oleh

Bahasa Pemrograman Paling Terkenal Di Dunia

Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia – Tepat 2 bulan yang lalu, salah satu penyedia repository (tempat menyimpan aplikasi dan isyarat sumber terbuka /open source) terbesar di dunia, yaitu Github, menampilkan daftar 10 bahasa pemrograman paling banyak dipakai di dalamnya. Statistik ini menarik untuk disimak, alasannya yaitu bisa menjadi salah satu rujukan bagi sebagian kita untuk menentukan atau menentukan bahasa pemrograman yang akan dipelajari atau untuk menabah kemampuan programming yang sudah dimiliki.

Github sesungguhnya merupakan sebuah penyedia layanan hosting repository (menggunakan GIT sebagai intinya) yang berbasis web. Git sendiri merupakan sebuah software atau aplikasi yang paling terkenal dan banyak dipakai untuk menyimpan perkembangan sebuah isyarat sumber (Version Control System). Kaprikornus lebih singkatnya, ketika kita membuatkan aplikasi, isyarat sumbernya (source kode) bisa kita simpan di github dan setiap ada perubahan kita melaksanakan sinkronisasi dengan server github. Cara ini akan sangat efektif jikalau yang membuatkan aplikasi terdiri dari banyak programmer di banyak sekali daerah di dunia.

Tanggal 20 Agustus 2015 kemarin, Github merilis daftar 10 bahasa pemrograman paling terkenal yang dipakai didalamnya yang dibukan semenjak tahun 2008.

Dari grafik tersebut, sanggup dituliskan urutan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan, yaitu:

  • Javascript
  • Java
  • Ruby
  • PHP
  • Python
  • CSS
  • C++
  • C#
  • C
  • HTML

Terlihat bahwa Javascript menduduki peringkat teratas, kemudian di ikuti oleh Java. Javascript sendiri mulai terkenal semenjak munculnya library menyerupai jQuery. Tidak heran jikalau perkembangan javascript ketika ini begitu pesat, alasannya yaitu awalnya yang hanya dikembangkan untuk aplikasi berbasis web, sekarang dengan javascript kita bisa membuatkan aplikasi web, desktop, dan juga mobile (android, iOS, Windows Phone dan blackberry). Bahkan tidak hanya di sisi Client, tetapi juga di sisi Server. Java sendiri juga terlihat begitu cepat peningkatannya, salah satunya alasannya yaitu populernya Android yang memakai Java sebagai bahasa pemrograman utamanya.

Dari 10 daftar diatas, sesungguhnya ada 2 yang bisa dikatakan bukan bahasa pemrograman, yaitu CSS dan HTML, meskipun ketika ini CSS juga bisa dikembangkan atau ditulis dengan budi yang menyerupai bahasa pemrograman. Sedangkan HTML sendiri bukan bahasa pemrograman, alasannya yaitu hanya merupakan kode-kode khusus penanda (tag atau markup) untuk mengatur atau mengorganisasi struktur sebuah data. HTML terkenal alasannya yaitu semenjak munculnya internet, tidak bisa dilepaskan dari HTML, belum lagi di rilisnya HTML5 yang mulai menjadi standard web browser modern ketika ini.

Berikut perkembangan grafik hingga selesai tahun 2014 (github dengan sumber pihak ketiga)

Bagi anda yang gres mulai berguru pemrograman atau ingin menambah kemampuan programmingnya, daftar diatas tampaknya cukup layak menjadi rujukan menentukan bahasa apa yang akan di pelajari. Semoga artikel ini bermanfaat.

INFO UPDATE