oleh

6 Rekomendasi Kawasan Wisata Terkenal Di Cianjur

Cianjur merupakan sebuah wilayah kabupaten seluas 350.148 hektar yang terkenal akan hasil pertaniannya yaitu beras pandan wangi. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini juga mempunyai ragam daerah potensi wisata. Berikut rekomendasi tempat wisata terkenal di Cianjur:

1. Tempat Wisata Edukasi Kebun Raya Cibodas di Cianjur

Kebun Raya Cibodas

Terletak di kompleks hutan Gunung Gede-Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur. Kebun dengan luas lahan sekitar 125 hektar ini merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Cibodas menyimpan aneka macam macam koleksi diantaranya pohon besar, flora paku, flora runjung dan yang paling khas ialah koleksi lumut. Kebun yang tercatat sebagai kebun outdoor dengan koleksi terbanyak ini menyimpan koleksinya dalam dua area yaitu area kebun dan area rumah kaca. Koleksi tumbuhan unik yang terdapat di sini ialah bunga bangkai yang mempunyai nama latin Amorphophallus titanum. Sayangnya, untuk sanggup menyaksikan bunga ini mekar Anda masih harus menunggu siklus pemekarannya yaitu tiap empat tahun sekali.

Pembangunan kebun ini diprakarsai oleh seorang botaniawan asal Belanda berjulukan Johannes Elias Teijsmann. Tempat wisata Cianjur yang dibangun pada tahun 1852 ini berada pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan bahari sehingga suasana sejuk akan sangat dirasakan di tempat ini. Akan ada baiknya pula bila Anda berkunjung ke tempat ini untuk selalu menyediakan payung atau jas hujan, alasannya ialah hujan kerap kali turun di wilayah dengan suhu rata-rata 18 derajat celcius ini.

Di kebun ini juga terdapat teater alam terbuka, penderasan yang diberi nama penderasan Ciismun serta area berkemah seluas 3 hektar berjulukan Mandala Kitri. Kebun Raya Cibodas berjarak sekitar 86km dari Jakarta atau sekitar 90 menit perjalanan melalui rute Jalan Raya Bogor-Puncak-Cianjur, dengan catatan Anda tidak terjebak macet. Dari rute tersebut, dilanjutkan perjalanan sejauh 4km menuju area Kebun Raya Cibodas. Untuk memasuki daerah wisata ini Anda akan dikenai biaya sebesar Rp 6.000,- per orang. Namun Anda sanggup memasuki area ini secara gratis yaitu tiap tanggal 11 April yang merupakan hari jadi dari Kebun Raya Cibodas.

2. Tempat Wisata Sejarah Situs Gunung Padang Cianjur

Gunung Padang

Terletak di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kec. Cempaka, Cianjur. Situs ini merupakan sisa-sisa bangunan yang berbentuk punden berundak tak asimetris yang mengarah ke Gunung Gede. Bangunan situs kuno seluas 900m2 ini terletak di area seluas 3 hektar di ketinggian 885 meter di atas permukaan laut.

Situs kuno yang dikenal sebagai situs megalitikum paling besar se-Asia Tenggara ini pertama kali dilaporkan pada tahun 1914 di Buletin Dinas Kepurbakalaan. Menurut para ahli, diperkirakan bangunan ini sudah berdiri semenjak 4.700-10.900SM. Situs wisata Cianjur tertua ini bahkan berusia lebih bau tanah daripada bangunan Piramida Mesir yang diperkirakan berdiri semenjak 2.500SM. Para peneliti juga beranggapan Situs Gunung Padang ada kaitannya dengan Piramida Mesir alasannya ialah mempunyai kemiripan bentuk. Masyarakat lokal mempercayai bahwa situs ini merupakan bangunan milik Prabu Siliwangi yang dulu berupaya untuk membangun sebuah istana dalam waktu semalam.

Keunikan lain dari tempat ini ialah terdapat sebuah sumur cinta yang dipercaya sanggup menciptakan ikatan asmara suatu relasi makin romantis. Selain itu, di tempat ini juga tedapat bebatuan yang berbentuk ibarat bilahan yang sanggup mengeluarkan dentingan musik.

3. Tempat Wisata Keluarga Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara, himatcianjur.blogspot.co.id

Terletak di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawung Luwuk, Kec. Sukaresmi, Cipanas, Cianjur. Taman bunga seluas 23 hektar ini terletak di atas lahan seluas 35 hektar pada ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Taman ini mengutamakan pembudidayaan anggrek, namun masih banyak koleksi bunga lain yang akan Anda dapati di taman ini. Objek wisata Cianjur ini pertama kali diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 10 September 1995.

Taman ini menyediakan aneka macam wahana antara lain gardu pandang, taman air, taman labirin, taman air mancur dan rumah kaca. Rumah beling dibangun seluas 2200m2 dengan lebih dari 3000 panel beling yang terpasang. Untuk memasuki area rumah beling Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000,- per orang. Untuk sanggup mengelilingi area taman bunga juga telah disediakan transportasi umum yaitu kendaraan beroda empat Wara-Wiri dengan membayar Rp 10.000,- per orang serta Garden Tram dan Dotto Trains dengan membayar Rp 40.000,- per orang.

Taman Bunga Nusantara akan buka setiap hari termasuk hari libur nasional, dengan jam operasional sebagai berikut:
Senin-Jum’at                             : pukul 08.00-17.00 WIB
Sabtu, Minggu & Libur Nasional : pukul 08.00-17.30 WIB
Untuk memasuki area Taman Bunga Nusantara Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 30.000, per orang.

4. Tirta Jangari

Terletak di tempat Waduk Cirata, tepatnya Desa Bobojong, Kec. Mande, Cianjur. Berjarak 18km dari sentra kota Cianjur, Tirta Jangari dikelilingi oleh formasi pegunungan. Tirta Jangari merupakan objek wisata yang mempunyai fungsi utama sebagai area keramba terapung untuk pemeliharaan ikan air tawar. Komoditi utama yang banyak dibudidayakan di tempat ini ialah ikan mas.

Objek wisata Cianjur ini merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi oleh pemilik hobi memancing dan penikmat kuliner. Para penikmat masakan sanggup menikmati ragam masakan di atas warung makan terapung. Menu utama yang ditawarkan ialah ikan bakar yang ditangkap pribadi dari keramba bila ada pesanan. Tentunya masakan khas daerah Cianjur juga ditawarkan di tempat ini. Pada hari-hari besar, di tempat ini juga kerap diadakan program kesenian tradisional.

5. Wisata Alam Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango

Taman ini merupakan tempat wisata terkenal bagi para peminat hobi mendaki gunung dan berkemah. Sudah tersedia pula jalur tracking dengan medan dakian yang cukup menantang. Di sepanjang jalan menuju puncak Gunung Gede Anda akan disajikan ragam wisata yang berbeda.

Pada jarak 1,5km dari titik awal pendakian terdapat sebuah danau kecil seluas 5 hektar. Area ini disebut telaga biru alasannya ialah airnya selalu memancarkan warna biru alasannya ialah banyak ditumbuhi ganggang biru. Pada jarak 2,8km dari titik awal pendakian terdapat penderasan setinggi 50 meter yang disebut Air Terjun Cibeureum. Sumber mata air panas juga akan Anda temukan sesudah menempuh perjalan selama dua jam. Pada jarak 7,8km dari titik awal pendakian atau sekitar 3,5jam perjalanan, terdapat area berkemah serta area pengamatan tumbuhan dan satwa. Area ini disebut Kandang Batu dan Kandang Badak. Setelah menempuh lima jam perjalanan menuju puncak Gunung Gede Anda Akan menemukan tiga kawah aktif yaitu Kawah Ratu, Kawah Lanang dan Kawah Wadon.

Jika menaiki puncak Gunung Gede lebih tinggi yaitu pada area ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut, Anda akan disambut oleh hamparan bunga edelweiss. Daerah yang terletak di atas dataran seluas kurang lebih 50 hektar ini disebut Alun-alun Suryakencana. Untuk hingga ke tempat ini Anda harus menempuh perjalanan selama enam jam atau berjarak sekitar 11,8km dari titik awal pendakian.

6. Wisata Pantai Jayanti Cianjur

cianjurkab.go.id

Terletak di Desa Cidamar, Kec. Cidaun, Cianjur Selatan. Pantai ini berjarak 140km atau 4jam perjalanan dari sentra kota Cianjur. Pantai ini akan menyajikan pemandangan pantai yang masih sangat alami dengan ragam aktifitas masyarakat lokalnya, khususnya aktifitas para nelayan. Pantai ini terletak berdampingan dengan pelabuhan para nelayan dan Cagar Alam Bojonglarang. Untuk info mengenai Tempat wisata di Bandung anda sanggup membaca di LINK ini.

INFO UPDATE