6 Daerah Wisata Di Purwakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Purwakarta dengan banyak sekali macam keunikannya dijamin akan menciptakan Anda dan keluarga betah. Kota yang berada di jalur Bandung-Jakarta ini memang tidak terlalu besar, namun perkembangannya sangat pesat. Sebagai salah satu wilayah yang mempunyai daerah Industri juga menambah kota dengan slogan “Istimewa Jaya Buana” ini semakin maju secara ekonomi. Selain itu, pemerintahan yang begitu gemar mengkoleksi rekor-rekor mencengangkan, semakin menambah keunikan kota kecil tersebut.

Nah, ternyata tempat wisata di daerah Purwakarta juga tak kalah istimewa dengan slogannya. Tempat-tempat yang sanggup menjadi tujuan liburan Anda bersama keluarga. Dan tentunya akan menjadi momen istimewa bagi Anda sekeluarga. Berikut tempat-tempat wisata istimewa di Purwakarta.

1. Pesona Wisata Air Mancur Taman Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta

 dengan banyak sekali macam keunikannya dijamin akan menciptakan Anda dan keluarga betah 6 Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik Untuk Dikunjungi
Image from news.detik.com

Tak perlu jauh mencari tempat di pelosok Purwakarta, alasannya ialah di sentra kota ada satu tempat yang tak sanggup Anda pandang sebelah mata. Lokasinya yang di tengah kota, menciptakan Taman Sri Baduga Situ Buleud ini menyerupai poros kota Purwakarta dengan bentuknya yang benar-benar lingkaran menyerupai arti namanya dari bahasa Sunda. Danau ini mempunyai keunikan dengan adanya air mancur yang sangat keren. Kenapa? Air mancur di sini bukan hanya sekedar air mancur, tetapi air mancur terbesar di Indonesia yang dihiasi gemerlapan lampu warna-warni, yang akan menawarkan hiburan dengan tairan airnya dan pemandangan menakjubkan ini tidak kalah dengan pertunjukan lampu di Singapura sana.

Bahkan sebagai warga Indonesia patut besar hati dengan adanya air mancur ini, apalagi jikalau mengetahui bahwa air mancur ini akan diproyeksikan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Benar-benar keren bukan?! Namun sayangnya, Anda dan keluarga hanya sanggup menikmati pertunjukkan air mancur ini setiap hari Sabtu malam saja, yang terbagi menjadi dua sesi pertunjukan, yaitu pada jam 7.30 hingga jam 8 malam dan pada jam 8.30 hingga jam 9 malam. Jadi, Taman Sri Baduga Situ Buleud menjadi satu tempat wisata di Purwakarta yang wajib dikunjungi.

2. Tempat Wisata Sejarah dan Arsitektur Gedung Kembar Purwakarta

 dengan banyak sekali macam keunikannya dijamin akan menciptakan Anda dan keluarga betah 6 Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik Untuk Dikunjungi
pnpmmpdpurwakarta.blogspot.com

Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini juga mempunyai keunikan tersendiri. Lokasinya tidak jauh dari Taman Sri Baduga Situ Buleud, Gedung Kembar ini menjadi pintu gerbang stasiun Purwakarta. Gedung Kembar mempunyai nilai sejarah tersendiri bagi Purwakarta. Meski tak diketahui secara persis kapan kedua gedung tersebut dibangun dan tujuannya untuk apa, tetapi masyarakat setempat meyakini Gedung Kembar dibangun pada jaman Belanda dengan karakteristik bangunannya yang bergaya Eropa. Seiring perkembangan jaman di Purwakarta, fungsi kedua gedung ini juga sempat berganti-ganti beberapa kali. Pernah menjadi koperasi, sentra BKR dan kantor Polres Purwakarta. Saat ini kedua gedung tersebut sudah direnovasi namun tetap mempertahankan bentuk aslinya. Satu gedung yang berada di sebelah utara sekarang dipakai sebagai kantor Bupati Purwakarta, dan gedung satunya lagi yang berada di selatan menjadi Pusat Perpustakaan Daerah.

Sebagai satu tempat wisata di Purwakarta yang sarat dengan nilai sejarahnya, di tempat ini juga sangat ramai dikala malam hari. Tak jarang banyak pertunjukan jalanan yang diadakan disini meramaikan suasana. Di sekitarnya pun banyak berjejer toko dan warung makan yang akan memanjakan lidah. Dijamin Anda dan keluarga akan sangat menikmati waktu santai dikala berkunjung disini.

3. Objek Wisata Air Waduk Jatiluhur Purwakarta

 dengan banyak sekali macam keunikannya dijamin akan menciptakan Anda dan keluarga betah 6 Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik Untuk Dikunjungi
arztivany.blogspot.co.id

Terletak di tengah perbukitan yang lebih tinggi menciptakan Waduk Jatiluhur populer dengan kesejukannya. Para mancing mania tidak akan mau melewatkan kesempatan untuk bersemedi dengan alat pancingnya di sekitar waduk. Anda dan keluarga akan takjub dengan keindahan waduk dikala masih dalam perjalanan menuju kesana, alasannya ialah Anda sekeluarga akan disuguhkan pemandangan waduk dari atas yang dikelilingi banyak pepohonan dan hamparan hijau di sekitarnya.

Hal ini alasannya ialah Waduk Jatiluhur merupakan waduk buatan yang ada di lembah, yang dikelilingi daerah perbukitan. Sehingga untuk menuju kesana Anda akan menempuh perjalanan menanjak, dan kemudian menurun. Waduk Jatiluhur tolong-menolong berfungsi sebagai salah satu sentra pembangkit tenaga listrik untuk area Jawa Barat. Kaprikornus selain menjadi tempat wisata di Purwakarta yang cocok sekali untuk piknik dengan keluarga, waduk ini juga mempunyai nilai penting sebagai sentra suplai tenaga listrik untuk provinsi Jawa Barat. Wow sekali.

4. Objek Wisata Alam Situ Wanayasa Purwakarta

 dengan banyak sekali macam keunikannya dijamin akan menciptakan Anda dan keluarga betah 6 Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik Untuk Dikunjungi
wikipedia

Mari kita menuju ke dataran tinggi di kaki pegunungan. Ada satu tempat wisata di Purwakarta, yang akan memanjakan Anda sekeluarga dengan suasana sejuk pegunungan dan tempat rekreasi yang mengasyikan. Situ Wanayasa, terletak di Kecamatan Wanayasa, yang berjarak sekitar 30 menit dari sentra kota Purwakarta dan letak di pinggir jalan akan sangat memudahkan terusan Anda dan sekeluarga untuk berlibur kesana. Pemandangan situ yang damai dan sejuk akan menciptakan pikiran relaks selama menikmatinya. Anda juga sanggup mengelilingi situ dengan menyewa bahtera dan sepeda air yang tersedia di sana. Dan dikala Anda sekeluarga kelaparan, tidak usah khawatir alasannya ialah di sekitar situ Anda sekeluarga sanggup menikmati wisata kuliner sate maranggi yang menjadi kuliner khas daerah tersebut.

Jika Anda dan sekeluarga mau beranjak sedikit dari Wanayasa. Anda juga akan menemukan satu tempat lain yang tidak kalah menarik untuk relaksasi. Tempat itu ialah sumber air panas Ciracas, yang mempunyai 12 titik sumber air panas. Dijamin Anda sanggup menikmati dan berendam air panas untuk relaksasi yang menyegarkan.

5. Tempat Wisata Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta

 dengan banyak sekali macam keunikannya dijamin akan menciptakan Anda dan keluarga betah 6 Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik Untuk Dikunjungi
achmadguntari.wordpress.com

Ingin menghabiskan liburan dengan nyaman di sebuah resort? Anda sanggup menemukannya di Purwakarta. Menjadi tempat wisata di Purwakarta yang berkelas, Giri Tirta Kahuripan akan memuaskan Anda dan keluarga dengan pelayanan prima dari resort-nya. Di resort ini Anda sanggup menghabiskan waktu liburan dengan agrowisata. Ada perkebunan buah-buahan disana yang sanggup Anda panen sepuasnya. Ada juga waterboom yang sanggup menjadi tempat bermain anak-anak. Anda sanggup mencapai tempat ini dengan mudah, aksesnya berada di jalur Purwakarta-Wanayasa. Kaprikornus sebelum Anda meluncur ke Situ Wanayasa, berbelok sejauh 5km dari jalur utama Anda akan hingga di resort megah ini.

6. Objek Wisata Keluarga Waduk Cirata Plered Purwakarta

 dengan banyak sekali macam keunikannya dijamin akan menciptakan Anda dan keluarga betah 6 Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik Untuk Dikunjungi
dunia-energi.com

Putar balik dari daerah Wanayasa, mari kita menuju satu kecamatan di Purwakarta yang berada di  jalur Purwakarta-Bandung, yaitu Plered. Ada satu lagi waduk pujian Purwakarta yang menjadi sentra suplai tenaga listrik untuk area Jawa Barat berjulukan Waduk Cirata. Terletak di desa Cirata , kecamatan Plered, yang merupakan perbatasan antara Purwakarta dan Bandung Barat, waduk ini begitu megah dengan hamparan yang sangat luas alasannya ialah Waduk Cirata ialah waduk terbesar di Asia Tenggara. Sebenarnya Waduk Cirata bukanlah tempat wisata di Purwakarta, tetapi banyak warga sekitar dari dalam kota maupun luar kota Purwakarta yang berkunjung ke waduk ini. Menjadi satu tempat yang patut dikunjungi dan dengan biaya yang cukup murah, Anda dan keluarga sanggup menikmati pemandangan yang menawan dari perbukitan dan juga menikmati wisata kuliner ikan bakar dan nasi liwet di sepanjang jalan. Ikan bakar ini fresh, alasannya ialah eksklusif diambil dari keramba-keramba masyarakat yang ada di waduk.

Tak hanya itu, dikala perjalanan pulang, Anda sanggup mampir di Plered yang merupakan sentra kerajinan keramik di Purwakarta. Banyak sekali hiasan-hiasan untuk rumah Anda yang patut Anda bawa pulang, apalagi dengan harga yang relative terjangkau alasannya ialah membeli dari sentra pabriknya langsung. Jika anda ingin membaca informasi wacana lokasi wisata di Bandung anda sanggup membaca di halaman ini 10 Tempat Wisata di Bandung yang Jarang Diketahui Orang.

Masih banyak tempat wisata di Purwakarta yang sanggup menjadi alternatif tempat liburan Anda dan keluarga. Dari tempat-tempat di atas saja sudah cukup menerangkan bahwa Purwakarta benar-benar istimewa! Selamat berlibur!

Sumber : disparbud.jabarprov.go.id

News Feed