Apa Sih Oracle Kelebihan Dan Kekurangannya ?

0
21

Oracle yaitu relational database management system (RDBMS) untuk mengelola info secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif alasannya kemampuannya dalam mengolah data. Oracle Database yaitu sebuah Sistem Database yang cukup terkenal. Sistem ini telah banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan populer baik dalam negeri maupun luar negeri.



Kelebihan ORACLE

  1. Scalability, kemampuan menangani banyak user yang melaksanakan koneksi secara simultan tanpa berkurangnya performance secara signifikan. Dalam dokumentasinya, Oracle menyebutkan bahwa database Oracle sanggup melayani puluhan ribu user secara simultan;
  2. Reliability yang bagus, yaitu kemampuan untuk melindungi data dari kerusakan jikaterjadi kegagalan fungsi pada sistem menyerupai disk failure;
    Stability, yaitu kemampuan untuk tidak crash alasannya beban yang tinggi
    Availability,yaitu kemampuan dalam penanganan crash atau failure biar service tetap;
    Multiplatform, sanggup dipakai pada banyak sistem operasi sepertiWindows, Unix, Linux dan Solaris;
  3. Mendukung data yang berukuran besar. Berdasarkan dokumentasinya, Oracle sanggup menampung data hingga 512 petabyte(1 petabyte= 1024 terabyte);
  4. Security yang cukup handal;
  5. Ketika kita mengakses database dan kemudian ada tragedi menyerupai listrik mati  contohnya maka data yang sudah kita simpan tidak rusak/hilang. Oracle mempunyai kemampuan flashback, sehingga semua jenis transaksi yang salah akan sanggup dikembalikan. 
  6. Memiliki kemampuan Technology Cluster Server, dimana jikalau terdapat lebih dari satu unit server contohnya 100 unit server maka Oracle sanggup menimbulkan 100 unit servertersebut aktif bekerja bersama sebagai 100 aktif server.

Kekurangan ORACLE

  1. Merupakan software DMBS yang paling mahal, paling rumit, dan paling sulit untuk dipelajari;
  2. Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk sanggup menjalankan Aplikasi;
  3. Hanya diperuntukan bagi perusahaan berukuran besar, dan kurang cocok untuk perusahaan kecil maupun menengah;
  4. Harga yang sangat mahal untuk sebuah database dan penggunaan Oracle sangat memakan banyak biaya, mulai dari device hingga diperlukannya DBA yang handal.

Tipe Data ORACLE

Tipe data yaitu suatu pembagian terstruktur mengenai atau suatu jenis dari suatu info atau data tertentu. Didalam Oracle database menyediakan sebuah built-in tipe data serta beberapa kategori tipe data untuk jenis yang sanggup di tentukan oleh pengguna dan sanggup dipakai oleh penggunannya. selanjutnya ada beberapa klarifikasi mengenai tipe-tipe data yang terdapat didalam Oracle:

  1. CHAR (Size), yaitu string dengan panjang abjad tetap sebesar ukuran (Size). Tipe data ini mempunyai kemampuan menyimpan karakter. Dan dalam penyimpanannya Oracle pun memilih bahwa nilai yang disimpan dalam tipe data CHAR ditentukan oleh ukuran, jikalau anda memasukan sebuah nilai yang ukurannya lebih pendek dari ukuran panjang kolom maka Oracle akan mengisikan nilai kosong pada untuk ukuran panjang kolom yang tersisa, dan jikalau anda mengisikan nilai yang telalu panjang dari ukuran kolom maka Oracle akan menghasilkan pesan ERROR. Karena tipe data CHAR mempunyai nilai maksimum penyimpanan nilai yaitu hanya sebesar 2000 bytes.
  2. VARCHAR2,  tipe data ini menempatkan string variabel panjang. Saat anda menciptakan tipe data VARCHAR2 anda akan dimintai menyertakan jumlah maksimal byte atau abjad data yang sanggup diisikan kedalamnya. Dan kemudian Oracle akan menyimpannya asalkan nilai yang anda masukan tidak melebihi batas maksimum kolom tersebut, tetapi apabila anda memasukan nilai melebihi dari batas yang di tentukan maka Oracle akan menampilkan pesan ERROR. Dan maksimum ukuran yang sanggup disimpan oleh tipe data VARCHAR yaitu sebesar 4000 bytes.
  3. NUMBER, tipe data NUMBER ini mempunyai presisi p dan s digit dibelakang koma apabila anda  mengabaikan p dan s berarti dianggap sebagai tipe number floating point. Tipe data ini menyimpan bilangan interger hingga maksimum dari digit integer tersebut.
  4. DATE, Tipe data DATE ini mempunyai fungsi untuk menyimpan waktu dan tanggal didalam sebuah informasi, dengan komponen waktu yang dibulatkan ke detik terdekat. Untuk sanggup menampilkan tipe data tersebut dalam teks harus memakai fungsi to_char.
  5. LONG, tipe data LONG mempunyai abjad dengan ukuran panjang yang bervariasi, hingga mencapai 2 GB(tipe data menyerupai ini tidak sanggup dipakai sebagai primary key). Kolom LONG mempunyai banyak karakteristik kolom VARCHAR2. Anda sanggup memakai kolom LONG untuk menyimpan string teks panjang. Panjang nilai LONG mungkin dibatasi oleh memori yang tersedia pada komputer Anda.
  6. LONGRAW, Tipe data LONG RAW berupa binary data dengan ukuran maksimal 2 GigaBytes tidak dikonversi oleh oracle (data mentah apa adanya, spasi dihitung 1 karakter). Dapat dipakai untuk menyimpan grafik, sound, dokumen, atau array data biner, yang penafsirannya tergantung pada penggunaan masing-masing.
  7. TIMESTAMP, tipe data TIMESTAMP ini menyerupai dengan date. Tetapi di dalam tipe ini terdapat komponen waktu yang sanggup pribadi ditampilkan tanpa harus mengubahnya terlebih dahulu dengan fungsi to_char.
  8. CLOB, tipe data CLOB ini memperbolehkan penyimpanan objek dengan ukuran yang sangat besar sekitar 4 GB. Clob menyerupai sekali dengan VARCHAR2 hanya saja tipe data ini mempunyai kapasitas maksimum yang lebih besar.
  9. BLOB, tipe data BLOB ini memperbolehkan penyimpanan objek binary yang besar dan tidak terstruktur. Contoh dari tipe data blob yaitu bunyi dan video.
  10. RAW, tipe data RAW berupa binary data dengan ukuran maksimal 255 bytes. Dapat dipakai untuk menyimpan data yang tidak secara eksplisit dikonversi oleh Oracle database dikala memindahkan data antar sistem yang berbeda.