oleh

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Astronom?

Astronom amatir. Kredit: Getty Images

 – Banyak orang yang menyukai astronomi kemudian ingin menjadi seorang astronom. Siapa itu astronom? Bagaimana cara menjadi astronom dan apa saja yang dilakukan seorang astronom? Artikel ini siap menjadikanmu astronom!

Sebetulnya, ada dua “jenis” astronom di muka Bumi; astronom amatir dan astronom profesional. Dua “jenis” ini bahu-membahu sama saja; sama-sama mengamati langit, tapi ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok.

Oh iya, jangan remehkan arti kata “amatir” dalam astronom amatir. Bukan berarti amatiran identik dengan asal-asalan atau tidak bermutu. Sebutan amatir hanya membedakan diri dengan kata “profesional”, yaitu sesuatu yang dijadikan sebagai pekerjaan atau profesi.

Apa yang dilakukan oleh astronom amatir didasari oleh rasa cinta dan semangat untuk berguru terus-menerus apapun yang berkaitan dengan astronomi. Jika Anda suka mengamati langit malam, suka berguru astronomi dengan membaca-baca buku atau artikel yang berkaitan, Anda ialah astronom amatir.

Menjadi astronom amatir tidak perlu harus tahu banyak perihal astronomi. Memiliki perilaku yang tidak cuek belibis pada apa-apa yang terpampang di langit, contohnya ada kenampakan Venus, maka kita sanggup menyebut diri kita sebagai astronom amatir.

Lalu, apa itu astronom profesional? Sederhananya, astronom profesional ialah astronom amatir yang menyebabkan astronomi sebagai pekerjaan atau profesi utamanya. Pada umumnya jalur pendidikan menuju astronom profesional tidak hanya terpaku pada pendidikan tinggi astronomi, walaupun hal ini sanggup membantu.

Pada intinya, astronom amatir ialah orang yang menyebabkan astronomi sebagai hobi. Sementara itu, astronom profesional lebih lekat dengan studi alam semesta yang mendalam, yakni seseorang yang menggeluti bidang ini ialah mereka yang mempelajari benda-benda langit, planet, Bulan, bintang, bahan gelap, galaksi, dan lain-lain.

INFO UPDATE