Home Info Menarik Arti Dari Lambang Pataka Kopassus

Arti Dari Lambang Pataka Kopassus

0
78

Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus ialah bab dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, Indonesia. Kopassus mempunyai kemampuan khusus ibarat bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. 

Tugas Kopasus Operasi Militer Perang (OMP) diantaranya Direct Action serangan pribadi untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus). Selain itu, Tugas Kopasus Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya Humanitarian Asistensi (bantuan kemanusiaan), AIRSO (operasi anti insurjensi, separatisme dan pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian/pemerintah, SAR Khusus serta Pengamanan VVIP.

Prajurit Kopassus sanggup gampang dikenali dengan baret merah yang disandangnya, sehingga pasukan ini sering disebut sebagai pasukan baret merah. Kopassus mempunyai moto “Berani, Benar, Berhasil”.

Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus ialah bab dari Komando Utama  Arti dari Lambang Pataka Kopassus

Lambang atau gambar yang terdapat pada Pataka Kopassus sama dengan emblem yang dikenakan setiap anggota di baretnya. Mula-mula emblem dirancang oleh Letnan dua Inf Dodo Sukanto tahun 1955 selaku perwira Biro Pengajaran yang dibantu oleh juru gambarnya Sersan Hasan



.Lambang memadukan unsur Komando (gambar pisau komando), unsur maritim atau air (digambarkan dalam bentuk jangkar) dan udara (digambarkan sepasang sayap) yang dibingkai oleh tali komando. Pada tahun 1964, lambang tersebut dirampingkan dengan menempatkan gambar pisau komando dibagian depan, tetapi gambar dan tandanya pada prinsipnya tidak berubah. Lambang itulah yang dipergunakan hingga kini ibarat terlihat di emblem baret maupun di Pataka Kopassus.

Arti dari sesanti Tribuana Chandraca Satya Dharma:

TRIBUANA atau Tiga Jagad:

1. Sebagai insan hamba Tuhan yang diciptakan sebagai makhluk yang paling tepat maka dalam pribadinya terdiri dari tiga unsur yaitu cipta, rasa dan karsa yang harus diaktualisasikan sebagai karya nyata.

2. Sebagai prajurit harus bisa berkiprah di tiga matra yaitu darat, maritim dan udara.

CHANDRACA:

1. Sebagai senjata ampuh berbentuk tombak bermata tiga dan hanya dipakai pada dikala terakhir dalam pertempuran.

2. Senjata ampuh yang berbentuk kecil menggambarkan bahwa Pasukan Khusus meletakkan kemampuan di atas jumlah dan dipakai untuk tugas-tugas yang bernilai strategis.

SATYA DHARMA
Kesetiaan dan pengabdian sebagai sifat yang tidak terpisahkan dari sifat luhur prajurit yang dijiwai Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

Sumber: Wikipedia dan dictio.id