7 Tips Teknik Seo Dasar Wajib Diterapkan

0
9

Teknik SEO Dasar – SEO itu mudah, yang perlu kita pahami terlebih dahulu yakni apa itu SEO dan Teknik SEO itu bagaimana (Baca artikel sebelumnya: Apa itu SEO? Ini beliau pengertian SEO).

Nah, Bila Anda sudah membaca artikel sebelumnya. Sekarang akan saya bahas 7 Tips SEO Dasar untuk sanggup mendongkrak jumlah pembaca dan pengunjung blog Anda.

Tips SEO pada dikala ini WAJIB hukumnya untuk dilakukan, terutama kalau posting kita setema atau setopik dengan posting blogger lain.

Search Engine Optimization (SEO) akan menjadi pembeda alasannya yakni akan menempatkan sebuah posting (blog) di posisi atas, minimal di halaman pertama, halaman hasil pencarian (SERP).


Berikut 7 Tips SEO Dasar untuk Blogger pemula. Dihimpun dari sumber terpercaya (CB Blogger).

1. Optimalkan Post Permalink

Usai menulis, edit sajian “Permalink” di sidebar kanan. Klik “Permalink” > pilih “Custom Permalink”, terutama kalau judul posting Anda panjang dan “rumit”.

  • Usahakan jumlah abjad (karakter) judul posting tidak lebih dari 50 karakter dan judul menarik untuk dibaca oleh pengunjung .
  • Hapus “stop words” atau kata-kata yang tidak perlu di permalink, menyerupai “sebuah”, “untuk”, “dan”, “yang”, “bagi”, “ke”, “kepada”, dll.
  • Contoh: 10 Tips SEO Dasar untuk Blog Blogspot diubah menjadi 7-Tips-SEO-Dasar-Blog -Blogspot. (Jangan lupa gunakan tanda pisah/strip antar-kata).

2. Atur Kepadatan Kata Kunci
Kepadatan kata kunci (keyword density) yakni aspek penting untuk ranking lebih baik. Namun, harus pas! Jika kebanyakan, akan dianggap spam dan menurunkan peringkat. Jika kurang, kurang pula ranking blog di SERP. Kepadatan kata kunci dalam posting blog sekitar 2%.

4. Gunakan Label (Kategori) dan Related Posts
Label menambah keyword density posting. Label juga berdampak pada daftar posting terkait. Gunakan hanya 1 Label dalam setiap posting terbaru blog Anda.

5. Format Judul Posting Blog
Gunakan Meta Tag Title SEO Friendly. Ganti instruksi berikut ini di template blog Anda.

<title><data:blog.pagetitle/></title>

menjadi

<b:if cond= ‘data:blog.pageType == &quot;index&quot;’>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

6. Format Gambar (Image) untu SEO
Lakukan optimisasi gambar, image, atau foto ilustrasi dengan mengisi “title text” dan “alt text” yang sesuai dengan nama file gambar dan kata kunci atau judul posting. Jangan biarkan gambar di blog Anda tanpa deskripsi (alt text).

Ketentuan gambar harus mempunyai besar dari 650px X 350px, setidaknya mempunyai ukuran hight antara 700-1000px dan width 400-600px. (Tidak boleh lebih kecil maupun lebih besar). Dan pastinya gambar harus sesuai dengan isi konten Anda.

7. Gunakan “Nofollow” untuk Link Eksternal
Gunakan atribut “Nofollow” untuk tautan keluar (external link).

Tips SEO Blog lainnya sanggup disimak di Tips SEO Blog. Itulah 7 tips SEO dasar yang wajib Anda terapkan pada blogger Anda. Terima kasih dan salam.