oleh

8 Daerah Wisata Di Kuningan Jawa Barat Yang Populer

Kuningan yaitu sebuah kota yang berada di lereng Gunung Ciremai dan tidak jauh dari Cirebon. Sebagai kawasan yang berada di ketinggian, Kuningan mempunyai banyak tempat wisata yang bernuansa pegunungan. Suasana pedesaan yang asri dan udara segar yang sejuk menjadi andalan kota ini untuk memperkenalkan tempat wisata di Kuningan.

Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini mempunyai beberapa tempat wisata terkenal yang sering dikunjungi wisatawan. Tidak hanya wisata alam tetapi juga wisata sejarah ada di sini. Berikut ulasan mengenai tempat wisata di Kuningan yang paling sering dikunjungi.

1. Gedung Perundingan Linggajati

Source

Tempat wisata di Kuningan ini sanggup ditemukan di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana. Kolam Ikan Dewa dan Sumur Tujuh Cibulan yaitu sebuah objek wisata yang menyajikan suasana alam berpadu dengan keunikan tempat tersebut. Kolam Ikan Dewa yaitu sebuah kolam yang dihuni ikan Kanra Bodas atau lebih dikenal dengan ikan Dewa.

Menurut dongeng yang beredar, ikan-ikan tersebut dibawa oleh murid-murid Walisongo yang tiba ke Cibulan. Para murid juga meninggalkan tujuh sumur yang dipakai sebagai tempat berwudhu. Tujuh sumur tersebut berdiri mengelilingi petilasan yang diyakini penduduk sekitar sebagai tempat bersemedi Prabu Siliwangi.

4. Curug Putri

Source

Tempat wisata di Kuningan tidak hanya menunjukkan keindahan alam untuk dinikmati, namun juga menyimpan mitos yang masih dipercaya penduduk sekitar. Salah satunya yaitu Taman Purbakala Cipari yang merupakan sebuah peninggalan insan prasejarah di masa Megalithikum. Objek wisata ini menunjukkan pengetahuan sejarah perkembangan peradaban manusia.

Taman ini terletak di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur. Tempat ini menjadi bukti peradaban insan prasejarah di Kuningan. Di area seluas 6.364 meter persegi ditemukan beberapa benda peninggalan menyerupai tiga peti kubur kerikil yang berisi bekal kubur berupa kapak batu, gelang batu, dan gerabah.

Di taman ini juga sanggup ditemukan tanah lapang berbentuk bulat yang berdiameter sekitar enam meter yang dibatasi susunan kerikil sirap. Tempat ini disebut Batu Temu Gelang dan dipercaya sebagai tempat upacara yang berafiliasi dengan arwah para leluhur, serta sebagai tempat bermusyawarah.

6. Lembah Cilengkrang

Source

Sekarang di Kuningan tersedia wahana rekreasi keluarga berupa taman air yang berjulukan The Mountain Recreation Park. Di sini disediakan akomodasi kolam renang yang sanggup dipakai untuk belum dewasa dan orang dewasa. Khusus untuk kolam anak dibangun wahana permainan di tengah kolam berupa seluncuran.

Untuk menuju tempat ini cukup mudah, sebab kanal jalan yang ada sudah cukup manis dan letaknya tidak jauh dari kota. Wahana air ini terletak di Jalan Cirendang-Cigugur, Meskipun terhitung gres taman rekreasi ini sanggup menjadi pilihan tempat wisata di Kuningan yang layak dicoba. Sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga terutama yang membawa belum dewasa kecil.

Demikian beberapa tempat wisata di Kuningan yang layak dipertimbangkan sebagai tujuan wisata untuk rencana liburan berikutnya. Selamat berlibur. Untuk Informasi mengenai Destinasi Wisata di Bandung anda sanggup membaca di SINI.

INFO UPDATE