oleh

7 Daerah Wisata Di Pacitan Jawa Timur

Pacitan, kota yang populer dengan julukan 1001 goa ini ternyata menyimpan kekayaan alam yang sulit untuk ditepis. Ada begitu banyak keindahan dari setiap sudut kota terpencil yang terletak di barat daya provinsi Jawa Timur tersebut. Terutama obyek wisata pantai di pacitan yang menawarkan nuansa tak biasa, sanggup dibilang berbeda dari pantai yang ada. Dengan hamparan pasir putih dan deru ombak yang cukup besar, tak salah bila pantai menjadi tempat wisata di Pacitan yang paling diincar.

Kota ini sendiri bergotong-royong belum begitu populer beberapa tahun yang lalu. Semenjak SBY menjabat seorang presiden, barulah kota kelahirannya ini menjadi sentra perhatian. Pada akhirnya, banyak orang yang turut menentukan berwisata ke tempat Pacitan di ujung barat daya tersebut. Hal ini menerangkan bahwa kemajuan pembangunan dan promosi wisata di tempat satu ini semakin membaik. Walaupun dikelilingi oleh pegunungan kerikil karst yang sangat tinggi, Anda tak akan menyesal untuk mengunjunginya.

Terlebih pantai-pantai indahnya yang pribadi berbatasan dengan samudera Hindia, menyebabkan keindahan pantainya semakin terasa. Cukup berbeda memang dari pantai di Yogyakarta yang lebih menjual “nama”, disini ada keunikan tersendiri. Untuk mencapai kota Pacitan, Anda cukup berkendara selama 5 – 6 jam dari sentra kota Surabaya. Dari sini, Anda sanggup menemukan tempat wisata di Pacitan melalui penunjuk jalan yang sangat gampang dijumpai dan jelas.

Baca juga 9 Tempat Wisata di Banyuwangi Wajib Anda Datangi.

Mengingat tempat Pacitan didominasi oleh pegunungan karst, tak salah bila hasilnya kita kesulitan menemukan sumber air disini. Namun, Anda akan lebih gampang menemukan goa yang sanggup dijelajahi sebagai petualangan menakjubkan. Lalu, apa sajakah keindahan alam yang wajib dicoba dan dicicipi dari tempat Pacitan satu ini? Berikut daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi dan dinikmati dikala berlibur.

1. Pantai Klayar


Sempat dikunjungi oleh presiden SBY dan keluarga dikala tengah mudik, pantai Klayar menuai booming tersendiri, terutama di kalangan pecinta traveling. Pantai ini bergotong-royong menyimpan keindahan alam yang sulit ditangkis dari tempat wisata di Pacitan. Dimana para pengunjung sanggup mendapati karang bolong, seruling laut, bongkahan kerikil berbentuk sphinx serta air mancur. Air mancurnya sendiri mempunyai ketinggian mencapai 10 meter yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih.

2. Goa Gong


Sedikit melipir dari pantai Klayar, kita akan berwisata ke dalam perut bumi. Kali ini goa Gong akan menjadi destinasi wisata yang patut Anda acungi jempol alasannya keindahannya. Di dalam goa ini, Anda tak memerlukan senter sedikitpun, dikarenakan telah dipasangi lampu temaram sebagai sumber cahaya. Selain itu, jalan setapak yang dibangun pun telah dilengkapi pagar pembatas yang sanggup mencegah para pengunjung salah dalam mengambil langkah.

Tepat di bab tengah goa, Anda sanggup menjumpai sebuah sendang. Sendang ini dikenal dengan nama Sendang Bidadari oleh masyarakat sekitar. Sendang Bidadari pada tempat wisata di Pacitan ini mempunyai sumber air yang sangat jernih. Nama goa sendiri berasal dari sebuah kerikil yang terdapat di bab dalam goa dan sanggup ditabuh. Saat Anda menabuhnya, Anda akan mendengar bunyi layaknya gong yang tengah dimainkan oleh seseorang.

Baca juga Wisata Gunung Bromo, 7 Keindahan Budaya dan Alam di Bromo.

3. Pantai Teleng Ria


Masih belum puas dengan keindahan pantai Klayar yang sebelumnya kita kunjungi? Mari coba kunjungi pantai Teleng Ria yang berada bersahabat dari sentra kota Pacitan. Jaraknya sendiri hanya sekitar 3,5 km dengan kemudahan tempat pelelangan ikan yang menjual aneka macam ikan segar. Pantai Teleng Ria sendiri termasuk dalam salah satu pantai di sepanjang pantai selatan. Dengan hamparan pasir putih sepanjang 3 km, Anda sanggup menikmati ombak yang tak begitu besar.

4. Pemandian Banyu Anget


Lelah bermain-main di pantai, kita ajak Anda sedikit relaksasi di salah satu tempat wisata di Pacitan. Tempat ini populer sebagai pemandian Banyu Anget yang terletak tak jauh dari sentra kota sendiri. Terletak sekitar 15 km di sebelah utara sentra kota Pacitan, pemandian air panas ini mempunyai 4 macam kolam. Dua macam kolam diperuntukkan bagi orang dewasa, 1 kolam untuk anak-anak, dan satu kolam yang dialiri sumber air panas.

5. Pantai Srau


Bosan dengan pantai-pantai yang sudah disajikan ke Anda sebelumnya? Pantai Srau patut Anda cicipi dan kunjungi sebagai tujuan wisata utama yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berbeda dari pantai lainnya, pantai ini terbilang masih sangat perawan dengan 3 pantai indah di dalamnya. Tak hanya satu pantai, tapi 3 pantai akan pribadi Anda jajal untuk sekedar hunting foto atau bermain ombak. Bisa dibilang pantai Srau sendiri yaitu pantai paling indah di sekitaran pulau Jawa.

Baca juga 9 Tempat Wisata di Malang Paling Populer, Jawa Timur.

Di pantai pertama, Anda akan menjumpai pantai dengan hamparan pasir sehalus butiran bedak. Sehingga tempat wisata di Pacitan ini sangat pas untuk sekedar berjalan kaki di sekitar pantai. Pada pantai kedua, Anda akan menjumpai jejeran kerikil karang dengan pasir pantai yang terbilang kasar. Ini lebih cocok bagi Anda yang doyan bermain air pantai, tetapi tidak ingin mencicipi ombak yang terlalu besar. Sedangkan pantai ketiga terbilang tidak kondusif untuk bermain sama sekali, alasannya tidak terdapat hamparan pasir dan hanya ada jejeran kerikil karang.

6. Sungai Maron Pacitan


Sudah mencicipi Green Canyonnya Jawa Barat dan ingin mencicipi yang lebih indah? Cobalah berkunjung ke Green Canyon Pacitan yang terletak di Pringkuku, 45 menit dari sentra kota. Disini Anda akan mendapati fatwa sungai yang sangat pas untuk mendayung perahu. Pemandagan hijau di kanan dan kiri sungai menjadi fokus utama yang coba ditawarkan oleh Green Canyon Pacitan tersebut. Pada waktu tertentu, masyarakat sekitar pun mengadakan perlombaan dayung bahtera sebagai hiburan bersama. Tak ada hadiah yang glamor memang, namun kebersamaanlah yang menjadi kunci utama perlombaan tersebut.

7. Pantai Banyu Tibo


Pernah menyaksikan air tawar dan air asin bertemu atau bercampur dalam satu dataran? Bila belum, ayo ke pantai Banyu Tibo yang terletak di desa Widoro, kecamatan Donorejo. Pantai ini sendiri bergotong-royong masih segaris dengan pantai Klayar, sehingga tidak begitu jauh keberadaannya. Ada baiknya Anda tiba kesini ketika air maritim tengah surut, di pagi ataupun sore hari. Pasalnya pantai Banyu Tibo sendiri terbilang tidak begitu luas atau sempit, sehingga sangat sulit untuk dinikmati.

Baca juga 10 Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik.

Disini Anda sanggup menikmati penderasan mungil yang menjatuhkan air tawarnya ke bab bawah pantai. Ini pulalah yang menjadi alasan proteksi nama pada pantai ternama di Pacitan tersebut, yakni Banyu Tibo. Air tawar dari penderasan sanggup Anda manfaatkan untuk membasuh badan usai bermain air pantai yang asin. Bila tak ingin basah-basahan, Anda pun cukup duduk di kerikil karang yang terdapat di tepi pantai. Dari sini Anda tetap sanggup menikmati suasana tempat wisata di Pacitan yang begitu memukau dan indah dengan segala panorama alamnya.

INFO UPDATE