oleh

8 Daerah Wisata Di Pekalongan Dan Sekitarnya

8 Tempat Wisata di Pekalongan dan Sekitarnya – Sebagian besar masyarakat mengenal Pekalongan sebagai Kota Batik, lantaran memang batik Pekalongan terkenal dengan motifnya yang manis dan mempunyai warna-warna yang menarik. Kota yang berada di jalur utara Pulau Jawa ini merupakan tempat pesisir yang kaya dengan hasil lautnya, bahkan menjadi pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa. Secara administratif, Pekalongan masih termasuk wilayah Propinsi Jawa Tengah.

Selain penghasil kekayaan laut yang luar biasa, kota ini juga mengolah hasil laut menyerupai ikan asin, terasi, kerupuk ikan, dan sarden. Pengolahan ini tidak hanya dilakukan perusahaan besar tapi juga oleh industri rumah tangga. Begitu besar potensi laut yang ada di Pekalongan, sehingga kota di pesisir utara ini mempunyai wisata maritim dan wisata makanan yang sangat populer. Namun, tidak hanya wisata maritim saja yang ada di Pekalongan, wisata pegunungan juga ada dengan pemandangan alam yang tidak kalah indah dari tempat lain. Apa saja tempat wisata di Pekalongan yang perlu Anda ketahui? Berikut ulasannya untuk menambah acuan tempat liburan Anda.

1. Museum Batik Pekalongan

Image source

Sesuai dengan sebutannya sebagai Kota Batik, Museum Batik yakni tempat yang harus dikunjungi ketika mengunjungi kota ini. Bangunan yang terletak di Jalan Jetayu nomor 1 Pekalongan, mempunyai koleksi batik yang cukup lengkap semenjak dari jaman penjajahan Belanda dan Jepang. Selain itu batik yang ada juga berasal dari aneka macam tempat di nusantara.

Museum Batik Pekalongan ini mempunyai gaya arsitektur bangunan art deco yang merupakan bekas balai kota pada masa Belanda. Tempat wisata di Pekalongan ini sanggup menjadi media pengajaran bagi belum dewasa untuk lebih mengenal kebudayaan dan kekayaan bangsa Indonesia.

2. Curug Bajing

Image source

Curug Bajing yakni tempat wisata di Pekalongan yang terletak di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono. Akses menuju tempat ini cukup gampang apalagi memakai kendaraan roda empat. Jarak tempuh dari kota Pekalongan menuju riam ini menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam. Hijaunya hutan dan terasering sawah yang bersusun di punggung-punggung bukit menjadi pemandangan indah yang mengiringi sepanjang perjalanan. Untuk mencapai air terjun, pengunjung harus trekking selama 15 menit dari tempat parkir.

Air terjun ini mempunyai ketinggian 70 meter dan aliran airnya membentuk tingkatan-tingkatan di dasarnya. Di sini wisatawan sanggup menikmati kopi hutan khas tempat ini. Hangatnya kopi sanggup mengusir rasa hirau taacuh lantaran tempat ini berada di ketinggian 1300 mdpl.

3. Gunung Rogojembangan dan Curug Muncar

Gunung Rogojembangan masih berada dalam satu lokasi yang sama dengan Curug Bajing yang ada di Petungkriyono dan berbatasan eksklusif dengan Kabupaten Banjarnegara. Menuju puncak Gunung Rogojembangan membutuhkan waktu 3 jam dengan berkendara. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan yang menghijau dan masih alami.

Gunung ini sering menjadi objek pendakian bagi para pecinta alam. Jalur pendakian yang eksotis menjadi alasan para pendaki untuk menaklukkan gunung yang mempunyai ketinggian 2117 mdpl. Puncak Gunung Rogojembangan hanya sebesar lapangan bulu tangkis dan mempunyai kontur tanah datar. Konon dulu puncak gunung berbentuk cekungan besar, maka dinamakan Jembangan, lama-kelamaan puncak tersebut menjadi datar.

Image source

Pantai Pasir Kencana berada sangat bersahabat dengan kota Pekalongan, hanya berjarak 4 km dari kota. Pantai ini sangat ramai dikunjungi masyarakat Pekalongan setiap hari, terutama pada sore hari. Pemandangan sunset di kala senja sangat indah untuk dinikmati. Selain itu pemerintah sengaja membangun beberapa akomodasi umum dan permainan anak di sekitar pantai untuk menarik minat pengunjung berwisata ke tempat ini bersama keluarga.

Tempat wisata di Pekalongan ini menjadi padat oleh pengunjung ketika hari libur, terutama ketika libur hari raya Idul Fitri. Uniknya di tempat ini terdapat akuarium yang berisi aneka macam biota laut menyerupai miniatur Seaworld. Ikon dari pantai ini yakni jembatan saluran yang tidak ada pada pantai lain.

7. Linggo Asri

Source

Satu lagi tempat wisata di Pekalongan yang bernuansa maritim yakni Pantai Depok. Pantai ini dikenal dengan rimbunnya nyiur yang berjajar di sepanjang pantai. Tempat ini menjadi favorit wisatawan lantaran suasananya yang romantis. Suara deburan ombak bercampur dengan ukiran daun nyiur menciptakan pikiran dan badan menjadi rileks.

Pemandangan paling indah di pantai ini yakni pada senja hari, ketika sunset muncul. Bagi para pecinta fotografi, pemandangan ini sanggup menjadi objek pemotretan yang sangat menawan. Ombak di pantai ini tidak mengecewakan damai sehingga cukup kondusif jika pengunjung ingin bermain air di pantai. Baca juga informasi Tempat Wisata Menarik di Provinsi Jawa Tengah.

INFO UPDATE