oleh

9 Bulan Sehat Dan Normal

Tanda hamil 9 bulan sehat – Pada usia kehamilan 9 bulan, tentu janin sudah tumbuh menjelma besar dan siap untuk lahir ke dunia. Kondisi tersebut tentu menciptakan ibu hamil semakin banyak mengalami keluhan-keluhan lantaran beban di perut semakin bertambah. Di usia kehamilan ini, ibu hamil tinggal menunggu waktu untuk menjalani persalinan.

Keluhan yang dialami oleh ibu hamil 9 bulan ada yang termasuk keluhan normal dan ada yang perlu diwaspadai. Meskipun sudah siap untuk lahir ke dunia namun bukan berarti ibu hamil boleh sesuka hati dalam merawat kehamilan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihmil.com akan memberikan info terkait tanda atau keluhan ibu hamil 9 bulan yang sehat dan normal. Selengkapnya, silakan lanjut membaca..

image from pixabay

9 Bulan Sehat

Semakin akrab dengan persalinan, perempuan hamil akan mengalami keluhan-keluhan yang masuk akal terjadi. Keluhan tersebut hendaknya diperlakukan dengan benar supaya tidak menawarkan efek negatif bagi janin. Lantas, keluhan / tanda hamil 9 bulan sehat itu apa saja ? antara lain yaitu sebagai berikut :

1. Gangguan pernapasan

Keluhan pertama yang banyak dialami oleh ibu hamil 9 bulan yaitu gangguan pernapasan. Gangguan pernapasan yang terjadi pada penghujung masa kehamilan termasuk keluhan hamil yang masuk akal dan normal.

Kenapa hal itu sanggup terjadi ? lantaran janin dalam rahim tumbuh semakin besar sehingga mendesak organ pernapasan ibu terutama penggalan diafragma. Wal hasil, pernapasan ibu hamil menjadi sesak. Pada beberapa kasus, ada ibu hamil yang mengalami sesak napas sampai suhu badannya meningkat. Hal ini disebabkan lantaran posisi kepala janin sudah semakin turun.

2. Perubahan fisik

Ada beberapa perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil  9 bulan, salah satunya yaitu kaki bengkak. Keadaan ini termasuk keluhan / tanda hamil  bulan yang wajar. Penyebab kaki abses ketika hamil bau tanah yaitu lantaran varises vena pada penggalan kaki.

Untuk mengatasi duduk kasus ini, Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obat kimia, cukup melaksanakan gerakan-gerakan ringan menyerupai jalan kaki secara rutin tiap hari supaya peredaran darah sanggup berjalan dengan lancar.

3. Kontraksi palsu

Kehamilan usia 9 bulan yaitu penghujung masa kehamilan yang penuh dengan usaha lantaran sebentar lagi persalinan akan segera datang. Persiapan untuk menghadapi persalinan harus benar-benar dipersiapkan secara matang supaya kelak tidak terlalu kerepotan.

Braxton Hicks atau kontraksi palsu yaitu salah satu keluhan ibu hamil 9 bulan yang sering muncul di usia 9 bulan, terutama ketika persalinan hampir tiba. Ketika Braxton Hicks datang, silakan berbaring atau duduk di kawasan yang nyaman sampai kondisi membaik.

Mungkin Anda tidak hanya mencicipi kontraksi palsu tapi juga sering pusing. Hal ini biasanya terjadi lantaran kurang darah. Salah satu upaya yang sanggup dilakukan untuk menstabilkan tekanan darah yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil tua.

4. Rasa tidak nyaman

Salah satu keluhan / tanda hamil 9 bulan yang tergolong masuk akal dan normal yaitu rasa tidak nyaman. Segala macam acara yang Anda lakukan mungkin terasa tidak nyaman lantaran beban perut yang semakin berat.

Tak hanya menciptakan tak nyaman, kadang ibu hamil 9 bulan juga mencicipi rasa sakit pada perut, punggung, pinggang dan tulang belakang. Hal ini termasuk keluhan yang lazim dialami oleh ibu hamil yang disebabkan lantaran janin sudah siap untuk lahir ke dunia, tinggal menunggu hari saja. Meskipun tergolong keluhan yang wajar, namun kalau berkelanjutan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Tips Menghadapi Keluhan Ibu Hamil 9 Bulan

Pada usia kehamilan 9 bulan, memang aneka macam keluhan yang tiba silih berganti, dan umumnya keluhan itu tergolong normal. Meski demikian, bukan berarti kita cukup berdiam diri lantaran sebetulnya ada beberapa cara sederhana yang sanggup dilakukan untuk meringankan keluhan tersebut. Di bawah ini yaitu beberapa tips dalam menghadapi keluhan kehamilan 9 bulan.

  • Jangan membungkuk terlalu ke bawah, kalau terpaksa harus mengambil sesuatu di lantai sebaiknya tekuk lutut sebelum membungkuk
  • Sebaiknya jangan meraih sesuatu yang berada di kawasan terlalu tinggi guna menghindari hal yang tak diinginkan
  • Cukupi kebutuhan istirahat, terutama dengan tidur
  • Atur referensi makan dan cukupi kebutuhan nutrisi dengan baik
  • Jika nafsu makan menurun, silakan makan dengan porsi sedikit tapi sering
  • Konsumsi cemilan sehat untuk ibu hamil 
  • Jika Anda termasuk perempuan karir, sebaiknya cuti sebelum persalinan
  • Olahraga ringan dan latihan pernapasan hendaknya rutin dilakukan

Itulah beberapa keluhan / tanda hamil 9 bulan yang sehat dan normal. Semoga ulasan di atas sanggup menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat kehamilan. Salam

INFO UPDATE