oleh

Batu Akik Fosfor

Batu fosfor merupakan jenis batuan yang memiliki kandungan fosfor sehingga batu ini bisa mengelurkan cahaya dalam gelap dan termasuk jenis batuan yang sering dicari banyak orang terutama kolektor dan penggemar batu cincin karena keindahannya, terutama mereka yang hobi dengan hal-hal unik dan menarik. Perbedaan batu akik fosfor asli dengan palsu atau imitasi dari plastik dirasa sangat perlu untuk diketahui akibat semakin maraknya kejahatan pemalsuan batu di berbagai pusat penjualan batu akik, permata, dan batu mulia.

Batu fofor lazimnya dimanfaatkan sebagai aksesoris seperti batu cincin, tasbih atau jenis aksesoris dan perhiasan lain yang cukup menarik sehingga banyak penghobi terutama yang menyukai batu cincin mencari batu ini.

Keunikan dari batu fosfor terletak pada kemampuannya meyerap cahaya dari luar, baik cahaya matahari atau lampu senter, kemudian memantulkannya jika batu itu berada ditempat gelap. Disamping dijadikan berbagai aksesoris atau perhisan indah dan menarik, batu fosfor juga disukai banyak orang yang suka berpetualang dimalam hari sebagai penerang jalan, baik pendaki gunung atau mereka yang bisa menjelajah hutan belantara. batu-cincin-fosfor Tingkat kekerasan batu ini 5-6 pada skala mohs atau bisa dikatakan cukup lunak dan rapuh sehingga akan mudah pecah jika terhimpit benda keras atau memiliki kekerasan sama dengan batu pirus.

Cara Merawat Batu Fosfor Agar Tetap Bercahaya

Semua jenis batuan yang dibuat sebagai batu cincin membutuhkan perawatan supaya batu tetap mengkilap sesuai keinginan dan awet, begitu juga dengan fosfor membutuhkan perawat, caranya:

  • Batu fosfor jangan terendam air karena karena akan melemahkan unsur mineral dalam batu sehingga gak bisa menyera cahaya
  • Tingkat kekerasan batu fosfor yang rendah embuat batu ini mudah tergores dan pecah, sebaiknya simpan batu pada tempat yang aman jika gak dikenakan supaya gak pecah
  • Supaya batu tetap selalu terlihat indah dan berkilau bisa dioleskan minyak kayu putih atau baby oil.

Khasiat batu fosfor dipercaya diantaranya, sebagai perhiasan untuk memperindah dan mempercantik penampilan da lain sebagainya.

Harga batu cincin fosfor bisa dikatakan murah dibandingkan dengan jenis batu akik terkenal lain, fosfor bisa diperoleh dengan harga 100-150 rb untuk ukuran sebesar batu cincin standar. Warna batu fosfor bisa bermacam-macam seperti warna kehijauan, kuning, merah dan biru.

Perbeda Batu Fosfor Asli Dan Palsu

Para kolektor batu fosfor ini menyukai akan keindahan warna serta fungsi lain sebagai penerang ruang gelap gulita. Kandungan fosfor yang terdapat di dalam stuktur pembentuk batu mengakibatkan batu akik jenis ini bisa menyimpan energi cahaya matahari atau dari lampu sehingga bisa dipantulkan kembali menjadi cahaya indah pada saat ruang menjadi gelap misalnya di malam hari.

Selain digunakan untuk berbagai perhiasan seperti cincin dan liontin, batu fosfor asli ini juga banyak yang menggunakannya sebagai bahan pembuatan tasbih untuk menghitung jumlah hitungan zikir. Saat berdzikir di tempat yang gelap, maka kilauan cahaya mewah yang dikeluarkan dari dalam batu memberi kesan spiritual tersendiri bagi orang yang sedang berdzikir itu.

Dengan kemajuan teknologi pada saat ini, sangat mudah bagi pabrik terutama perusahaan china membuat batu fosfor yang memiliki karakteristik yang hampir sama dan susah dibedakan oleh orang awam mana yang asli dan mana yang imitasi atau palsu.

Untuk itu kami harus mengetahui beberapa pedoman dari 1 buah batu yakni batu asli memiliki serat yang unik sehingga tidak ada batu yang memiliki struktur yang sangat sempurna. Jika anda menemukan batu akik fosfor sangat indah tetapi tidak terlihat serat sama sekali bahkan saat di senter dan diperbesar maka besar kemungkinan batu itu adalah batu sintesis plastik.

Cara lain adalah dengan melakukan sedikit pemanasan pada batu sehingga terlihat apakah bekas pembakaran itu hilang dan batu kembali normal, atau batu menjadi hitam penuh bekas. Jika batu fosfor itu asli maka bekas pemanasan itu akan segera hilang setelah di lap dengan kain basah. Tetapi sebaliknya batu fosfor itu palsu jika bekas noda pembakaran atau pemanasan gak hilang karena struktur plastik mudah meleleh saat dipanaskan.

Ciri-Ciri Batu Fosfor Asli

Batu Fosfor memiliki keunikan pada kemampuannya meyerap cahaya dari luar, baik cahaya matahari atau lampu senter, kemudian memantulkannya jika batu itu berada ditempat gelap. Disamping dijadikan berbagai aksesoris atau perhisan indah dan menarik, batu fosfor juga disukai banyak orang yang suka berpetualang dimalam hari sebagai penerang jalan, baik pendaki gunung atau mereka yang bisa menjelajah hutan belantara.

Nama Fosfor berasal dari bahasa Yunani, “phosphoros” yang bermakna ‘pembawa terang’. Karena keunikannya yakni bercahaya dalam gelap (glow-in-the dark). Batu ini di temukan oleh 1 orang ilmuwan asal Jerman bernama “Brand” pada tahun 1669 secara gak sengaja dalam percobaan menggali bebatuan.

Batu fosfor merupakan bebatuan yang memiliki kandungan fosfor sehingga batu ini bisa mengelurkan cahaya dalam gelap dan termasuk jenis batuan yang sering dicari banyak orang terutama kolektor dan penggemar batu cincin karena keindahannya, terutama mereka yang hobi dengan hal-hal unik dan menarik.

Ciri- Ciri Batu Fosfor Asli sebagai berikut ini:

  • Memiliki tingkat kekerasan 5-6 pada skala mohs atau bisa dikatakan cukup lunak dan rapuh sehingga akan mudah pecah jika terhimpit benda keras.
  • Bisa mengeluarkan cahaya dalam gelap.
  • Memiliki serat yang unik.
  • Bila di tempelkan di pipi akan terasa dingin dan dinginnya awet.
  • Bila di sulut rokok gak akan meleleh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE