oleh

Apa Itu Perintah Ping Dan Cara Test Ping Dari Personnal Computer Anda

Ping yakni salah satu perintah yang berjalan di atas protokol ICMP (Internet Control Message Protocol) untuk mengecek komunikasi yang terjadi antar komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. Nah, ketika melaksanakan perintah Ping,  akan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request messages pada ip address komputer yang dituju dan meminta respons balik dari komputer tersebut.

Untuk menjalan perintah PING dengan memakai fitur  Command Prompt (pada Windows), Cara melaksanakan test ping dari Personal Computer  anda menyerupai berikut ini :

  1. Buka Command Prompt, Start -> Program -> Accessories -> Command Prompt atau dengan mengetik cmd dari RUN.
  2. Pada Command Prompt ketik perintah ping ip address parameter (parameter diberikan sesuai keperluan). Misalnya perintah ping 203.84.136.33

Jika koneksi lancar dan tidak ada gangguan maka akan muncul pesan reply
Jika koneksi terputus atau ada dilema maka akan muncul pesan “Request Timed Out”. Anda juga sanggup melaksanakan test ping eksklusif ke domain name (tanpa perlu mengetikkan ip addressnya) , pola “ping google.com”.

Contoh Hasil Ping : 

 


Jika komputer sasaran memperlihatkan respond komunikasi  maka komputer tersebut memperlihatkan warta menyerupai pola PING report yang anda berikan yaitu:

bytes=32 time=49ms TTL=54

Cara membacanya menyerupai ini :

Bytes memperlihatkan : besar request packet yang dikirimkan.
Time memperlihatkan : nilai “round trip delay” : memperlihatkan waktu yang diharapkan packet yang anda kirimkan untuk mencapai komputer yang dituju.
Nilai ini dihitung dengan membagi dua selisih waktu PING packet mulai dikirimkan dengan waktu response dari PING packet diterima.

Sedangkan TTL merupakan nilai “Time-To-Live” yang dipakai untuk mencegah adanya circular routing pada suatu jaringan. Dengan mengurangi nilai TTL awal yaitu 128 dengan nilai TTL tamat maka sanggup dihitung banyaknya hop yang dilalui dari komputer asal ke komputer tujuan. Setiap kali packet PING  melalui sebuah ip address maka nilai TTL nya akan dikurangi satu. Sehingga jikalau TTL mencapai nilai nol, PING packet akan di-discard / di-drop dan hasil PING memperlihatkan : “TTL expired in transit”.

Apabila utilitas ping memperlihatkan hasil yang kasatmata maka kedua komputer tersebut saling terhubung di dalam sebuah jaringan. Hasil statistik keadaan koneksi ditampilkan dibagian akhir. Kualitas koneksi sanggup dilihat dari besarnya waktu bolak-balik (roundtrip) dan besarnya jumlah paket yang hilang (packet loss). Semakin kecil kedua angka tersebut, semakin manis kualitas koneksinya.

Selanjutnya dari klarifikasi diatas, jadi  Fungsi PING  yakni untuk :

  1. Mengetahui status up/down komputer dalam jaringan.
  2. Kita sanggup mengecek apakah sebuah komputer up/down memakai perintah PING, jikalau komputer tersebut memperlihatkan response terhadap perintah PING yang kita berikan maka dikatakan bahwa komputer tersebut up atau hidup.
  3. Memonitor availability status komputer dalam jaringan.
  4. PING sanggup dipakai sebagai tool monitoring availibilitas komputer dalam jaringan yang merupakan salah satu indikator kualitas jaringan yaitu dengan melaksanakan PING secara periodik pada komputer yang dituju. Semakin kecil downtime, semakin manis kualitas jaringan tersebut.
  5. Mengetahui responsifitas komunikasi sebuah jaringan.
  6. Besarnya nilai delay atau latency yang dilaporkan oleh PING menjadi indikasi seberapa responsif komunikasi terjadi dengan komputer yang dituju. Semakin besar nilai delay memperlihatkan semakin lamban respons yang diberikan. Sehingga nilai delay ini juga sanggup dipakai sebagai indikator kualitas jaringan.

Contoh – pola penggunaan Ping:

ping 192.168.1.2 –t
Paket akan dikirimkan terus menerus hingga ada aksentuasi tombol Ctrl + C.

ping 192.168.1.2 -n 32
Jumlah ajakan echo yang dikirimkan berjumlah 32 byte

ping 192.168.1.2 -l 32
Jumlah buffer yang dikirimkan sebanyak 32 byte

ping 192.168.1.2 -n 32
Jumlah waktu (timeout) untuk menunggu respon dalam satuan milidetik. Pada pola diatas waktu yang dibutuhkan yakni 1 milidetik.

ping 203.84.136.33 -n 100
Tambahan parameter -n 100 yang akan menghasilkan reply sebanyak 100 kali.

Sebagai tambahan, parameter yakni suplemen kelengkapan perintah dari suatu perintah utama. Dalam pembahasan ini, ping memiliki banyak parameter, diantaranya yakni -t (terus menerus), -n angka (ditentukan menurut angka) dan lainnya.


News Feed