oleh

8 Daerah Wisata Di Jember Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur ini memperlihatkan sejuta dongeng indah di setiap tempat wisatanya. Tempat wisata di Jember memang didominasi oleh keeksotisan pantainya sebab lokasinya yang berbatasan pribadi dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Namun bukan hanya pantainya, aneka macam tempat wisata lainnya tentu menciptakan pasang mata mencicipi kekagumannya.

Kota yang dikenal sebagai penghasil dan pemasok tembakau ini, sanggup menyihir para wisatawan untuk terus mengunjungi satu per satu tempat wisata yang ada di dalamnya. Selain tembakau, jember memang mempunyai potensi wisata yang baik. Destinasi wisata yang sanggup dikunjugi wisatawan tidak pernah ada bosannya, semuanya memesona dan menakjubkan. Baiklah, pribadi saja kita cari tahu 8 tempat wisata di jember yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata di Jember Jawa Timur

1. Pantai Puger

Pantai Puger

Pantai Puger merupakan salah satu pantai yang paling sering dikunjungi wisatawan. Hal tersebut membuatnya ramai dengan kunjungan wisatawan. Deburan ombaknya cukup besar dengan pesona kehidupan nelayan pascamelaut. Pantai ini memang cocok bagi orang yang hobinya memancing. Tak kalah dengan itu, kita juga sanggup membeli ikan segar hasil tangkapan para nelayan sebab di sini terdapat tempat pelelangan ikan. Selain itu, Pantai Puger juga populer dengan cagar alam puger watangan.  Di dalamnya pun terdapat sumber air kucur. Menarik bukan? Banyak pengunjung yang tiba ke sini, terutama dari kalangan anak muda untuk menikmati keindahan pantainya. Bagaimana dengan Anda? Mari kita kunjungi juga.

2. Pantai Bandealit

Pantai Bandealit

Pantai yang kedua tak kalah menariknya, Pantai Bandealit namanya. Pantai Bandealit merupakan pantai yang berada di daerah Taman Nasinal Meru Betiri. Pantai ini populer dengan olahraga airnya. Jika Anda termasuk penggemar olahraga air, ibarat body surfing, speedboat, kano dan lain-lain, segera datangi pantai ini dan cobalah satu per satu olahraga airnya. Selain olahraga air, Anda juga akan mencicipi sensasi lain, lebih dari sekedar pantai. Nuansa alam nan sejuk masih sangat terasa di pantai ini, Anda sanggup melihat burung-burung yang melintas di kisaran pantai. Daya tarik lain terletak pada adanya penangkaran rusa dan green house yang di sekitarnya tumbuh vegetasi mangrove yang sangat indah. Di dekatnya terdapat sebuah penginapan yang menghadap ke hutan mangrove sehingga suasana dan pemandangannya terlihat lebih memesona.

3. Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)

Pantai Papuma,stetraveler.wordpress.com 

Pantai Papuma mempunyai pasir putih yang indah untuk dilihat. Di sekitar tepi pantai pun terdapat rimbunan pepohonan yang menambah keelokan pantainya. Pantai ini cocok untuk melepas penat dan beban pikiran yang ada. Ada gua yang banyak dikunjungi wisatawan kalau air sedang surut, Goa Lowa namanya. Konon katanya, berdasarkan mitos yang ada, penguasa pantai selatan bersamayam di goa ini dan juga kyai mataram pun menyebabkan goa lowa sebagai tempat bertapanya.

4. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo, nenghepi.blogspot.co.id

Pantai Watu Ulo terletak berdekatan dengan Pantai Papuma. Namanya yang unik berawal dari adanya susunan kerikil (watu) yang berbentuk panjang layaknya ular (ulo). Keindahan pantai ini memang sungguh memesona. Di pantai ini Anda sanggup membeli aneka macam kerajinan yang dijual pada toko-toko kisaran pantai. Selain itu, hal unik lainnya yaitu Pekan Raya yang ada pada setiap tahunnya. Tepatnya sesudah hari raya lebaran, masyarakat tiba berbondong-bongong ke laut. Mereka membawa sesaji sebagai persembahan dan menghanyutkannya ke tengah laut. Ayo segera saksikan acaranya yang terdapat pada tempat wisata di Jember yang satu ini.

5. Taman Botani

Taman Botani Sukorambi

Tempat wisata alam dengan bertemakan pendidikan mengajak para wisatawannya untuk lebih peduli dan cinta terhadap lingkungan. Di sini, Anda sanggup menemukan kebun herbal yang didalamnya terdapat sekitar 300 tanaman. Selain tanaman, di taman ini juga terdapat aneka macam macam spesies satwa. Fasilitas lain yang ditawarkan yaitu adanya kolam ikan, kolam renang untuk belum dewasa dan dewasa, kafe serta perpustakaan yang tentu sangat bermanfaat bagi para pengunjung.

6. Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak

Selain banyaknya pantai di Jember, tempat wisata di Jember juga memperlihatkan nuansa pemandangan yang lain, yah kini mari kita rasakan sejuknya deras air yang turun dari ketinggian, Jember punya Air Terjun Tancak. Air Terjun Tancak terletak di perbukitan tancak, tepatnya di Desa Suci. Untuk hingga di teladas ini, Anda harus berjalan kaki dulu selama 3 km, namun tidak perlu risau. Kelelahan Anda terbayar lunas dengan keindahan yang Anda lihat setelahnya. Air terjun tinggi nan cantik, sungguh pemandangannya yang tak bisa menciptakan mata berkedip barang sedetik pun. Ditambah lagi dengan bunyi gemuruh air yang jatuh dari puncak air terjunnya menciptakan suasana lebih damai dirasakan. Tempat ini juga cocok untuk melepas penat Anda. Tunggu apalagi, bergegas kunjungi Air Terjun Tancak.

7. Situs Duplang

Situs Duplang, rizarastri.wordpress.com

Ada kepercayaan yang menyampaikan bahwa di Indonesia pernah hidup sekumpulan insan purba. Sebagai buktinya, memang banyak situs-situs purba yang ditemukan di Indonsia, salah satunya adanya situs duplang. Situs Duplang terletak di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa. Situs Duplang dipercaya sudah ada semenjak 4 Masehi, yang mana dipercaya juga pada zaman tersebut di desa setempat terdapat kehidupan insan purba. Situs ini mempunyai aneka macam benda purba zaman megaliticum ibarat kubur batu, kerikil kenong, dan menhir. Atas dasar sejarah Situs Duplang tersebut, tak jarang mahasiswa maupun peneliti tiba mengunjungi tempat ini.

8. Kawasan Puncak Rembangan

Kawasan Puncak Rembangan

Puncak identik dengan ketinggian, identik juga dengan kesegaran udaranya. Yah, Jember juga ternyata mempunyai puncak layaknya daerah Bogor. Namanya yaitu Kawasan Puncak Rembangan. Puncak Rembangan berada pada ketinggian 650 m dpl. Kawasan ini memperlihatkan pesona pegunungan dan agrowisata. Di dalamnya terdapat kolam pemandian yang sudah tentu airnya pun jernih dan bersih. Selain itu, di daerah ini kolam renang, teman bermain, restaurant, hotel, bumi perkemahan dan masih banyak lagi yang lainnya. Satu hal yan penting dan tak boleh terlewatkan, apalagi kalau bukan panorama malam harinya. Anda sanggup melihat kota Jember dari atas Puncak, terlihat kerlipan lampu yang menyala dari setiap sudut kotanya. Eksotis dan menakjubkan. Kota Jember terlihat menawan, terlebih lagi kalau dinikmati sambil melahap teh jahe dan pisang kejunya yang lezat. Semakin tepat malam Anda di sini.

Baca juga :
7 Tempat Wisata di Pacitan Jawa Timur
10 Tempat Wisata di Blitar
10 Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik dan Layak Dikunjungi

Bagaimana dengan keragaman tempat wisata di Jember? Tertarik bukan untuk mengunjungi?  Banyak tempat wisata yang sanggup dijadikan sebagai tujuan wisata Anda. Daya tarik wisatanya tinggi, potensi wisatanya pun menakjubkan. Ayo segera beranjak dari tempat tidur Anda dan kunjungi satu per satu tempat wisata yang ada di atas. Tempat wisata di Jember memang indah dan tak terlupakan.

INFO UPDATE