by

Apa Sih Amp (Accelerated Web Pages) Dan Manfaatnya?

AMP (Accelerated Web Pages) merupakan halaman website dengan desain khusus supaya website mobile friendly, walaupun sebelumnya website tersebut sudah mobile friendly  dengan AMP akan lebih diminimalkan lagi, sehingga proses load website tersebut akan lebih cepat bahakan kecepatan samapi 4x lebih cepat.

Website yg memakai AMP ada tanda logo “petir”


Nah ketika berselancar dengan smartphone Anda tidak jarang anda menemukan logo Petir pada hasil pencarian, itulah yang dinamakan dengan AMP (Accelerated Web Pages). Lalu apa Sih bahwasanya maksud dan fungsi dari AMP tersebut?

Halaman website yang memakai AMP ibarat yang dilansir dari website penyedia AMP https://www.ampproject.org/id/ ada hukum wajib yang harus diikuti oleh developer dalam penggunaan AMP tersebut ibarat A:

Mulai dengan tipe dokumen
<!doctype html>           

Berisi tag
 <html >

tingkat atas
<html amp>

Berisi tag
<head>

dan

<body> 
(Keduanya opsional dalam HTML).

Berisi tag
 <link rel=”canonical” href=”$SOME_URL” />

dalam bab kepala yang menunjuk pada versi HTML reguler dari dokumen AMP HTML atau menunjuk pada dirinya sendiri kalau tidak ada versi HTML ibarat itu.

Berisi tag
<meta charset=”utf-8″>

sebagai anak pertama dari tag kepalanya.

Berisi tag
 <meta name=”viewport” content=”width=device-width,minimum-scale=1″>

di dalam tag kepalanya. Juga disarankan untuk menyertakan initial-scale=1.

Berisi tag

<script async src=”https://cdn.ampproject.org/v0.js”></script>

sebagai elemen terakhir dalam kepalanya (ini meliputi dan memuat pustaka AMP JS).

Berisi yang berikut dalam tag :
 <head>
<style amp-boilerplate>body{-webkit-animation:
-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both;
-moz-animation:-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both;
-ms-animation:-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both;
animation:-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both}@-webkit-keyframes
-amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@-moz-keyframes
-amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@-ms-keyframes
-amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@-o-keyframes
-amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@keyframes
-amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}</style>

<noscript><style amp-boilerplate>body{-webkit-animation:none;
-moz-animation:none;-ms-animation:none;animation:none}
</style>
</noscript>

Pada hukum diatas yaitu hukum kalau Anda akan menciptakan halaman AMP secara programming manual, pada cms tertentu misalkan wordpress. Anda tinggal melaksanakan instalasi plugin AMP lalu konfigurasikan sesuai dengan ketentuan plugin tersebut.

dan biasanya pada halaman yang sudah teritegrasi dengan AMP, terdapat tombol untuk merubah kembali tampilan mobile biasanya (original version). Pada google webmaster (google search console) tersedia sajian untuk pengecekan AMP, google akan menilai website Anda apakah sudah memenuhi hukum dan sudah terintegrasi dengan AMP? Jika belum silahkan gunakan engine AMP tersebut dan mulailah integrasikan dengan website Anda. Jika sudah, akan menjadi nilai tambah bagi Website Anda dalam ranking pencarian dalam google search.

Nah, Meskipun AMP masih tergolong gres dan perlu banyak perbaikan, namun manfaat penggunaan AMP sudah sanggup dirasakan. Beberapa manfaat atau kelebihan dari AMP diantaranya:


  1. Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari, Meskipun AMP bukan jaminan SEO, tetapi kalau kita memperhatikan meningkatkan secara optimal SEO maka terdapat hal penting yaitu kecepatan loading halaman. Kecepatan kanal memungkinkan blog menempati peringkat baik di SERP, apalagi kalau diimbangi dengan isi konten yang berkualitas.
  2. Halaman Menjadi Sangat Ringan, AMP dibangun oleh tiga komponen penting yaitu AMP HTML, AMP JS, dan Google AMP cache. Ketiga komponen tersebutlah yang menciptakan halaman blog menjadi sangat ringan, sehingga kecepatan kanal meningkat. 
  3. Dan tidak hanya itu, pengguna juga sanggup menghemat data internet. Biasanya pengunjung yang tiba ke blog kita hanya mencari info yang diinginkan saja, sesudah itu pribadi pergi begitu saja alasannya yaitu takut data internetnya akan habis. Nah, kalau pemilik blog memakai custom AMP maka pengunjung tidak perlu takut kehabisan data internet sehingga sanggup leluasa mencari informasi-informasi terkait.

Key search : template Blog AMP, donwload template blog amp, ciri blog website sudah pakai AMP
 

News Feed