oleh

Adab Sebelum Tidur Rasulullah SAW

Adab Sebelum Tidur Rasulullah – Meskipun hanya tidur bukan bermakna seenaknya saja. Tidurlah dengan pakaian yang pantas, jangan memakai pakaian yang menyiksa raga, seperti ketat dan menyesakkan sehingga mengganggu ketentraman tidur. Ada baiknya sebelum tidur membersihkan tempat tidur supaya sangat nyaman. Jangan sampai lupa berdo’a dan berzikir agar terhindar dari godaan setan dalam mimpi.

Rasulullah tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Rasulullah selalu mengajak umatnya supaya selalu bangun sebelum waktu shubuh serta melakukan sholat shubuh di masjid. Selain memperoleh pahala, dengan berjalan ke masjid, kami akan menghirup udara shubuh yang segar dan berisi oksigen. Karena itu orang yang suka bangun pagi dan menghirup udara pagi punya paru-paru yang lebih kuat dan sehat. Disamping itu, udara shubuh bisa memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan. Keuntungan yang akan diperoleh merupakan badan sehat, otak cerdas, penghidupan lapang dan mendapatkan kebaikan di dunia akhirat.

Sebelum tidur dianjurkan untuk berdoa, sebagaimana Rasulullah mencontoh doa sebelum tidur, “Dengan nama-Mu ya Tuhan, aku hidup dan aku mati” (HR. Bukhari dan Muslim).

Setiap perikehidupan di muka bumi ini tentunya memiliki aturan dan adab atau tata cara yang baik dalam melakukan sesuatu. Terutama bagi umat islam, begitu banyak pesan Rasulullah SAW tentang tata cara yang baik dalam melakukan segala hal salah satunya Tips Sehat Ala Rasulullah yang sering beliau lakukan. adapun adab sebelum tidur yang harus lakukan sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam hal ini, Rasulullah SAW pernah mengajarkan secara langsung pada istri tercantiknya yakni Siti Aisyah ra. Rasulullah berpesan pada Siti Aisyah: “Wahai Aisyah, jangan engkau tidur sebelum melakukan 4 perkara, yakni:

  1. Sebelum khatam Al-Qur’an
  2. Sebelum membuat para nabi memberimu syafaat di hari akhir
  3. Sebelum orang-orang muslim meridhaimu
  4. Sebelum engkau laksanakan haji dan umrah.

Siti Aisyah pun bertanya pada rasulullah SAW: “Wahai rasul, gimana aku bisa melakukan 4 perkara dalam waktu seketika?

Rasulullah SAW tersenyum dan bersabda: “Jika engkau akan tidur, bacalah surah Al-Ikhlas 3 kali maka seolah-olah engkau mengkhatamkan Al-Qur’an. Kemudian, bacalah shalawat untukku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberi syafaat di hari kiamat. Setelah itu, beristighfarlah untuk orang-orang muslim maka mereka akan meridhaimu. Terakhir, perbanyaklah bertasbih, tahmid, tahlil, takbir, maka seolah-olah anda sudah melakukan ibadah haji dan umrah.

Posisi Tidur Ala Nabi Muhammad SAW

Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan Rasulullah saw berkenaan dengan tidur yang mungkin kami tidak tahu selama ini tetapi perlu kami ketahui sekarang supaya kami bisa lebih mengenal orang yang paling kami sayangi didunia ini setelah Tuhan swt ini, yakni:

  1. Rasulullah saw punya kebiasaan tidur pada awal malam kemudian bangun pada permulaan paruh kedua malam. Pada saat itu beliau bangun kemudian bersiwak, berwudhu dan melakukan sholat tahjud
  2. Rasulullah SAW selalu tidur dalam keadaan miring, terutama dalam posisi miring ke kanan
  3. Terus berdzikir sampai tertidur
  4. Rasulullah saw gak pernah tidur dalam kondisi perut penuh makanan dan minuman
  5. Rasulullah SAW gak pernah tidur di atas tanah tanpa alas dan gak pernah tidur di atas kasur yang terlalu tinggi pula. Minimal beliau memakai kasur yang berisi sabut, menngunakan bantal dan kadang-kadang menaruh tangannya di bawah pipi.
  6. Berwudhulah seperti wudhu saat akan sholat
  7. Bacalah do’a sebelum tidur.
  8. Bacalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas dalam posisi berbaring.
  9. Berbaringlah dengan memiringkan tubuh ke arah kanan
  10. Taruh tangan kanan di bawah pipi sebelah kanan;
  11. Dan tidurlah dengan tenang .

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE