oleh

7 Jenis Makanan Kupu-Kupu

Kupu-kupu  merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, atau ‘serangga bersayap sisik’ (lepis, sisik dan pteron, sayap).

Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang. Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya mempunyai warna yang indah cemerlang.

Kupu-kupu  amat banyak jenisnya, di Pulau Jawa dan Pulau Bali saja tercatat lebih dari 600 spesies kupu-kupu. Kupu-kupu pun menjadi salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia.

Banyak orang yang menyukai kupu-kupu yang indah, akan tetapi sebaliknya jarang orang yang tidak merasa jijik pada ulat, padahal keduanya yaitu makhluk yang sama. Semua jenis kupu-kupu dan ngengat melalui tahap-tahap hidup sebagai telur, ulat, kepompong, dan jadinya berubah menjadi menjadi kupu-kupu atau ngengat.

Kupu-kupu umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). Akan tetapi beberapa jenisnya menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, dan tanah basah.

Berikut yaitu banyak sekali jenis masakan kupu-kupu:

1. Serbuk Sari dan Nektar
Kedua masakan tersebut merupakan jenis yang paling umum dikonsumsi kupu-kupu. Kupu-kupu amat tertarik dengan bunga berwarna cerah dan penuh warna.

Nektar menjadi masakan kupu-kupu alasannya yaitu penuh dengan nutrisi penting serta gula yang menunjukkan energi instan.

2. Buah Busuk
Buah busuk merupakan masakan favorit hampir semua jenis kupu-kupu.
Sari buah busuk diisap oleh kupu-kupu melalu oragn seolah-olah belalai yang disebut proboscis. Buah busuk tinggi akan kandungan gula dan air sebagai sumber energi dan cairan bagi kupu-kupu.

3. Kotoran Hewan dan Kotoran Burung
Kedua jenis masakan ini juga menjadi pilihan favorit kupu-kupu.
Kotoran binatang dan burung mengandung mineral yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kupu-kupu.

Namun penting bahwa kotoran tersebut harus berada dalam kondisi segar dan lembab sehingga memudahkan kupu-kupu untuk mengisapnya.

4. Getah Pohon
Kupu-kupu juga menyukai getah pohon yang mengandung banyak sekali nutrisi.
Sebagian kupu-kupu dapat memakan getah dari pohon yang berbeda sedangkan sebagian lain hanya menyukai getah dari pohon tertentu.

5. Garam dan Keringat
Kupu-kupu juga tertarik dengan natrium yang ditemukan pada garam dan keringat.
Kadang-kadang Anda mungkin melihat kupu-kupu yang hinggap di badan manusia.
Mereka bantu-membantu sedang mengisap sejumlah kecil natrium dari kulit kita. Lantas masakan apa yang harus diberikan ketika kita tetapkan memelihara kupu-kupu?

Madu yang dilarutkan ke dalam air merupakan solusi paling mudah.

6. Daging bangkai
Kupu-kupu tertentu tertarik dengan cairan dari daging yang sudah membangkai alasannya yaitu mengandung nutrisi yang dibutuhkan

7. Tanah basah
Tanah yang berair mngandung cairan, nutrisi dan mineral sehingga kupu-kupu menyukainya.

Demikian artikel 7 Jenis Makanan Kupu-Kupu biar bermanfaat

Sumber: wikipedia dan amazine

News Feed