oleh

Astronom Temukan Galaksi Muda Di Bersahabat Galaksi Bima Sakti

Foto galaksi DDO 68 yang diambil memakai Teleskop Antariksa Hubble. Kredit: NASA

– Percaya atau tidak, namun faktanya semakin jauh kita melihat ke luar angkasa, semakin kita melihat ke masa lalu.

Pernyataan itu merupakan prinsip penting dari astronomi modern, lahir di tamat tahun 1920-an ketika Edwin Hubble menyadari bahwa alam semesta kita mengembang.

Apakah Anda tahu bahwa Anda mempunyai kehebatan? Yakni mata Anda dan insan lain sanggup melihat objek langit yang jauhnya lebih dari 13 miliar tahun cahaya (1 tahun cahaya = 9,4 triliun km), dan dengan demikian kita melihat keadaan objek langit pada 13 miliar tahun yang lalu.

Itu juga berarti, galaksi spiral terdekat Bima Sakti, Sang Andromeda merupakan kenampakanya 2,5 juta tahun yang kemudian ketika kita amati lewat mata telanjang di langit malam.

Dan kemudian ada galaksi DDO 68, atau dikenal sebagai UGC 5340, berjarak hanya 39 juta tahun cahaya. Galaksi ini terlihat gres terbentuk (pada foto di atas), namun apakah benar demikian?

Gambar di atas menyampaikan galaksi DDO 68 yang diamati dan dipotret memakai Teleskop Antariksa Hubble yang ditempatkan di orbit Bumi di luar angkasa.

Dengan mempelajari galaksi pada aneka macam jarak –dan otomatis aneka macam usia– astronom telah menemukan bahwa galaksi muda intinya berbeda dari galaksi yang lebih tua. DDO 68 terlihat menjadi relatif muda menurut struktur, penampilan, dan komposisi.

Galaksi yang gres terbentuk berisi bintang dengan komposisi seolah-olah dengan bahan primordial yang tercipta ketika Big Bang (hidrogen, helium dan lithium kecil).

Sedangkan galaksi renta diperkaya dengan unsur yang lebih berat (para astronom biasa menyebutnya logam) yang tercipta dalam bintang, selama beberapa generasi.Galaksi renta juga mempunyai bentuk dan struktur galaksi pada umumnya.

DDO 68 sepertinya minim unsur-unsur yang lebih berat. Atau mungkin belum, dan tidak ada yang tahu mengapa.

Teleskop Hubble memperoleh gambar ini ketika melaksanakan pengamatan untuk mempelajari sifat-sifat cahaya galaksi, dan untuk mengkonfirmasi apakah ada atau tidak ada bintang yang lebih renta di DDO 68.

Para astronom menyampaikan mereka membutuhkan pemodelan komputer yang lebih rinci dari galaksi kerdil DDO 68 ini untuk memastikan apakah ia galaksi muda atau galaksi tua. Menarik? Tentu hanya untuk sebagian orang yang menyayangi astronomi.

INFO UPDATE