oleh

Apa Perut Hamil Dapat Berlipat? Simak Penjelasannya

Apakah perut hamil dapat berlipat ? Mungkin ketika ini Anda sedang mencari isu perihal bentuk perut ibu hamil yang mengalami perubahan dari sebelum hamil.

Sebagaimana kita ketahui, kehamilan ialah momen yang sangat dinantikan kehadirannya oleh semua pasangan suami istri. Dengan kehamilan, kebahagiaan rumah tangga menjadi lebih sempurna.

Masa kehamilan akan dijalani dengan nyaman dan menyenangkan jikalau tidak ada keluhan kehamilan yang tiba silih berganti. Untuk itu, ibu hamil harus terus menjaga kesehatan fisik dan psikisnya guna mendapat kehamilan yang nyaman dan aman.

Ilustrasi (sumber : pexels.com)

Ibu hamil pertama kali kadang merasa aneh dan seakan tak percaya dengan perubahan bentuk tubuh yang terjadi pada dirinya. Misalnya, bentuk perut yang menjadi gendut, kaki jadi besar dan pipi menjadi lebih tembem.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.Toplintas.com akan membahas isu perihal perut ibu hamil yang menjadi berlipat, kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Apakah Perut Hamil Bisa Berlipat ?

Ciri perut perempuan hamil cukup beragam, mulai dari yang berbentuk biasa, membesar bahkan ada yang berlipat. Memang setiap ibu hamil tidak sama bentuk perutnya, tapi Anda tak perlu hilang rasa percaya dirinya hanya gara-gara terjadi perubahan bentuk fisik ketika hamil.

Jangan takut akan perubahan bentuk fisik selama hamil alasannya ialah besuk sesudah melahirkan dapat kembali normal dan langsing lagi. Ciri hamil pada perut lainnya yakni perubahan warna kulit yang terlihat lebih gelap dan agak tebal. Perut ibu hamil itu sendiri dapat berlipat atau tidak tergantung usia kehamilannya.

Penyebab Perut Hamil Berlipat

Sebagian ibu hamil mengeluhkan perubahan pada bentuk perutnya yang terlihat aneh, salah satunya ialah perut menjadi berlipat. Penyebab perut hamil berlipat pada setiap ibu hamil tentu berbeda-beda.

Pertama, perut berlipat alasannya ialah memang kondisi ibu hamil yang gemuk sehingga kondisi hamil atau tidak hamil seakan tidak ada perbedaannya. Kedua, ibu hamil yang badannya langsing mengalami perubahan bentuk perut seiring bertambahnya usia kehamilan. Lebih jelasnya, silakan simak ulasan di bawah ini!

Perut Ibu Hamil 2 Bulan

Usia kehamilan satu sampai dua bulan biasanya belum banyak terjadi perubahan bentuk fisik, terutama perut. Perut ibu hamil trimester pertama umumnya masih terlihat biasa saja, tak jauh beda dengan sebelum hamil.

Janin usia kehamilan 2 bulan gres sebesar biji salak sehingga bentuk perut belum berubah. Hal mencolok yang menjadi tanda hamil 2 bulan ialah morning sickness (mual muntah) dan telat tiba bulan.

Perut Ibu Hamil 3 Bulan

pada usia kehamilan ini, ibu hamil mengalami puncak morning sickness sehingga mensugesti perubahan berat tubuh menyusut sampai 5 kilo. Adapun bentuk perut pada usia kehamilan 3 bulan masih terbilang biasa dan belum terlihat lipatan perut.

Untuk menyikapi dilema penurunan berat tubuh sebaiknya konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil seperti jus buah segar, buah, sayur dan kuliner sehat lainnya.

Perut Ibu Hamil 4 Bulan

Bentuk perut usia kehamilan 4 bulan sudah mulai ada perubahan yaitu perut terasa lebih penuh. Jangan terlalu pusing memikirkan perubahan bentuk perut Anda apabila tidak ada keluhan kehamilan yang dirasakan.

Perut Ibu Hamil 5 Bulan

pada usia ini, ibu hamil merasa lebih begah, kembung dan terlihat ada lipatan di perut. Kosultasikan ke dokter jikalau Anda merasa ada yang aneh dengan kehamilan Anda. (silakan baca: mengatasi perut begah (kembung) ketika hamil)

Perut Ibu Hamil  6 dan 7 Bulan

Pada usia kehamilan ini, bentuk perut ibu hamil berlipat dan membesar alasannya ialah janin dalam kandungan sudah mulai membesar. Untuk mengetahui kondisi janin, silakan lakukan investigasi USG ke dokter kandungan terdekat.

Demikian ulasan perihal perut ibu hamil berlipat, biar bermanfaat.

INFO UPDATE