oleh

9 Daftar Daerah Wisata Di Solo Yang Wajib Kau Kunjungi

9 Daftar Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi – Kota Solo menjadi salah satu kota yang selalu menjadi tempat wisata di Solo yang terkenal yang layak masuk ke daftar tujuan Anda.

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Siti Hinggil Keraton Surakarta, Wikipedia

Salah satu bukti bahwa kota Solo memang menyimpan sejarah dan ikatan budaya yang berpengaruh yaitu adanya keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Keraton ini memang berbeda dengan keraton yang ada di Yogyakarta yang memegang pemerintahan istimewa. Bangunan keraton masih berdiri dan tidak ada satupun bab keraton yang mengalami kerusakan. Pihak keraton selalu memelihara semua peninggalan ini. Pengunjung dapat tiba ke keraton antara pukul 08:00 – 16:00. Anda dapat menikmati aneka macam jenis peninggalan keraton yang sangat lengkap. Anda juga  bisa mengunjungi beberapa bab keraton namun tetap tidak dapat masuk ke kanal dalam keraton lantaran alasan tertentu. Pada tanggal 1 Suro maka keraton akan melepaskan kebo yang dinamai dengan Kebo Kyai Slamet yang akan diarak keliling kota.

Baca juga 10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Sayang Dilewatkan.

2. Museum Radya Pusataka

Museum Radya Pusataka

Museum Radya Pustaka terletak di pusat Taman Sriwedari di Jalan Slamet Riyadi. Ini yaitu salah satu museum yang paling renta di Indonesia. Di dalamnya Anda dapat melihat aneka macam peninggalkan benda benda bersejarah. Termasuk semua jenis benda yang berafiliasi dengan keraton Surakarta sampai aneka macam koleksi Napoleon Bonaparte. Berbagai jenis koin kuno dari aneka macam negara juga dapat Anda lihat. Anda dapat mempelajari semua peninggalan ini lengkap dengan data yang disajikan di bersahabat aneka macam benda kuno.
Peta lokasi Museum Radya Pusataka : klik disini.
Alamat Museum Radya Pusataka : Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 275 Penumping Laweyan Solo Jawa Tengah Sriwedari Laweyan.

3. Museum Batik Danar Hadi Solo

Ndalem Wuryodiningratan

Solo memang populer dengan batik yang menjadi salah satu bab sejarahnya. Hal ini dapat Anda lihat dari Museum Batik Danar Hadi. Produsen batik ini menjadi salah satu penghasil batik paling populer dan telah membuka toko dan butiknya di aneka macam kota di Indonesia. Museum ini menggambarkan aneka macam sejarah panjang awal batik di Indonesia. Anda juga dapat menikmati  berbagai koleksi batik dengan nilai sejarah yang sangat unik. Berbagai motif dan ciri khas memang terlihat sangat indah. Selepas Anda lelah mengelilingi museum maka Anda dapat belanjar aneka macam jenis pakaian yang ada di outlet.
Peta lokasi Museum Batik Danar Hadi : klik disini.
Alamat Museum Batik Danar Hadi : Jalan Slamet Riyadi , Solo 57141, Indonesia.

Baca juga 12 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer.

4. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro

Salah satu pasar malam yang masih hidup sampai dikala ini di kota Solo yaitu pasar malam Ngarsopuro. Pasar ini diadakan setiap malam ahad yang dipenuhi dengan pengunjung dari dalam dan luar kota. Bahkan banyak turis yang sangat menikmati keramaian pasar malam ini. Kawasan pasar ini terletak di Jalan Diponegoro. Letaknya sangat strategis dan dari tempat ini Anda dapat mengunjungi aneka macam jenis tempat lain. Hal yang paling menarik dari salah satu tempat wisata di Solo ini yaitu sangat nyaman untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Anda juga dapat menemukan aneka macam jenis buah tangan menyerupai batik, kerajinan dan kalau perut Anda lapar maka temukan masakan yang sangat lezat. Pasar ini akan dibuka mulai pukul 7 sampai 11 malam.
Peta lokasi Pasar Malam Ngarsopura : klik disini.
Alamat Ngarsopura Night Market Solo : Jl Diponegoro, Solo

5. Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo via pusatgrosirsolo

Salah satu tempat wisata di Solo lain yang selalu tidak pernah terlewatkan oleh pengunjung yaitu Pusat Grosir Solo. Sesuai dengan namanya maka Anda dapat berbelanja murah di tempat ini dengan jumlah banyak. Namun untuk pembelian eceran tentu mempunyai harga yang berbeda. Pusat  belanja ini khusus menyediakan aneka macam koleksi busana menyerupai batik, sepatu dan tas yang semuanya dari batik. Anda juga dapat menemukan kaos khas Solo dengan gambar dan goresan pena identik kota Solo. Jika Anda tiba ke Solo maka jangan lewatkan untuk mampir dan berbelanja oleh-oleh. Lokasi tempat ini terletak di bersahabat alun-alun kota Solo.

6. Galabo Solo

Galabo Solo

Galabo yaitu salah satu wisata di Solo yang menyajikan aneka macam jenis masakan atau masakan khas Solo. Galabo merupakan salah satu pusat masakan yang terdiri dari kependekan Gladak Langen Bogan. Tempat ini terletak di daerah Gladak yang menjadi pusat kota. Anda dapat menikmati tempat ini setiap malam namun untuk simpulan pekan biasanya memang sangat ramai. Anda dapat menikmati aneka macam jenis menu masakan menyerupai gule kambing, sate, nasi hik dan aneka macam jenis hidangan lain. Bahkan beberapa masakan populer di Solo dapat Anda cicipi di sini.

7. Kampung Batik Laweyan Solo

Banyak tempat di Solo yang memang identik dengan batik lantaran sejarah batik memang sangat kental di sini. Jika Anda ingin melihat bagaimana proses pembuatan batik secara pribadi maka datanglah ke kampung batik Laweyan. Anda dapat masuk ke daerah pusat batik yang bangunan rumahnya sangat khas rumah jaman dulu. Bahkan tempat ini memang dikembangkan oleh pewaris keluarga pembatik yang dulu hubungannya memang berdagang dengan tamu keraton Solo. Anda juga dapat berbelanja di pusat batik yang berada di dalam rumah. Ada aneka macam jenis motif dan warna yang dapat Anda pilih. Tidak hanya baju batik tapi juga sepatu, tas dan kaos dengan ciri khas batik.

Baca juga Tempat Wisata Dieng Wonosobo, Wisata Alam dan Budaya.

8. Pura Mangkunegaran

Bagian depan Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran, wikipedia

Pura Mangkunegaran menjadi salah satu tujuan wisata di Solo yang tidak dapat Anda lewatkan. Tempat ini sangat bersahabat dengan sejarah di Solo. Ketika itu kerajaan Mataram dipecah oleh Belanda yang kemudian memisahkan keraton Yogyakarta dan Solo. Dua tahun sehabis insiden ini maka kembali kasunan Surakarta terbelah menjadi dua yaitu kasuanan Surakarta dan Mangkunegaran. Raden Mas Said kemudian diangkat menjadi raja di Mangkunegaran. Jika Anda tiba ke tempat ini maka Anda dapat melihat aneka macam koleksi peninggalan. Koleksi seputar beberapa benda yang pernah dipakai pada masa Raja Mangkunegaran.

Baca juga 9 Tempat Wisata di Banyuwangi Wajib Anda Datangi.

9. Taman Hiburan Sriwedari Solo

Hingga dikala ini Solo memang masih menyelanggarakan aneka macam jenis program tradisional untu melestarikan kebudayaan bangsa. Jika Anda ingin melihat beberapa seni tradisional menyerupai tari Ramayani, ketoprak atau wayang kulit maka Anda dapat mengunjungi Taman Hiburan Sriwedari. Taman ini khusus dipakai untuk menggelar aneka macam program seni. Masyarakat Solo sampai dikala ini juga masih menyukai aneka macam program seni. Bahkan banyak wisatawan absurd yang selalu tiba ke aneka macam pertunjukan. Namun tidak hanya program seni saja lantaran Anda dapat tiba pagi, siang atau sore hanya untuk bermain di taman. Selain itu tempat ini juga biasanya dilakukan untuk menggelar aneka macam program hiburan menyerupai keroncong atau dangdut. Makara mengapa Anda tidak mengunjungi salah satu tempat wisata di Solo yang menarik ini.

INFO UPDATE