oleh

Apa Yang Dimaksud Dengan Server

Hidup di kala kini, beberapa perangkat elektronik yang biasa kita gunakan terhubung dengan Server. Seperti penggunaan Handphone, mesin  ATM yang biasa kita pakai, mengesek kartu, check in tiket di Bandara, mengakses internet dari warnet dan lain lainya, semua sistem gosip ibarat pola tadi  selalu terkoneksi ke server.


Pengertian Server (Indonesia: peladen) yaitu sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol saluran terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, ibarat halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memperlihatkan saluran kepada workstation anggota jaringan.(http://id.wikipedia.org)

Jenis Server :
1. Server Aplikasi (Application server)
2. Server Data (Data Server)
3. Server Proxy (Proxy Server).

Fungsi server :
 

1. Server Aplikasi
Server yang dipakai untuk menyimpan banyak sekali macam aplikasi yang sanggup diakses oleh client, server data sendiri dipakai untuk menyimpan data baik yang dipakai client secara pribadi maupun data yang diproses oleh server aplikasi.

2. Server Proxy
Berfungsi untuk mengatur kemudian lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

INFO UPDATE