oleh

Astronom Amatir Telah Temukan 42 Eksoplanet

— Sebuah tim astronom amatir telah berhasil menemukan 42 eksoplanet asing, termasuk sebuah planet raksasa seolah-olah Jupiter yang berpotensi layak huni dengan memilah-milah data dari pesawat ruang angkasa NASA.

Empat puluh relawan dalam proyek the crowd-sourcing Planet Hunters project menemukan calon planet baru, meliputi 15 planet yang berpotensi layak huni dan planet PH2 b, sebuah planet yang berukuran seolah-olah Jupiter yang dikonfirmasi berada dalam zona layak huni.

Ini yang kedua kalinya proyek Planet Hunters yang diawasi oleh Zooniverse, mengonfirmasi temuan planet baru. Terlebih lagi, beberapa kandidat planet yang ditemukan mungkin dalam zona layak huni dari bintang induknya. Dan menunggu untuk dikonfirmasi oleh astronom profesional.

“Ini ialah calon planet yang lolos dari pandangan ilmuwan dan diselamatkan oleh para relawan di depan browser web mereka,” kata University of Oxford Chris Lintott dalam sebuah pernyataan.

Hidup Seperti “Avatar” Di Bulan

Planet PH2 b ditemukan dengan memakai data dari Teleskop Ruang Angkasa NASA Kepler dan dikonfirmasi 99,9 persen oleh pengamatan di WM Keck Observatory di Hawaii.

PH2 b dianggap terlalu besar untuk menjadi sebuah daerah untuk kehidupan. Namun, setiap bulan yang mengorbit planet ini dapat menjadi kandidat besar lengan berkuasa untuk layak huni, kata para astronom. Suhu atmosfer di planet ini berkisar antara 86 dan -126 derajat Fahrenheit (30 dan -88 derajat Celsius) di zona layak huni.

“Setiap satelit alam yang mengelilingi planet ini, mungkin dapat dihuni,” ujar Ji Wang, seorang peneliti postdoctoral di Universitas Yale. Dia ialah penulis utama dari makalah perihal inovasi ini yang telah disampaikan kepada Astrophysical Journal dan tersedia di situs arXiv.

“Ini sangat seolah-olah dengan apa yang digambarkan dalam film ‘Avatar’. Bulan pandora yang dihuni di sekitar planet raksasa, Polyphemus.” tambah Wang.

Sebuah Cahaya Yang Redup

Relawan menemukan planet PH2 b dengan melihat bintang induknya. Sebagai planet yang lewat di depan bintang, kecerlangan bintang ini meredup dilihat dari bumi.

Ini ialah salah satu dari dua teknik yang biasa dipakai untuk menemukan eksoplanet. Pemburu Planet meliputi partisipasi dari Oxford, Yale, dan beberapa forum lainnya.

Planet Hunters telah menemukan 48 kandidat planet sejauh ini. Penemuan pertama mereka, planet PH1, ditemukan pada Oktober 2011.

Untuk mempelajari cara berpartisipasi dalam proyek Planet Hunters, silahkan kunjungi: Situs Resmi Planet Hunters. [space]

INFO UPDATE