jika dibandingkan dengan batu batu jenis lain seperti batu sulaiman dan batu bacan. Berikut gambar batu akik jala sutra seperti yang di bawah ini :

Batu Akik Jala Sutra-5
Batu Akik Jala Sutra-4
Batu Akik Jala Sutra-2
Batu Akik Jala Sutra-2
Batu Akik Jala Sutra-1

Bentuknya bisa dalam bentuk bulat mirip kelereng yang biasa digunakan mainan anak-anak. Warna batu mulia ini adalah kuning kecoklatan dan gak bisa tertembus cahaya. Tingkat kekerasan batu alam ini berkisar 5, 5 pada skala mohs. Di dalam batu ini terkandung unsur kimia yakni SiO2 + CaMg.

Harga Batu Akik Jala Sutra

Harganya masih cukup terjangkau untuk Anda jadikan sebagai barang koleksian, yakni dibandrol mulai dari harga 5 ratus ribu rupiah sampai jutaan rupiah, bergantung pada jenis dan kualitas proses dari batu itu. Batu akik Jala Sutra gak kalah mahal dengan batu akik jenis lainnya, seperti giok, kalimaya, rubi merah delima , safir, topas, lavender, atau bahkan zamrud sekalipun. Dalam bentuk mentahan saja, batu akik Jala Sutra dibanderol dengan harga Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribuan.

Khasiat Batu Akik Jala Sutra

Khasiat batu akik jala sutra hampir mirip dengan khasiat batu yang lain. Energi dingin dipancarkan oleh mineral batu yang akan masuk dan diserap oleh tubuh. Hal ini memberikan dorongan hal positif bagi tubuh untuk bisa melakukan sesuatu hal dengan lebih baik. Oleh karena itulah orang sering mengatakan batu ini bisa dijadikan sebagai pelaris dan sebagainya. Karena dengan energi yang dipancarkan oleh mineral dalam batu jenis ini, orang akan bisa lebih menstabilkan energi emosi dalam diri.

Motif batu jala sutra yang cenderung dengan warna tua membuat jenis batu ini kurang diminati kaum wanita. Tetapi keunikannya tetap mempesona para kolektor batu akik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE