oleh

Bagaimana Kita Tahu Jika Bimasakti Berbentuk Spiral?

Galaksi Bimasakti di atas teleskop radio ALMA, Cile. Kredit: A. Duro/ESO

 – Dalam buku-buku sains dan astronomi di sekolah-sekolah, buku untuk umum, artikel di internet, sampai jurnal-jurnal ilmiah menuliskan bahwa galaksi Bimasakti mempunyai bentuk spiral. Tapi, dari mana kita tahu bentuk galaksi kita padahal kita belum pernah melihatnya dari luar?

Sebenarnya, ada beberapa petunjuk yang sanggup menciptakan kita tahu dengan gampang bentuk galaksi kita, tanpa harus merakit pesawat luar angkasa dengan biaya besar untuk meluncur ke luar galaksi dalam rangka sekadar mengetahui bentuknya.

Pertama, kita cukup melihat ke arah sentra galaksi dengan mata kita. Pada bulan-bulan tertentu, galaksi Bimasakti membentang di langit, kita sanggup melihat bentangan Bimasakti ini bagaikan pita awan dan bubuk panjang dan tipis.

Dalam morfologi galaksi, bentuk-bentuk galaksi utama di alam semesta dibedakan menjadi tiga; galaksi spiral, galaksi elips, dan galaksi tak beraturan (tak berbentuk).

Bentuk bentangan Bimasakti yang panjang dan tipis ini menawarkan bahwa kita sedang melihat cakram Bimasakti dari tepiannya. Karena tidak ada bentuk elips yang kita lihat di langit malam, maka dari hal ini saja kita sanggup menyatakan bahwa galaksi kita berbentuk spiral.

Bukti lainnya adalah, para astronom sekarang telah menemukan adanya tonjolan (bulge) di wilayah sentra galaksi Bimasakti. Pada galaksi-galaksi spiral lain yang berada di alam semesta, para astronom juga melihat adanya tonjolan ini. Maka dari itu, Bimasakti berarti mempunyai bentuk yang sama dengan galaksi spiral lain dengan tonjolannya.

Kedua, dikala para astronom mengukur kecepatan bintang-bintang dan gas di galaksi kita, mereka menemui bahwa gerak rotasi keseluruhan bintang tersebut ternyata berbeda serta mempunyai gerakan acak. Hal ibarat ini merupakan salah satu karakteristik dari jenis galaksi spiral.

Ketiga, kita sanggup mengetahui galaksi Bimasakti berbentuk spiral dari material yang dimilikinya. Fraksi gas, warna, dan material bubuk dari galaksi kita ternyata ibarat mirip galaksi spiral lainnya di alam semesta, terutama galaksi spiral tetangga kita, Andromeda.

Jadi, secara keseluruhan, galaksi Bimasakti berbentuk spiral merupakan argumen yang cukup meyakinkan dengan beberapa bukti di atas. Walau begitu, sejauh ini kita masih belum mempunyai gambaran Bimasakti secara utuh, sehingga yang ada hanyalah gambaran rekaan superkomputer dari hasil penelitian gerak bintang.


Sumber: Cornel University, Futurism, Quora.

INFO UPDATE