oleh

9 Daerah Wisata Di Boyolali Dan Sekitarnya Yang Perlu Diketahui

9 Tempat Wisata di Boyolali dan Sekitarnya yang Perlu Diketahui – Saat mendengar kata Boyolali, mungkin yang terlintas dalam pikiran yakni Kota Susu. Memang kota Boyolali yakni penghasil susu sapi murni terbesar di Jawa Tengah. Kafe dan warung susu di tempat Yogyakarta dan Solo mengandalkan susu murni produksi Boyolali untuk menciptakan minuman susu yang nikmat.

Selain memproduksi susu, Boyolali dikenal dengan hawanya yang sejuk, bahkan cenderung cuek di beberapa tempat. Ini dikarenakan lokasi Boyolali berada sempurna di kaki gunung Merapi dan Merbabu. Seperti umumnya tempat yang berada di tempat pegunungan maka kota ini mempunyai tempat wisata yang sejuk dengan alam pegunungan. Letak kota Boyolali sangat strategis sebab berada di antara kota besar menyerupai Yogyakarta, Solo, Magelang, dan Semarang. Tidak heran kalau Boyolali sering menjadi tujuan wisata penduduk kota besar yang berada di sekitarnya. Berikut sembilan tempat wisata Boyolali yang perlu Anda ketahui.

1. New Selo dan Trekking Merapi

foto infopendaki.com

New Selo merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan gunung Merbabu. Dari tempat ini Anda sanggup melihat pemandangan gunung Merbabu yang berdiri sempurna di depan mata. Area New Selo yang berada di ketinggian memungkinkan pengunjung melihat hamparan gunung dan lembah hijau sejauh mata memandang.

Daerah ini juga merupakan salah satu jalur yang dilalui saat melaksanakan pendakian ke gunung Merapi. Di tempat ini berdiri warung-warung makanan dan minuman untuk menyediakan sekedar tempat singgah bagi para pendaki yang ingin meluruskan kaki sambil menikmati minuman hangat.

2. Trekking Merbabu

Gunung Merbabu merupakan salah satu tujuan pendakian favorit para pecinta alam. Letak gunung ini berada di antara kabupaten Boyolali, Magelang dan kota Salatiga. Salah satu jalur pendakian gunung ini yakni jalur Selo di Boyolali.

Berdasarkan pengalaman para pendaki, jalur Selo yakni jalur yang paling mengesankan sebab pemandangan yang tersaji sangat indah. Ketika melalui jalur ini, pendaki akan melewati padang sabana yang luas dan dipenuhi bunga edelweis.

3. Candi Lawang

foto sutrisnasmg.blogspot.co.id

Lokasi candi ini berada di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo. Letaknya berdekatan dengan Candi Lawang dan berada di atas bukit. Sama dengan Candi Lawang, candi ini juga bercorak Hindu. Oleh masyarakat setempat, Candi Sari dikeramatkan sebab ada sumber mata air yang berada di bukit tempat candi berada yang dipakai untuk kebutuhan air sehari-hari.

Bukit tempat candi ini berada dikelilingi beberapa desa, menyerupai Candirejo, Candisari, dan Losari. Beberapa penduduk sekitar candi memegang akidah tertentu untuk menjaga situs candi. Candi Sari ditemukan pertama kali pada tahun 1967.

Jika ingin mencicipi suasana mistis dengan pemandangan batuan candi diantara perbukitan sanggup mengunjungi objek wisata di Boyolali yang satu ini. Suasana pegunungan yang sejuk sanggup mengobati rasa lelah sesudah penat dengan urusan pekerjaan.

5. Waduk Bade

foto dunia-mancing.blogspot.co.id

Waduk Bade merupakan salah satu destinasi wisata di Boyolali yang sangat menarik, terutama saat menjelang senja. Pemandangan sunset yang disajikan Waduk Bade sangat indah diabadikan dengan kamera. Dari kejauhan tampak gunung Merapi dan gunung Merbabu yang tampak kecil.

