oleh

8 Kawasan Wisata Di Purwokerto Yang Paling Sering Dikunjungi

8 Tempat Wisata di Purwokerto yang Paling Sering Dikunjungi – Ada banyak tempat wisata di Purwokerto yang layak dikunjungi, khususnya bagi pecinta alam. Kota yang masih termasuk dalam Propinsi Jawa Tengah dan tidak jauh dari Banyumas ini mempunyai pemandangan alam yang luar biasa. Tidak heran jikalau Purwokerto layak disebut sebagai sentra wisata alam di Jawa Tengah.

Seperti halnya kota-kota lain di Jawat Tengah contohnya Wonosobo, Magelang, Yogyakarta Karakteristik alam di Purwokerto yang terdiri dari pegunungan mencakup wisata keindahan alam, air sungai, sumber air panas, dan camping ground. Tidak hanya wisata alam saja yang menarik dari Purwokerto tetapi juga wisata kuliner dan wisata sejarahnya sangat menarik dicoba. Purwokerto memang dikenal mempunyai monumen dan museum bersejarah yang cukup terkenal.

Kota yang terletak di jalur selatan Jawa Tengah ini dikenal dengan beberapa sebutan, ibarat Kota Wisata, Kota Kripik, Kota Transit, Kota Pensiunan juga Kota Jenderal. Disebut Kota Jenderal lantaran banyak jenderal militer Indonesia yang dilahirkan di kota ini. Sebagai Kota Wisata Purwokerto terkenal dengan beberapa tempat wisatanya. Berikut diulas mengenai tempat wisata di Purwokerto yang terkenal dan paling sering dikunjungi.

1. Baturaden

Wisata Baturaden

Tempat wisata di Purwokerto ini sangat terkenal tidak hanya oleh masyarakat sekitar tapi juga seluruh Indonesia. Baturaden terletak di lereng Gunung Slamet dan berada 15 menit dari kota Purwokerto dengan memakai kendaraan. Objek wisata yang berada di ketinggian 640 meter dari permukaan bahari ini menyajikan keindahan alam pegunungan dengan sejuknya udara.

Dari tempat ini pengunjung juga sanggup menyaksikan pemandangan kota Purwokerto dari ketinggian. Bahkan, jalan dan gedung di kota Cilacap juga terlihat, termasuk pulau Nusa Kambangan yang sangat terkenal. Di Baturaden ini ada beberapa spot menarik ibarat Pancuran Pitu, Wana Wisata, Taman Bitanin dan Teater Alam Baturaden.

2. Telaga Sunyi

Telaga sunyi baturaden, kompasiana.com/linggapratama

Telaga Sunyi letaknya tidak jauh dari daerah Baturaden hanya berjarak sekitar 3 km. Di sini akan ditemukan telaga indah dan air yang dingin. Sesuai dengan namanya Telaga Sunyi memang menyajikan suasana yang damai dan sunyi, sangat cocok untuk bersantai dan menghilangkan stres. Pada demam isu tertentu di telaga ini gampang ditemukan kupu kupu dan capung warna-warni beterbangan.

3. Pemandian Air Panas Pancuran Telu

Pemandian Air Panas Pancuran Telu

Objek wisata Pancuran Telu yaitu pemandian air panas yang mengandung belerang. Pemandian air panas ini dipercaya sanggup menyembuhkan penyakit kulit dan tulang. Disebut Pancuran Telu lantaran memang terdapat tiga mata air yang mengalir di pemandian air panas ini.

Pada hari libur tempat ini sangat ramai dikunjungi lantaran letaknya sangat erat pintu masuk utama. Akses yang gampang yaitu salah satu alasan tempat wisata di Purwokerto ini selalu padat dari pagi sampai sore. Umumnya para pengunjung mandi untuk mengobati penyakit atau sekedar berendam untuk melepas penat.

Khusus pada malam tertentu ibarat malam Selasa Kliwon dan malam Jumat Kliwon, pemandian ini tetap dibuka sampai malam. Sebaiknya tiba mulai pukul 21.00, alasannya yaitu semakin malam justru semakin ramai. Kunjungan malam hari inipun dikenai tiket masuk dengan harga sama ibarat hari biasa, hanya membayarnya cukup satu tiket, yaitu di pintu masuk utama. Hari biasa pengunjung dikenai dua tiket, yaitu di pintu masuk utama dan pintu masuk pemandian air panas.

4. Pemandian Air Panas Pancuran Pitu

Pemandian Air Panas Pancuran Pitu

Salah satu tempat wisata di Purwokerto yang banyak dikunjungi yaitu Pancuran Pitu, lantaran letaknya tidak jauh dari Baturaden. Jarak dari Baturaden ke lokasi wisata ini hanya 2,5 km. Selain pemandian air panas, di sini juga terbentang pemandangan alam hutan dan suasana pegunungan yang indah. Pancuran Pitu terdiri dari tujuh teladas yang bersama-sama tidak tinggi, lantaran hanya setinggi 1 meter saja. Menariknya teladas ini terbentuk dari lengkungan yang tercipta jawaban pedoman air panas sulfur terus menerus.

Untuk mencapai pemandian air panas ini pengunjung akan menuruni berpuluh-puluh anak tangga. Namun, jangan khawatir bagi pengunjung yang kakinya pegal atau keseleo di sini banyak ditawarkan jasa pemijat refleksi memakai sulfur dengan tarif Rp10.000.

Dari pintu masuk atau tempat parkir pengunjung akan disuguhi barisan pohon damar yang memang banyak tumbuh di daerah ini. Damar yaitu pohon yang diambil getahnya untuk menjadi materi pokok pernis, cat, tinta, kemenyan, dan kosmetik. Harga tiket masuk jalan masuk untuk menjelajah Pancuran Pitu, Goa Selirang, Telaga Sunyi, dan Pancuran Telu yaitu Rp15.000. Sedangkan untuk mengunjungi Pancuran Pintu dan Goa Selirang saja, wisatawan cukup membayar Rp5.000.

5. Gua Sarabadak

Gua Sarabadak Purwokerto

Di Gua Sarabadak pengunjung sanggup menyaksikan siraman air panas dan air dingin. Ciri khas bebatuan di Gua Sarabadak yaitu warnanya yang kuning keemasan, tampak sangat indah dipandang mata. Untuk mencapai gua ini pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

Letak tempat wisata di Purwokerto yang menarik ini bersebelahan dengan Gua Selirang dan berada di Tebing Belerang. Aliran air panas yang mengandung sulfur selama ratusan tahun memunculkan jejak sulfur bewarna kekuningan di tebing. Oleh alasannya yaitu itu, tebing ini disebut Tebing Belerang. Sedangkan dinding tebing yang tidak dialiri air panas ditumbuhi lumut yang hijau.

Untuk menuruni undakan di bawah tebing sudah dibentuk jalan yang cukup baik, sehingga pengunjung tidak akan kesulitan menemukan Gua Selirang dan Gua Sarabadak. Tempat ini cukup ramai dikunjungi, terutama pada hari libur dan selesai pekan.

6. Wana Wisata

Wana Wisata Purwokerto

Wana Wisata terletak 2 km dari daerah wisata Baturaden. Objek wisata ini terkenal dengan pemandangan alam hutan dan tempat perkemahan yang luas dan bisa menampung 1000 tenda. Di tempat ini pengunjung akan menemukan cagar alam dan pembibitan flora produksi, ibarat cemara, pohon pinus dan sebagainya.

Untuk mencapai lokasi wisatawan bisa berjalan kaki dari Baturaden. Selain berwisata, pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk camping sekedar mencicipi hidup di alam terbuka. Tempat ini sangat cocok dipakai untuk program out bound atau acara sekolah dan kantor.

7. Air Terjun Curug Cipendok

Air Terjun Curug Cipendok, id.wikipedia.org

Lokasi teladas Curug Cipendok berada di desa Karang Tengah kecamatan Cilingok, yaitu sekitar 25 km dari kota Purwokerto. Keindahan teladas Cipendok ini mempunyai ketinggian 92 km dengan pemandangan alam yang sangat indah. Suasana hutan yang hijau dengan udara segar sanggup ditemukan di tempat wisata di Purwokerto yang sering dikunjungi wisatawan ini.

Air terjun yang juga disebut teladas Cilongok ini merupakan teladas tertinggi di Purwokerto. Curug Cipendok berada di lereng Gunung Slamet dan sering dipakai sebagai tempat camping para pecinta alam.

8. Air Terjun Curug Gede

Air Terjun Curug Gede, olipeoile.files.wordpress.com

Curug Gede mempunyai ketinggian 50 meter dan telaga sedalam 25 meter. Itu sebabnya telaga ini cukup berbahaya untuk berenang. Namun, pemandangan alam yang ditawarkan sangat indah dibandingkan curug yang lain.

Air terjun Curug Gede terletak desa wisata Ketenger. Lokasi tempat wisata di daerah purwokerto ini berada sekitar 3 km dari daerah wisata Baturaden. Keindahan alam yang bisa dinikmati pengunjung yaitu telaga bening dengan lempengan bebatuan dihiasi dengan pedoman teladas ibarat tirai. Pemandangan alam ini sangat manis bila diabadikan dengan kamera.

News Feed