oleh

Bagaimana Cara Menjadi Astronot Nasa?

Astronot berpose dikala spacewalk di orbit Bumi. Kredit: NASA

– Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) bertanya di laman khusus astronotnya, apakah Anda cocok untuk menjadi seorang astronot?

Apa yang akan Anda lakukan untuk menjawab pertanyaan itu? Menyanggupinya atau mengalah tanpa berusaha?

Menjadi seorang astronot niscaya lah sangat membanggakan. Anda akan berada di luar angkasa, melayang-layang di ruang hampa udara.

Pernahkah terpikir, apa Anda cocok menjadia astronot? Untuk melamar diri Anda sebagai astronot NASA, Anda harus berkewarganegaraan Amerika Serikat.

Tapi mengapa ada astronot di luar AS yang ikut dalam misi Stasiun Luar Angkasa? Itu alasannya yaitu negara mereka tergabung dalam pembangunan Stasiun Luar Angkasa.

Kecuali jikalau suatu hari Indonesia punya misi ke luar angkasa dan membawa beberapa astronot dalam negeri ke luar angkasa. Anda bisa melamar diri Anda.

Menjadi astronot harus mempunyai keahlian

NASA mengharapkan calon astronotnya memiliki gelar sarjana dari forum yang terakreditasi di bidang teknik, ilmu biologi, ilmu fisika, atau matematika.

Calon astronot NASA juga berpengalaman dalam penerbangan dan sudah mempunyai jam terbang selama 1000 jam.

Jika Anda mempunyai ilmu dan keahlian di atas, Anda akan dengan simpel menggapai mimpi Anda sebagai seorang astronot NASA.

Sehat dan mempunyai kemampuan dalam berenang
Sehat, tentu saja NASA menginginkan calon astronot yang bugar, sehat, dan pandai dalam olahraga renang. Apa hubungannya astronot dengan renang?

Dalam uji coba atau tes yang dilakukan NASA terhadap calon astronotnya, mereka mewajibkan untuk latihan di dalam air, dengan baju astronot.

Hal ini dilakukan alasannya yaitu badan insan di dalam air sama menyerupai di luar angkasa. Di luar angkasa Anda akan mencicipi renang tanpa air. Seru, kan?

Yang paling penting yaitu sehat, dan bukan perokok. Jika Anda seorang perokok, niscaya Anda simpel mengalami kelelahan, kan? Itulah yang disebut tidak sehat.

Selamat menggapai harapan Anda!

INFO UPDATE