by

5 Orang Top Dunia Tahan Nafas di Air

Rata-rata manusia tidak sanggup menahan napas selama lebih dari 30 detik. Seseorang yang dalam keadaan sangat sehat pun paling banter bisa menahan napas selama dua menit. Manusia memang bukan ikan yang bisa hidup dan bernapas di dalam air. Tapi pernah ada komik Deni Manusia Ikan yang menceritakan sosok manusia hidup di dalam air layaknya ikan. Meski itu hanya cerita fiksi, namun ternyata ada orang-orang yang mempunyai kemampuan paru-paru luar biasa sehingga bisa menahan napas selama belasan atau bahkan puluhan menit di dalam air.

Stephane Mifsud, Prancis
Stephane Mifsud, Prancis

1. Stephane Mifsud

Pria kelahiran Prancis pada 13 Agustus 1971 ini mempunyai kapasitas paru-paru 10,5 liter. Dia adalah pemegang rekor lima kali menahan napas, Catatan terbaiknya yang dia buat pada 8 Juni 2009 adalah 11 menit 35 detik. Rekor itu dia bikin di kolam renang Hyres, Prancis, kota tempat tinggalnya.

Dalam kesempatan itu dia mengatakan aksinya itu bukan hanya ingin mencari perhatian media tapi juga mempromosikan kesadaran untuk menjaga lingkungan laut dan Planet Bumi.

David Blaine, Amerika Serikat
David Blaine, Amerika Serikat

2.David Blaine

Dalam acara bincang-bincang Oprah Winfrey, pesulap asal Amerika Serikat David Blaine sanggup menahan napas selama 17 menit empat detik setelah dia dimasukkan ke dalam bola kaca raksasa berisi air.Sebelum memulai aksinya, dia sempat berbicang dulu dengan Oprah. “Saya merasa baik-baik saja,” kata lelaki berusia 35 tahun itu setelah dia keluar dari air. “Saya sangat bahagia..ini impian sepanjang hidup,” kata Blain kepada Oprah setelah dia menuntaskan aksinya, seperti dilansir Daily Telegraph, Mei 2008.

Ricardo Bahia, Brasil
Ricardo Bahia, Brasil

3. Ricardo Bahia

Setelah menahan napas selama lebih dari 20 menit di dalam air, pria berusia 26 tahun bernama Ricardo da Gama Bahia, tercatat dalam Guinnes World Record sebagai manusia paling lama menahan napas di dalam air. Pria asal Brasil ini memecahkan rekor dengan tidak bernapas selama 20 menit 21 detik, seperti dilansir deepblue.com, Mei 2011. Dia memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang lelaki asal Denmark, Stig Severinsen.

Stig Severinsen, Denmark
Stig Severinsen, Denmark

4.Stig Severinsen

Dia dijuluki Manusia Yang Tidak Bernapas.Stig Severinsen, lelaki asal Denmark, pada Oktober 2012 memecahkan rekor dengan menahan napas selama 22 menit di dalam sebauh kolam di London, Inggris.Dia menggunakan teknik bernapas ala Zen untuk memecahkan rekor itu.Bukan itu saja, Severinsen juga memecahkan rekor berenang menyelam sejauh 152 meter 40 sentimeter dalam dua menit 11 detik.”Setelah menahan napas selama 22 menit saya merasa baik-baik saja, kata pria 41 tahun itu, seperti dilansir Daily Mail, Agustus tahun lalu.

Tom Sietas, Jerman
Tom Sietas, Jerman

5. Tom Sietas
Pada Juni 2012 Tom Sietas, pria 35 tahun asal Jerman, memecahkan rekor menahan napas di dalam sebuah bak air di Changsa, China.Dia memecahkan rekor sebelumnya yang dia buat sendiri, 17 menit 28 detik, dengan menahan napas selama 22 menit 22 detik.Dia juga meemcahkan rekor yang dibuat pesulap Amerika Serikat, David Blaine, pada 2008, yang sanggup tak bernapas selama 17 menit empat detik dalam sebuah acara Oprah Winfrey.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed