oleh

Badai Matahari Munculkan Aurora Ungu Di Swedia Jum’at Dinihari

Aurora ungu di Swedia, 29 Agustus 2014 dinihari. Kredit: Göran Strand

 – Badai Matahari yang muncul pada Selasa, 26 Agustus 2014 telah hingga dan “mengetuk” atmosfer Bumi pada Jum’at, 29 Agustus 2014.

Coronal mass ejection (CME) atau partikel bermuatan yang dilontarkan Matahari pada angin ribut Matahari tersebut menimbulkan munculnya aurora di banyak sekali negara yang erat dengan kutub Bumi.

Salah satunya aurora yang muncul di Östersund, Swedia pada dinihari tadi (29/8). Aurora ini terlihat manis dengan paduan warna ungu dan hijau.

Dipotret oleh astrofotografer Göran Strand, ia berkata, “Pagi buta ini sangat menakjubkan, ini pertama kalinya aku melihat aurora ungu dengan mata kepala aku sendiri!”

“Saya pulang ke rumah pukul 5 pagi (29/8 waktu Swedia), membawa berkas foto aurora sebesar 22 GB, aku akan memprosesnya semoga lebih indah dilihat.”

Aurora memang hanya dapat muncul di kawasan sekitar kutub Utara dan kutub Selatan. Di Utara, aurora disebut Aurora Borealis, sedangkan di Selatan disebut Aurora Australis.

Indonesia yang berada di khatulistiwa tidak akan pernah sekalipun dapat melihat aurora secara ilmiah. Kabar adanya aurora di Jakarta ialah omong kosong belaka.

News Feed