by

Badab-e Surt Fenomena Alam Paling Menakjubkan

Dapatkah Anda bayangkan bahwa bahkan tidak semua warga Nevada tahu tentang keajaiban ini? Fly Geyser terletak di sebuah Fly Ranch pribadi yang membuatnya sangat sulit untuk diakses. Pagar tinggi dan gerbang yang terkunci, menjaga geyser dari wisatawan. Sebenarnya Geyser ini bukanlah fenomena yang benar-benar alami. Ini diawali oleh pengeboran sumur. Setelah beroperasi beberapa dekade air panas bumi menemukan titik lemah dan mulai bocor ke permukaan. Mineral terlarut mulai membentuk “patung”, yang sekarang masih berlangsung. Warna Geyser disebabkan oleh berbagai mineral yang dikandungnya.

Badab-e Surt merupakan situs alami yang berada di desa Orost, provinsi Mazandaran, Iran. Situs tersebut terdiri dari formasi teras travertine yang indah. Jika umumnya teras travertine berselimut nuansa warna biru-hijau dan putih seperti di Pamukkale dan Huanglong, teras travertine di Badab-Surt justru menampilkan warna-warni merah, oranye, dan kuning yang cantik.

Kolam bertingkat-tingkat tersebut tercipta dari kandungan mineral yang mengalami proses pengendapan selama ribuan tahun.

Seperti dilansir situs Amusing Planet, warna-warna indah di Badab-e Surt disebabkan karena dua sumber mata air panas dengan kandungan mineral tinggi. Mata air pertama memiliki air dengan konsentrasi garam yang sangat tinggi. Air hangat ini dipercaya dapat mengobati sejumlah penyakit. Antara lain rematik dan penyakit kulit.

Badab-e Surt
Badab-e Surt
Badab-e Surt
Badab-e Surt

Sementara mata air kedua menyimpan kandungan besi oksida tinggi. Dari sanalah warna-warna cemerlang Badab-e Surt berasal. Selama ribuan tahun, kedua sumber air panas tersebut mengalirkan airnya melalui perbukitan dan perlahan-lahan mengubah tanah yang dilaluinya hingga menjadi terasering alam seperti sekarang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed