oleh

Apa Yang Bakal Terjadi Dikala Dua Galaksi Bertabrakan?

Tabrakan galaksi NGC 4038. Kredit: NASA/ESA/Hubble

 – Tabrakan galaksi atau interaksi galaksi dengan galaksi lain merupakan hal yang umum di alam semesta. Bahkan, tabrakan dan penyatuan antara beberapa galaksi yaitu salah satu unsur utama yang mendorong evolusi galaksi. Lalu, apa bergotong-royong yang terjadi ketika dua galaksi bertabrakan?

Menurut penelitian dan pengamatan yang telah dilakukan para astronom, diketahui kebanyakan galaksi di alam semesta ketika ini mungkin berinteraksi ataupun bertabrakan dengan galaksi lain pada ketika mereka terbentuk.

Sebuah galaksi sanggup terdiri dari sekitar 100 miliar bintang. Anda mungkin akan berpikir bahwa dalam tabrakan antara dua galaksi, maka akan ada tabrakan antara bintang-bintang tak terhitung jumlahnya itu, kan? Namun faktanya, dalam tabrakan galaksi tersebut, kemungkinan dua bintang untuk bertabrakan hampir 0.

Hal ini disebabkan lantaran meskipun ada sangat banyak bintang di sebuah galaksi, kepadatan bintang-bintangnya tidak terlalu besar lantaran ukuran galaksi yang sangat besar. Dengan kata lain, ukuran dari setiap bintang sangat kecil dibandingkan dengan jarak rata-rata di antara mereka. Setiap bintang ini hanya akan berinteraksi melalui gravitasinya, tanpa bertabrakan sedikitpun!

Walau begitu, ruang antara bintang-bintang di galaksi tidaklah kosong: alias dipenuhi gas dan bubuk antarbintang. Material ini akan berinteraksi ketika dua galaksi bertabrakan. Jika terjadi ukiran antara gas dan bubuk pada galaksi yang bertabrakan, maka akan mengakibatkan munculnya gelombang kejut yang sanggup memicu pembentukan bintang baru.

Tabrakan galaksi sampai menyatunya dua galaksi yang bertabrakan sanggup memakan waktu jutaan sampai miliaran tahun. Ketika kedua galaksi yang bertabrakan sudah benar-benar menyatu, mereka biasanya membentuk galaksi yang lebih besar dengan bentuk elips.

Jadi, tabrakan galaksi tidak seburuk yang dipikirkan sebelumnya, kan? Gambar di atas merupakan hasil dari tabrakan galaksi NGC 4038. Saat ini NGC 4038 sedang dalam proses penyatuan dan diperkirakan beberapa juta tahun lagi akan menjadi galaksi elips raksasa yang sempurna.

INFO UPDATE