Waduk ini berada di Desa Bade Kecamatan Klego. Berdasarkan informasi yang didapat waduk ini berada di tengah-tengah kecamatan Klego yang sebagian besar daerahnya merupakan tempat pertanian. Keberadaan waduk ini sanggup mengairi sawah-sawah yang ada di sekitarnya. Sebagai tempat wisata, waduk ini juga menjadi spot favorit untuk memancing warga sekitar.

6. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo yakni waduk besar yang melingkupi tiga kabupaten, yaitu Boyolali, Sragen dan Grobogan. Dilihat dari letak geografisnya waduk berada di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu. Jarak menuju tempat wisata di Boyolali ini mencapai 50 km dari kota Boyolali.
Di area wisata Kedung Ombo, pengunjung akan disuguhi pemandangan rumput hijau dan luas. Di tempat ini terdapat pasar ikan tradisional yang menampung ikan pancingan dari waduk. Di sini Anda sanggup memesan ikan bakar dengan citarasa lezat. Kualitas ikan yang didapat masih fresh sebab eksklusif didapat dari waduk. Selain menikmati ikan bakar, Anda sanggup menikmati beberapa kemudahan menyerupai camping ground, tempat pemancingan serta hutan wisata.

7. Waduk Cengklik

Waduk ini berada di wilayah Boyolali tapi justru lebih akrab dengan kota Solo, hanya menghabiskan waktu 20 menit dengan berkendara memakai kendaraan bermotor. Jalur yang dilalu melewati bandara Adi Sumarmo Solo.

Waduk Bade menjadi tempat favorit anak muda untuk nongkrong menghabiskan waktu di sore hari. Bagi penggemar fotografi, banyak spot di waduk yang sanggup dijadikan objek foto yang sangat indah. Pemandangan sunset di sore hari yakni objek foto paling digemari. Kadang pemandangan tersebut diperindah dengan gambar aktifitas para nelayan setempat yang menjaring ikan atau penduduk yang sedang memancing ikan di pinggiran waduk. Sembari menikmati pemandangan pengunjung sanggup membeli jajanan murah meriah yang dijajakan di tepi waduk.

8. Pemandian Umbul Pengging

Air yang ada di kolam pemandian ini sangat jernih, sehingga batu-batu halus dan ikan-ikan kecil yang berenang di dasar kolam sanggup terlihat jelas. Siapa pun yang melihat niscaya tidak akan tahan untuk tidak menceburkan diri ke dalam kolam.

Pemandian Umbul Pengging ini berada di Kecamatan Banyudono, yaitu sekitar 20 menit dari kota Solo. Tempat ini menjadi Istimewa sebab dulu menjadi tempat pemandian keluarga Kraton Kasunanan Solo. Tidak heran kalau bangunan di sekitar pemandian masih bernuansa kraton. Di sekitar pemandian terdapat makam seorang pujangga kraton yang berjulukan Raden Ngabehi Yosodipuro.
Melihat keunikan arsitektur bangunan dan beningnya air kolam, pemandian Umbul Pengging ini layak menjadi tempat wisata di Boyolali. Anda sanggup menyegarkan diri dengan berenang di air kolam yang jernih dan ‘adem’.

9. Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali

dok.paronamio.com

Tempat wisata di Boyolali yang satu ini sangat cocok sebagai wahana bermain anak-anak. Tempat rekreasi keluarga ini sangat ramai dikunjungi pada hari libur dan simpulan pekan. Pengunjung yang tiba tidak hanya warga Boyolali tetapi dari beberapa tempat di sekitarnya menyerupai Solo, Klaten dan Jogja. Di tempat ini disediakan juga sajian masakan khas makanan laut.

Ekowisata Tlatar bernuansa alam yang sangat sejuk dan asri. Fasilitas yang disediakan pengelola juga cukup lengkap. Di sini terdapat kolam renang yang cukup besar dengan bermacam-macam kedalaman sesuai umur, permainan becak air, terapi ikan dan ‘Kolam Keceh’ untuk belum dewasa bermain air. (Baca Juga Tempat Wisata Terindah di Jawa Tengah ).

Sumber bacaan : Wikipedia.

News Feed