by

5 Top Makanan Terbesar Di Dunia

Makanan menjadi kebutuhan yang wajib ada untuk dikonsumsi setiap hari supaya mampu bertahan hidup. 5 makanan berikut dibuat dengan berbeda karena ukurannya yang raksasa. Beberapa dari makanan ini berhasil memecahkan Guiness World Record sebagai yang paling besar. Menariknya meski ukurannya yang begitu besar dan dibuat dengan susah payah, ada dari makanan itu gak untuk disajikan karena pembuatannya yang rumit di bawah terik matahari.

1. Burger Terbesar Di Dunia

Bagi anda para pecinta burger, ada baiknya mencicipi Apocalypse Burger yang terdapat di Inggris. Burger ini terbesar di dunia. Pembuat burger terbesar ini gak lain adalah Dave Cossar dan Justin Meaney yang mencoba berinovasi dengan membuat burger terbesar di dunia.

Bahkan, burger yang dibuatnya ini berisi 25 ribu kalori dengan berat 11 kilogram. Burger ini pun akan dikonsumsi di JD’s Grill di Plymouth, Inggris dalam rangka merayakan ulang tahun restoran yang menginjak 1 tahun. Dalam membuat burger ini, dibutuhkan waktu 6 jam dan dikerjakan oleh 3 koki. Burger ini pun tentunya menghabiskan banyak bahan makanan di dalamnya.

2. Donat Terbesar Di Dunia

Donat raksasa ini dibuat untuk merayakan dirilisnya DVD The Simpsons Movie di Australia, dibutuhkan sedikitnya 40 manusia lebih selama sembilan jam untuk membuat-nya. Donat raksasa ini menggunakan sedikitnya 90. 000 donat, setengah ton icing pink, dan juga 30kg meses dari Donut King.

Donat raksasa ini memiliki ukuran enam meter dan juga berat tiga, lima ton, mengalahkan berat dua ekor badak!. Keseluruhan Donat ini disumbangkan untuk OZ Harvest, satu buah badan amal di Sydney yang menyumbangkan makanan kepada masyarakat miskin.

3. Es krim Terbesar Di Dunia

Es krim raksasa dengan berat 1, 1 ton itu sampai harus diangkut dengan mobil pengangkat barang untuk diletakkan di atas cone yang memiliki tinggi 4 m. Rekor ini terhitung mengalahkan es krim cone raksasa buatan Mirco Della Vecchia dan Andrea Andrighetti pada tahun kemudian yang hanya memiliki tinggi 2, 7 m.

Es krim cone yang satu ini merupakan buatan perusahaan es krim terkenal Wall’s, perusahaan yang sama yang memproduksi es krim fenomenal Magnum. Perlu waktu satu bulan lebih untuk membekukan si es krim cone raksasa. Sementara itu, taburan meises dan saus strawberry juga terlihat diletakkan di atas es krim, tetapi taburan itu ternyata cukup susah menempel.

Ternyata pembuatan es krim raksasa ini bukan tanpa sebab. Chef dan pemiliki restoran The Fat Duck, Heston Blumenthal, sengaja datang memamerkan es krim cone raksasa sekaligus membuka acara televisi terbarunya yang berjudul Heston’s Big Idea.

4. Mie Terbesar Di Dunia

Salah satu produk mi instan PT Indofood Sukses Makmur Tbk berhasil mencetak rekor baru dunia sebagai The Largest Pack of Instant Noodles. Perwakilan Guinness World Records sudah melakukan verifikasi dan menegaskan bahwa Indomie yang diperbesar sekitar 8. 000 kali dari berat reguler dan dibuat memakai bahan-bahan yang sama dengan mi instan Indomie regular sudah memenuhi semua persyaratan untuk dinyatakan sebagai mi instan terbesar di Indonesia dan di dunia.

Dengan pencetakan rekor baru Indonesia dan dunia itu, Indomie dinyatakan pula sebagai pencetak rekor baru untuk kategori yang sama oleh Museum Rekor Indonesia (Muri). Pada saat yang sama, produk mi instan Indofood lainnya, yakni Supermi, juga mencetak rekor baru Indonesia dan dunia berupa sajian mi instan terbesar The Largest Serving of Instant Noodles. Sebanyak 4, 1700 ton Supermi goreng dimasak secara serentak kemudian disajikan dalam mangkuk raksasa Supermi berdiameter 2, 6 meter dengan tinggi 1, 3 meter. Sajian itu setara dengan 30. 000 bungkus mi instan reguler.

5. Pizza Terbesar Di Dunia

Rekor pizza bentuk bundar terbesar di dunia kembali dipecahkan minggu kemudian oleh 5 chef dari Italia. Pizza dengan berat 25 ton itu kabarnya juga bebas gluten. Sebelumnya, ia memang pernah terlibat dalam restoran pizza Italia yang menangani orang-orang yang menderita penyakit Celiac (alergi gluten). Sementara acara memecahkan rekor pizza terbesar diatur oleh Dr Schar, perusahaan yang memproduksi makanan bebas gluten.

Gluten merupakan sejenis protein ‘jahat’ yang terkandung dalam tepung terigu. Ada beberapa orang yang memang alergi dengan protein itu dan penyakitnya disebut dengan Celiac.

Pizza terbesar sejagat ini dibuat dari 10 ton tepung terigu, 5 ton saus tomat, 4, 5 keju mozzarella, setengah ton margarin, 249 kilogram garam, 100 kilogram selada, dan 25 kilogram cuka. Berat total dari pizza yang sudah matang adalah 25 ton.

Proses pembuatannya pun gak sebentar. 5 chef pencipta pizza terbesar itu pun menghabiskan waktu 48 jam untuk memanggang adonan. Tetapi kerja keras mereka terbayar karena sudah mampu memecahkan rekor pizza terbesar yang sebelumnya dipegang oleh Norwood Pick’n Pay di Afrika Selatan pada tahun 1990 silam.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed